Ketahui 10 Tanda Tubuh Butuh Detoksifikasi Agar Racun Tak Terus Menumpuk
Health

Urine berwarna gelap, tubuh mudah lelah hingga bau mulut bisa jadi tanda tubuh sudah menimbun racun terlalu banyak. Lengkapnya ada di bawah ini.

WowKeren - Racun dalam tubuh perlu dikeluarkan untuk terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan. Seperti yang diketahui, tubuh memiliki kemampuan untuk membersihkan racun tersebut. Namun, alangkah lebih baik jika kita membantunya agar organ seperti ginjal dan hati dapat memaksimalkan kerja mereka.

Detoksifikasi sendiri dapat dilakukan dengan berbagai cara. Kalian bisa mengonsumsi jus buah dan sayur, menghindari gula, garam, kafein dan alkohol, berolahraga, dan masih banyak lagi.

Lalu, apa saja tanda-tanda tubuh membutuhkan detoksifikasi? Kalian bisa tahu lengkapnya di bawah ini.

(wk/nris)

1. Sering Sakit Kepala? Tubuh Kalian Butuh Detoks


Sering Sakit Kepala? Tubuh Kalian Butuh Detoks

Tubuh yang memiliki tingkat toksisitas tinggi akan membuat kalian mengalami sakit kepala yang terus menerus dan tanpa alasan. Racun yang bisa memengaruhi otak seperti aspartame dan monosodium glutaman juga bisa menyebabkan sakit kepala setelah kalian mengonsumsi makanan yang mengandung senyawa tersebut.

Selain itu, terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung MSG, pengawet, pewarna dan aspartam (pemanis sinsetis) bisa jadi penyebab sakit kepala. Nah, untuk mengatasinya, kalian perlu melakukan puasa terhadap makanan yang mengandung senyawa tersebut. Jangan lupa juga berolahraga, ya.

2. Tubuh Cepat Merasa Lelah


Tubuh Cepat Merasa Lelah

Penumpukan racun yang terlalu lama dapat menyebabkan kelelahan adrenal yang membuat tubuh jadi terus menerus merasa capek dan mengantuk. Bahkan hal ini terjadi ketika kalian sudah beristirahat dengan cukup.

Perlu diketahui bahwa hal ini tidak dapat diatasi dengan kafein. Hal ini disebabkan kafein bisa mengganggu fungsi adrenal di mana yang seharusnya bekerja mengeluarkan racun malah dipaksa untuk terjaga. Jalan terbaiknya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat atau mengganti kopi dengan air lemon setiap pagi.

3. Berat Badan Terus Naik Karena Racun Dalam Tubuh


Berat Badan Terus Naik Karena Racun Dalam Tubuh

Tanda tubuh membutuhkan detoksifikasi selanjutnya adalah berat badan yang terus naik bahkan di saat kalian sudah mengontrol makan. Hal ini terjadi karena banyak sekali racun yang bersifat lipofilik yang biasanya di lemak tubuh.

Racun lipofilik mengandung pestisida dan dioksida uang membuat tubuh memproduksi lebih banyak sel lemak untuk menyimpan lebih banyak racun di dalamnya. Kondisi ini akan membuat tubuh sulit untuk menurunkan berat badan. Kalian perlu membuang racun terlebih dahulu dengan olahraga rutin.

4. Racun Menumpuk Sebabkan Insomnia


Racun Menumpuk Sebabkan Insomnia

Korsitol merupakan hormon yang dilepaskan tubuh untuk menghilangkan stres, terutama pada malam hari. Nah, jika terjadi ketidak seimbangan, kadar korsitol akan meningkat pada malam hari. Hal ini akan membuat kalian merasa lebih bugar dan aktif di malam hari daripada pagi hari sehingga mengalami kesulitan tidur.

Selain itu, Racun dalam tubuh juga dapat mengurangi tingkat hormon metatonin. Ketika melatonin menurun maka kalian akan beresiko untuk terkena insomnia. Kalian bisa melakukan beberapa rutinitas untuk mengatasi kesulitan tidur, simak di sini.

5. Sembelit Bisa Disebabkan Karena Tubuh Penuh Racun


Sembelit Bisa Disebabkan Karena Tubuh Penuh Racun

Apa kalian sering mengalami kesulitan buang air besar alias sembelit? Perlu kalian ketahui bahwa hal itu tidak hanya disebabkan karena tubuh kekurangan serat tapi juga antioksidan dalam asupan makanan kalian. Racun akan diserap dalam aliran tubuh dan akan menumpuk.

Untuk mengatasi hal ini kalian dapat melakukan diet kaya akan antioksidan dan serat. Berikut makanan yang paling baik untuk mengatasi sembelit, pepaya, gandum utuh, air putih, buncis dan masih banyak lagi. Selengkapnya kalian bisa simak di sini.

6. Lidah Berwarna Putih atau Kuning Tanda Tubuh Butuh Detoks


Lidah Berwarna Putih atau Kuning Tanda Tubuh Butuh Detoks

Lidah seseorang yang sehat akan berwarna normal yakni merah muda atau merah cerah. Jika kalian memiliki lidah berubah berwarna putih atau kuning, itu menandakan tubuh kalian membutuhkan detoksifikasi karena racun yang menumpuk. Biasanya tanda tersebut juga disertai dengan bau mulut.

7. Suasana Hati Jadi Cepat Berubah


Suasana Hati Jadi Cepat Berubah

Racun dalam tubuh juga mempengaruhi suasana hati, lho. Racun xenoestrogens menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang mempengaruhi semua orang. Racun tersebut merupakan campuran sensitif hormon yang bertindak seperti estrogen dalam tubuh.

Biasanya racun xenoestrogens ditemukan dalam bahan-bahan industri seperti BPA, PCBm dan phthalate. Hal ini dapat teratasi dengan meminimalisir penggunaan plastik. Kalian juga bisa mengonsumsi cokelat atau berjalan kaki agar suasana hati kembali bahagia.

8. Stres Jadi Tanda Tubub Butuh Membuang Racun


Stres Jadi Tanda Tubub Butuh Membuang Racun

Jika kalian mengalami stres dan sulit berkonsentrasi saat bekerja, itu artinya racun telah menimbun dalam tubuh kalian. Kalian harus segera melakukan detoksifikasi agar kegiatan sehari-hari tak terganggu. Selain itu, kalian bisa mencoba meredakan stres dengan aroma terapi yang menenangkan, simak di sini.

9. Warna Urine Menjadi Lebih Gelap


Warna Urine Menjadi Lebih Gelap

Racun yang menumpuk di dalam tubuh juga dapat menyebabkan perubahan warna urine menjadi lebih gelap. Jika mengalami hal ini disertai dengan tanda-tanda lainnya, sebaiknya segera lakukan tindakan untuk detoksifikasi tubuh. Konsumsi air putih yang banyak dan olahraga secara rutin dapat mengatasinya.

10. Bau Badan Menjadi Tidak Sedap


Bau Badan Menjadi Tidak Sedap

Bau mulut adalah tanda tubuh membutuhkan detoksifikasi selanjutnya. Hal ini disebabkan usus besar dan hati tengah berjuang menghilangkan beban yang sangat beracun. Selain itu, bau mulut biasanya disertai dengan perut kembung dan tidak merasa lapar berkelanjutan.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru