8 Bahan Alami untuk Menyembuhkan Sakit Gigi
Ian Thomas
Health

Ingin mengobati sakit gigi dengan cara alami dan murah? Simak terus artikel di bawah ini.

WowKeren - Sakit gigi sering kali disebabkan oleh gigi berlubang. Anak-anak hingga dewasa pasti pernah mengalami penyakit yang mengganggu ini. Rasanya yang menyiksa membuat kita kesulitan untuk beraktivitas secara normal.

Gigi berlubang disebabkan karena berbagai hal. Mungkin cara menyikat gigi kalian salah. Cara menyikat gigi yang baik sebaiknya selama 2 menitan. Jangan pernah menyikat gigi asal-asalan hanya agar mulut tidak bau. Kalian harus benar-benar membasmi kuman yang ada di mulut.


Jarang menyikat gigi bisa jadi penyebab selanjutnya. Bakteri dan kuman dari sisa-sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan gigi berlubang ketika kalian malas menggosok gigi. Kegiatan tersebut sebaiknya dilakukan 2 kali sehari.

Selain dua faktor tersebut, alat menyikat gigi yang salah dan terlalu banyak mengonsumsi makanan manis bisa jadi penyebab lainnya. Jika sudah terlanjur merasakan sakit gigi, sebaiknya kalian cepat menanganinya sebelum menggangu aktivitas.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengatasi sakit gigi. Salah satunya adalah ke dokter gigi dan mengonsumsi obat-obat kimia. Namun, bagi yang anti terhadap obat kimia, kalian bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah banget ditemukan. Bahkan beberapa di antaranya berada di dapur rumah kalian, lho. Yuk simak ulasan di bawah ini.

(wk/nris)

1. Bekumur dengan Air Garam untuk Mengatasi Sakit Gigi


Bekumur dengan Air Garam untuk Mengatasi Sakit Gigi

Saat sakit gigi, air garam jadi obat paling populer untuk mengatasinya. Air garam sendiri ampuh membunuh bakteri dan membuat nyeri pada gigi terasa lebih baik. Obat ini juga dapat meredakan sakit gigi sehingga tidak sampai terinfeksi.

Pembuatan obat rumahan ini tentu sangat mudah. Kalian hanya perlu melarutkan 1 sendok garam ke dalam segelas air hangat. Lalu kumur air di dalam mulut kemudian keluarkan. Ingat, jangan sampai tertelan, ya.

2. Obati Sakit Gigi Menggunakan Kantong Teh Celup Hangat


Obati Sakit Gigi Menggunakan Kantong Teh Celup Hangat

Kantong teh dapat membantu mengilangkan bakteri di mulut dan mengurangi rasa sakit sementara. Zat tanin di dalamnya membantu mematikan rasa sakit. Kantong teh juga sangat baik untuk meredakan pembengkakan gusi atau iritasi.

Saat menggunakan kantong teh, pastikan suhunya tidak terlalu panas ketika akan ditempelkan. Hal tersebut malah akan menyebabkan luka di area lain. Tempatkan pada gusi selama beberapa menit. Dan sebaiknya jangan menyedu teh tersebut menggunakan gula, ya.

3. Kunyah Daun Mint Agar Sakit Gigi Hilang


Kunyah Daun Mint Agar Sakit Gigi Hilang

Daun mint mungkin merupakan bahan yang jarang ditemukan kecuali di supermarket. Mint sendiri rupanya dapat membantu kita mengatasi rasa nyeri saat sakit gigi.

Kalian bisa mengunyah daun mint segar pada bagian gigi yang sakit. Namun, biasanya, penderita sakit gigi yang tidak kuat mengunyah akan menghaluskan beberapa daun mint kemudian menempatkannya di area yang terasa nyeri.

4. Atasi Sakit Gigi dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji


Atasi Sakit Gigi dengan Air Rebusan Daun Jambu Biji

Daun jambu biji memiliki sifat antibakteri yang berguna untuk menjaga kesehatan mulut. Daun ini juga ampuh untuk mengobati sakit gigi karena antiinflamasi, antibakteri dan analgesi yang kuat.

Terdapat dua cara untuk menggunakannya. Yang pertama, kunyah daun jambu biji hingga ekstraknya keluar, lalu gunakan lidah untuk mengoleskan ekstrak tersebut. Cara yang kedua yakni dengan merebus daun jambu biji. Kemudian tambahkan sedikit garam dan jadikan untuk obat kumur.

5. Minyak Cengkeh untuk Mengobati Sakit Gigi


Minyak Cengkeh untuk Mengobati Sakit Gigi

Mungkin banyak yang tidak mengetahui, namun minyak cengkeh telah menjadi salah satu obat tradisional untuk mengatasi sakit gigi. Senyawa eugenol yang berperan sebagai anestesi alami dapat membantu mematikan saraf sementara pada gigi yang sakit.

Dalam menggunakan minyak cengkeh sebaiknya berhati-hati. Jangan sampai menetes pada bagian lain yang sensitif. Kalian bisa menuangkan minyak cengkeh pada bola kapas lalu tempelkan pada gigi yang bermasalah hingga rasa sakitnya mereda.

6. Kompres Es Batu dapat Meredakan Nyeri Sakit Gigi


Kompres Es Batu dapat Meredakan Nyeri Sakit Gigi

Selain minyak cengkeh, es batu juga dapat membantu kalian untuk mematikan saraf di gigi sementara. Jadi, rasa nyeri pada gigi yang sakit akan mereda. Kalian cukup menempelkan kompres es batu di pipi pada area gigi yang sakit selama sekitar 15 menit.

7. Manfaat Air Lemon untuk Sakit Gigi


Manfaat Air Lemon untuk Sakit Gigi

Lemon mengandung asam yang berfungsi sebagai alkali alami agar kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, lemon juga merupakan antibakteri yang mampu membasmi bakteri penyebab gigi berlubang.

Kalian hanya perlu memeras lemon ke dalam air hangat. Lalu gunakan sebagai obat kumur 3 kali sehari. Lakukan secara rutin agar hasilnya maksimal, ya.

8. Bawang Merah dan Bawang Putih dapat Menyembuhkan Sakit Gigi


Bawang Merah dan Bawang Putih dapat Menyembuhkan Sakit Gigi

Bawang merah dan bawang putih memiliki sifat antiseptik dan anti mikrobial yang dapat mengendalikan rasa nyeri dengan membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Selain itu, bawang putih juga akan melepas allicin, substansi berminyak alami yang berfungsi untuk melawan penyakit.

Penggunaannya mudah. Kalian tinggal mengunyah bawang putih atau bawang merah selama beberapa menit di sisi mulut dengan gigi yang sakit. Atau lebih mudah lagi jika kalian meletakkan irisan bawang mentah langsung pada gigi yang sakit.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait