8 Cara Alami yang Efektif untuk Mengatasi Masuk Angin
Shutterstock
Health

Ingin mengobati masuk angin dengan cepat dan ampuh? Ikuti 8 cara pengobatannya di sini.

WowKeren - Masuk angin merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyrakat umum. Biasanya, masuk angin ditandai dengan perut kembung, mual, pusing, lesu, sering bersendawa bahkan muntah.

Dalam istilah medis, orang yang mengalami gejala tersebut mengalami sindrom dispepsia. Penyebabnya beragam, mulai dari kelelahan, kurang tidur, perubahan cuaca hingga terpaan udara malam.


Bagaimana sih cara ampuh mengatasi masuk angin secara alami? Simak ulasannya di bawah ini, yuk.

(wk/nris)

1. Minum Air Jahe untuk Mengobati Masuk Angin


Minum Air Jahe untuk Mengobati Masuk Angin

Jahe merupakan bumbu dapur yang sudah terkenal khasiatnya untuk menghangatkan tubuh. Jahe juga memiliki manfaat untuk mengatasi kembung serta melancarkan sirkulasi darah. Oleh karena itu, jahe cocok banget buat kalian yang sedang mengalami masuk angin.

Penggunaan jahe untuk mengatasi masuk angin cukup mudah. Parut dahulu jahe secukupnya, kemudian rebus hingga mendidih dan saring serabutnya. Setelah itu, kalian bisa mengonsumsi air rebusan jahe tersebut selagi hangat. Bagi yang tidak suka rasa pedas jahe, kalian dapat menambahkan madu atau gula merah seusia dengan selera.

2. Manfaat Lemon dan Madu untuk Mengatasi Masuk Angin


Manfaat Lemon dan Madu untuk Mengatasi Masuk Angin

Salah satu asupan nutrisi yang diperlukan saat badan tidak fit atau masuk angin adalah vitamin C. Kandungan tersebut dapat meningkatkan stamina tubuh dan melancarkan sirkulasi darah. Kalian bisa mendapatkan kandungan tersebut dari buah lemon.

Untuk mengatasi masuk angin, kalian dapat membuat teh dengan air perasan lemon dan madu yang juga memiliki kandungan nutrisi lengkap untuk meningkatkan sistem imun dan regenerasi sel tubuh. Kalian cukup memasukkan perasan lemon pada teh yang telah disedu, tambahkan madu sebagai pemanis alami.

3. Rebusan Air Daun Pepaya dapat Mengurangi Masuk Angin


Rebusan Air Daun Pepaya dapat Mengurangi Masuk Angin

Resep satu ini mungkin bakal membuat kalian mengernyitkan dahi karena rasa pahitnya. Namun, rebusan air pepaya ini ampuh banget mengobati masuk angin. Kandungan antioksidan dan antibiotik tinggi di dalam daun pepaya efektif untuk menjaga sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Caranya mudah, kalian cukup menyiapkan 4 hingga 5 lembar daun pepaya dan 1 liter air. Rebus daun pepaya di dalam air hingga menyisahkan setengahnya. Konsumsi air rebusan tersebut selagi hangat. Selain direbus, kalian juga dapat mengolahnya menjadi tumis daun pepaya agar lebih nikmat.

4. Atasi Masuk Angin dengan Bawang Merah dan Bawang Putih


Atasi Masuk Angin dengan Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih telah dikenal lama sebagai obat tradisional untuk mengobati penderita masuk angin khususnya anak-anak. Bawang merah dianggap mampu mengeluarkan angin berlebih di dalam perut, melancarkan peredaran darah dan menghangatkan badan.

Sementara itu, bawang putih mengandung senyawa alicin yang tinggi dan bertindak layaknya antibiotik dan antioksidan alami. Cara penggunannya cukup dengan mengonsumsinya saat mentah atau memasukkan ke dalam masakan.

5. Mengonsumsi Teh Hijau Membantu Mengobati Masuk Angin


Mengonsumsi Teh Hijau Membantu Mengobati Masuk Angin

Teh hijau dikenal mengandung antioksidan tinggi yang dapat membasmi radikal bebas. Hal tersebut dapat memberikan manfaat baik untuk penderita masuk angin. Selain itu, teh hijau juga memberikan efek relaksasi pada tubuh.

Saat masuk angin, sebaiknya kalian mengonsumsi teh hijau yang memiliki kandungan kafein dan polifenol rendah. Stimulasi suhu tubuh akan meningkat dan sistem pencernaan juga lancar. Tubuh tentu akan merasa lebih baik setelah mengonsumsinya.

6. Pijat Refleksi, Metode Tradisional yang Ampuh Sembuhkan Masuk Angin


Pijat Refleksi, Metode Tradisional yang Ampuh Sembuhkan Masuk Angin

Selain menggunakan obat tradisional, pijat refleksi cocok bagi kalian yang ingin mengobati masuk angin. Pijat ini merupakan teknik pengobatan yang masih banyak digunakan untuk saat ini lantaran khasiatnya yang besar.

Untuk mengobati masuk angin, kalian tidak boleh asal memijat. Karena banyak titik-titik tertentu yang perlu diketahui agar pijat refleksi tidak sia-sia. Lebih baik jika kalian mengunjungi para ahli yang sudah biasa melakukan hal tersebut.

Biasanya setelah melakukan pijat refleksi, angin statis di dalam tubuh dapat keluar baik melalui sendawa maupun kentut. Dengan keluarnya angin tersebut, masuk angin akan perlahan membaik.

7. Salah Satu Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bekam


Salah Satu Cara Mengatasi Masuk Angin dengan Bekam

Kalian tentu pernah mendengar pengobatan bekam, kan? Pengobatan ini dilakukan dengan penghisapan langsung pada titik-titik tubuh yang dibutuhkan untuk mengeluarkan angin. Untuk melakukan bekam digunakan alat berupa gelas yang didesain khusus.

8. Kerokan Efektif Mengobati Masuk Angin


Kerokan Efektif Mengobati Masuk Angin

Kerokan adalah metode pengobatan tradisional untuk mengobati masuk angin. Kerokan dilakukan dengan menggaruk kulit punggung menggunakan benda tumpul seperti uang logam. Guratan merah akan timbul seiring dengan angin yang keluar. Kerokan biasanya membutuhkan bantuan lotion, balsem atau minyak kayu putih agar kulit lebih licin dan meminimalisir iritasi.

You can share this post!

Related Posts