7 Makanan yang Paling Baik untuk Mengatasi Sembelit
Health

7 makanan ini dianggap mampu untuk menyelesaikan masalah susah buang air besar. Mau tahu?

WowKeren - Sembelit atau susah buang air besar adalah masalah pencernaan yang sering terjadi pada banyak orang. Sembelit menandakan bahwa pola makan atau diet yang selama ini kalian jalani membutuhkan lebih banyak serat. Orang dewasa membutuhkan sekitar 25 hingga 30 gram serat perharinya. Jumlah tersebut cukup kecil dan mudah untuk dipenuhi setiap harinya.

Sebagian dari kalian mungkin menyepelekannya, padalah terkadang sembelit dapat menimbulkan rasa sakit hingga pendarahan. Sembelit dapat menyebabkan masalah lain seperti wasir, lho.

Berikut ini terdapat 7 makanan terbaik yang dapat mengatasi sembelit menganggu. Simak ulasan di bawah ini, ya.

(wk/nris)

1. Pepaya Ampuh untuk Mengatasi Sembelit


Pepaya Ampuh untuk Mengatasi Sembelit

Tak perlu mencari cara sulit untuk mengatasi sembelit. Dengan mengonsumsi buah pepaya saja sudah dapat mengatasinya, kok. Mudah, kan? Kalian tidak perlu repot-repot membeli obat sembelit di toko-toko.

Buah pepaya kaya akan kandungan enzim papain dan serat sehingga saluran pencernaan pun akan jauh lebih lancar serta masalah pada lambung juga dapat teratasi. Sebuah penelitian juga menemukan bahwa memakan pepaya secara rutin akan membuat tubuh terbebas dari berbagai parasit yang menyebabkan masalah pencernaan pada usus.

2. Makan Gandum Utuh atau Roti Gandum untuk Megatasi Susah BAB


Makan Gandum Utuh atau Roti Gandum untuk Megatasi Susah BAB

Gandum utuh yang tidak dikupas kulitnya kaya akan serat yang baik untuk pencernaan. Nitin Kumar, M.D., seorang pakar kesehatan pencernaan menjelahkan bahwa serat tak larut yang hadir dalam bentuk gandum dapat merangsang pergerakan usus untuk mengeluarkannya melalui feses sehingga memicu rasa ingin buang air besar.

Jika tak menemukan gandum utuh, kalian bisa mengonsumsi roti gandum whole wheat yang rendah lemak namun memiliki kandungan serat tinggi dan karbohidrat kompleks. Jangan lupa perhatikan kemasannya, pastikan memiliki kandungan gandum utuh, ya.

3. Atasi Sembelit dengan Minum Kopi


Atasi Sembelit dengan Minum Kopi

Kopi dianggap sebagai obat pencahar alami. Kadar keasaman yang ada didalamnya merangkang pergerakan usus distal yang membantu membuang kotoran dari dalam tubuh. Ada sekitar 1.000 senyawa dalam kopi yang menyebabkan tubuh memecah protein dan merangsang produksi hormon cholecystokinin dan gastrin untuk meningkatkan proses pencernaan makanan.

4. Air Putih Dapat Melancarkan BAB


Air Putih Dapat Melancarkan BAB

Mencari obat yang mudah dan murah untuk mengatasi sembelit? Air putih adalah jawaban yang tepat. Karena mengonsumsi serat saja tidak cukup, pencernaan juga membutuhkan bantuan dari air putih untuk melancarkan keluarnya kotoran dari dalam tubuh.

Makan banyak serat tanpa air putih malah akan membuat sembelit makin parah. Pasalnya, serat jadi tidak bisa bergerak dengan baik jika tubuh kekurangan air. Feses juga akan keras karena tidak ada kandungan air yang cukup untuk diserap oleh usus besar.

5. Melancarkan Sembelit dengan Mengonsumsi Buncis


Melancarkan Sembelit dengan Mengonsumsi Buncis

Sama seperti gandum, buncis mengandung serat tak larut. Meskipun berasal dari kelompok polong-polongan, buncis tidak memproduksi gas berlebih sehingga menyebabkan perut kembung seperti kacang merah, kacang hijau atau lentil. Hal itu karena polong-polongan lainnya mengandung oligosaccharides atau sejenis gula yang sulit dicerna. Sementara buncis hanya memiliki sedikit jenis gula tersebut.

6. Pisang Membantu Mengatasi Sembelit


Pisang Membantu Mengatasi Sembelit

Satu lagi buah yang dapat mengatasi sembelit adalah pisang. Buah yang berwarna kuning ini memiliki serat dan kandungan mineral yang dibutuhkan sistem pencernaan tubuh. Namun, untuk mengatasi sembelit kalian harus mengonsumsi pisang yang sudah matang. Pisang yang belum matang sempurna malah menyebabkan sembelit, lho.

7. Konsumsi Campuran Yogurt dan Berry untuk Melancarkan Pencernaan


Konsumsi Campuran Yogurt dan Berry untuk Melancarkan Pencernaan

Produk yang mengandung susu biasanya memperparah gejala sembelit. Namun, yogurt mengandung probiotik yang dapat membantu menjaga kesehatan usus dan sistem pencernaan. Yogurt yang baik di konsumsi adalah yang tidak mengandung gula alias hambar.

Kalian bisa menambahkan berbagai jenis berry seperti, stroberi, blueberry, raspberry dan lainnya. Berry sendiri mengandung kadar air tinggi dan juga serat yang banyak sehingga baik untuk mengatasi masalah sembelit. Selain itu, kalori yang terkandung di dalamnya juga rendah.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru