Gerindra 'Lepas Tangan' Soal Pengusul RUU Ketahanan Keluarga: Usul Pribadi
Nasional

Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan jika keterlibatan anggotanya dalam perancangan RUU Ketahanan Keluarga tidak perlu berkonsultasi dengan fraksinya.

WowKeren - Rancangan Undang-Undang (RUU) Ketahanan Keluarga baru-baru ini menjadi sorotan masyarakat. Diketahui, Anggota Badan Legislasi (Baleg) DPR dari Fraksi Gerindra Sodik Mudjahid merupakan salah satu dari pengusul aturan tersebut.

Wakil Ketua DPR dari Fraksi Gerindra Sufmi Dasco Ahmad pun menyebutkan jika kesertaannya sebagai pengusul RUU tersebut tidak perlu konsultasi melalui fraksi. "Jadi kalau usulan perseorangan bisa saja diusulkan sendiri dan itu karena hak anggota DPR menjalankan tugas pokok dan fungsinya," kata Dasco di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (20/2). "Dalam hal ini legislasi, maka tidak perlu dikonsultasikan."

Lebih lanjut, Dasco mengatakan jika pihaknya tidak mendukung maupun menentang sikap Sodik tersebut. Ia hanya akan melihat nantinya apakah di internal Baleg apakah RUU tersebut akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya atau tidak.


"Ya, ini kan tidak ada dukung-mendukung, karena ini usulan perseorangan," terangnya. "Nanti dalam pembahasan justru akan dilihat mana yang mendukung atau tidak, itu kan ada mekanismenya sendiri."

Di sisi lain, Golkar turut angkat bicara terkait salah satu anggota fraksinya, Endang Maria Astuti yang ikut mengusulkan RUU kontroversial tersebut. Ketua Kelompok Fraksi Golkar di Badan Legislasi (Baleg) DPR RI, Nurul Arifin menyesalkan hal itu. Pasalnya, jika ingin mengusung RUU tersebut seharusnya ia berkonsultasi terlebih dahulu dengan fraksi.

"Kami dari FPG (Fraksi Partai Golkar) merasa kecolongan tentang adanya seorang anggota yang mengusung RUU Ketahanan Keluarga," kata Nurul, Kamis (20/2). "Seharusnya yang bersangkutan berkonsultasi dan presentasi kepada fraksi sebelum menjadi pengusung suatu RUU."

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait