Menumpuk Racun dalam Tubuh dapat Sebabkan Berbagai Penyakit, Ini 10 Cara Mudah Detoksifikasi
Health

Detoksifikasi merupakan langkah untuk mengeluarkan racun. Simak di bawah ini untuk mengetahui cara lengkapnya.

WowKeren - Apa kalian sering merasa sakit kepala, cepat lelah, insomnia dan stres? Itu tandanya telah banyak racun yang seharusnya dikeluarkan menumpuk dalam tubuh dan perlu detoksifikasi. Untuk mengetahui tanda-tanda tubuh butuh detoks lainnya, simak di sini.

Detoksifikasi merupakan langkah untuk mengeluarkan racun. Sebenarnya, tubuh memiliki cara sendiri untuk melakukan hal tersebut. Namun, terkadang tubuh membutuhkan bantuan agar racun dalam tubuh dapat dikeluarkan.

Lalu, bagaimana cara detoksifikasi? Cara yang dilakukan cukup beragam. Kalian dapat mengonsumsi makanan sehat, minum air putih, bergerak lebih aktif dan masih banyak lagi. Mau tahu lebih lengkapnya? Simak di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Minum Air Putih Lebih Banyak Agar Racun Tak Menumpuk


Minum Air Putih Lebih Banyak Agar Racun Tak Menumpuk

Langkah yang paling mudah dilakukan untuk detoksifikasi adalah mengonsumsi banyak air putih. Tanpa kalian sadari, saat minum air putih untuk melepas dahaga, racun di dalam tubuh pun ikut keluar. Air akan membersihkan sistem tubuh dengan menjaga ginjal, liver, usus dan limfa tetap bekerja dengan baik.

Konsumsi air putih seperti yang banyak disarankan yakni 8 hingga 10 gelas. Lebih baik lagi jika kalian mengonsumsinya lebih dari 10 gelas, pasalnya kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda tergantung dari jenis kelamin dan ukuran tubuh.

2. Detoksifikasi Tubuh dengan Teh Hijau


Detoksifikasi Tubuh dengan Teh Hijau

Pasokan cairan untuk tubuh tidak hanya dapat dipenuhi dengan air mineral, namun juga teh hijau. Seperti diketahui manfaat teh hijau untuk kesehatan sangat banyak. Salah satunya untuk mendetoksifikasi tubuh.

Antioksidan tinggi di dalam teh hijau dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta mengeluarkan racun secara alami. Selain itu, teh hijau juga sangat baik bagi kalian yang sedang dalam proses menurunkan berat badan. Teh hijau juga memiliki kafein, namun bersifat lebih lembut dan mudah diterima oleh sistem tubuh dibanding kopi. Jadi, kalian tidak perlu khawatir.

3. Konsumsi Air Lemon Setiap Pagi Bantu Detoksifikasi


Konsumsi Air Lemon Setiap Pagi Bantu Detoksifikasi

Pernah tahu infused water, kan? Nah, minuman ini menjadi bagian dari gaya hidup karena dipercaya memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Sebagai sarana mentgeluarkan racun dari dalam tubuh, kalian dapat membuat infused water dari air lemon.

Infused water lemon ini dapat membantu tubuh mengeluarkan racun sebelum proses lainnya mulai bekerja. Selain membersihkan racun yang menumpuk, minuman satu ini dapat menjaga keseimbangan tubuh dan melancarkan pencernaan. Kalian juga bisa mencampur perasan air lemon dengan air hangat.

4. Keluarkan Racun Tubuh dengan Bawang Putih


Keluarkan Racun Tubuh dengan Bawang Putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Sebut saja menyembuhkan cacingan, mengatasi masuk angin, mengatasi sakit gigi bahkan menurunkan resiko kanker payudara, lho.

Nah, bawang putih juga dapat digunakan untuk membantu proses detoksifikasi lantaran terdapat senyawa kimia yang dikenal dengan nama zat allicin. Senyawa tersebut dapat menyaring racun, khususnya dari sistem pencernaan sehingga membuat kita tetap sehat.

5. Makan Bayam Bantu Proses Pengeluaran Racun


Makan Bayam Bantu Proses Pengeluaran Racun

Tahukah kalian jika bayam dapat mendetoksifikasi tubuh sekaligus mengeluarkan racun berbahaya? Rajin mengonsumsi bayam akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Apalagi bayam mengandung banyak serat yang dapat melancarkan sembelit, lho. Satu lagi, bayam juga mampu mengobati anemia dan meningkatkan kekebalan tubuh.

6. Detoksifikasi Tubuh dengan Buah Jeruk


Detoksifikasi Tubuh dengan Buah Jeruk

Jeruk merupakan buah yang kaya akan vitamin C. Sama seperti lemon sebelumnya, buah berwarna oranye ini juga ampuh untuk membuang racun dalam tubuh secara efektif. Selain itu, kalian juga dapat terhindar dari berbagai penyakit dengan mengonsumsi jeruk.

7. Kurangi Konsumsi Gula Akan Mengeluarkan Racun


Kurangi Konsumsi Gula Akan Mengeluarkan Racun

Jika ingin detoksifikasi tubuh, kalian perlu mengurangi konsumsi gula. Apalagi pemanis buatan. Perlu diketahui bahwa mengonsumsi banyak gula dapat membuat kerja pankreas semakin berat dalam menghasilkan insulin.

Maka dari itu, sebaiknya konsumsi makanan sumber gula seperti karbohidrat yang juga mengandung banyak serat seperti gandum dan beras merah. Kalian juga akan mendapatkan manfaat lebih serta terhindar dari diabetes.

8. Tidur yang Cukup Agar Racun Tidak Menumpuk Dalam Tubuh


Tidur yang Cukup Agar Racun Tidak Menumpuk Dalam Tubuh

Cara selanjutnya untuk mendetoksifikasi tubuh adalah mendapatkan tidur yang cukup. Sebenarnya waktu tidur yang panjang saja tidak cukup, yang paling baik adalah saat kalian terlelap dengan tidak membutuhkan usaha. Untuk mendapatkan hal tersebut kalian perlu mengatur suhu kamar menjadi sejuk, meredupkan cahaya dan membersihkan kasur sebelum tidur.

9. Berpuasa untuk Detoksifikasi Tubuh


Berpuasa untuk Detoksifikasi Tubuh

Puasa tidak hanya sekedar untuk beribadah, namun juga memiliki manfaat yang banyak untuk tubuh. Salah satunya adalah mengeluarkan racun dalam tubuh. Saat puasa, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan atau pun minuman selama beberapa jam, waktu tersebut dimanfaatkan untuk pembersihan diri dan juga beristirahat sejenak.

Hal tersebut juga merupakan kesempatan tubuh untuk mengatur ulang fungsinya, pemulihan dan juga penyegaran, lho. Puasa yang dimaksud juga tidak hanya terkait makan dan minum, namun juga beristirahat secara mental dan emosional.

10. Detoksifikasi dengan Banyak Menggerakkan Tubuh


Detoksifikasi dengan Banyak Menggerakkan Tubuh

Keringat merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun. Jika kalian menghindari keringat, maka racun berbahaya akan tertimbun dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit.

Nah, hal yang perlu kalian lakukan adalah melakukan aktivitas yang banyak mengeluarkan keringat seperti berolahraga. Dengan berolahraga, sirkulasi tubuh juga akan meningkat, stres akan menghilang dan kalian merasa lebih bahagia. Bagi yang ingin mengetahui manfaat baik keringat, kalian bisa simak di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru