8 Kesalahan Perawatan Ini Bisa Bikin Rambut Keriting Indah Kalian Jadi Rusak, Wajib Hati-hati!
Lifestyle

Rambut keriting bisa sangat sulit dirawat. Dibandingkan dengan rambu lurus, rambut keriting atau ikal sangat rentan untuk patah, kusut, kering, dan sebagainya.

WowKeren - Rambut keriting bisa sangat sulit dirawat. Dibandingkan dengan rambu lurus, rambut keriting atau ikal sangat rentan untuk patah, kusut, kering, dan sebagainya. Untuk itu, buat kalian yang berambut keriting harus ekstra hati-hati dan memberikan banyak perhatian.

Untuk memastikan agar rambut kalian tidak rusak, kalian harus memilih produk yang tepat serta menggunakannya dengan cara yang benar. Demi mempertahankan bentuk rambut keriting sekaligus menjaga kekuatan dan kemilaunya, cucilah rambut beberapa produk yang sesuai.


Namun sayangnya, banyak orang berambut keriting yang enggak tahu bagaimana caranya merawat rambut mereka. Kebanyakan masih asal merawat dan menggunakan shampoo yang biasa orang gunakan. Padahal ada beberapa jenis shampoo yang enggak boleh digunakan oleh rambut keriting.

Berikut tim WowKeren rangkum 8 kesalahan saat merawat rambut keriting indah kalian. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Terlalu Sering Keramas Ternyata Enggak Baik Untuk Rambut Keriting


Terlalu Sering Keramas Ternyata Enggak Baik Untuk Rambut Keriting

Perlu diketahui bahwa rambut keriting itu umumnya memang kering. Keramas terlalu sering justru bisa membuat rambut rusak karena menghilangkan minyak alami yang diproduksi akar rambut yang berguna untuk melembabkan semua bagian rambut.

Saat keramas pun, jangan menggunakan terlalu banyak shampoo. Gunakan shampoo secukupnya saja. Rambut keriting malah terlihat sangat keren dalam keadaan lembap atau berminyak. Karena itu, mencuci rambut 1 minggu sekali adalah keputusan terbaik.

2. Jangan Sampai Kalian, Keramas Dengan Shampoo Yang Salah Ya


Jangan Sampai Kalian, Keramas Dengan Shampoo Yang Salah Ya

Untuk urusan rambut keriting, jangan pernah gunakan produk sembarangan termasuk shampoo. Rambut keriting butuh perawatan khusus untuk menutrisi dan melembabkan tiap helainya. Pilih shampoo yang ringan dan tidak mengandung silikon. Silikon merupakan bahan kimia yang bisa membuat rambutmu jadi sangat-sangat kering.

Selain itu, selalu pilih shampoo yang bebas sulfate dan alkohol. Satu lagi, hindari mousse dan hair spray. Bukan saja kedua produk itu akan membuat rambut keriting kalian jadi semakin mengembang, tapi juga mousse dan hairspray mengandung kadar alkohol yang tinggi.

3. Membilas Rambut Hingga Benar-benar Kesat Ternyata Alasan Utama Rambut Keriting Susah Diatur


Membilas Rambut Hingga Benar-benar Kesat Ternyata Alasan Utama Rambut Keriting Susah Diatur

Tidak perlu membilas dengan banyak air sesudah memakai conditioner. Membilas rambut seadanya dan meninggalkan sedikit conditioner, ternyata dapat memberi efek moist dan bebas kusut pada rambut keriting.

Selain itu, pastikan mengusapkan conditioner pada batang rambut dan hindari bagian akarnya. Di kulit kepala, conditioner dapat membebani batang rambut dan membuatnya tampak lepek sementara bagian lainnya menggembung. Usahakan untuk membiarkan conditioner selama mungkin menempel di batang rambut karena conditioner akan melembapkan rambut.

4. Mengeringkan Rambut Dengan Handuk Biasa Makin Membuatnya Berantakan


Mengeringkan Rambut Dengan Handuk Biasa Makin Membuatnya Berantakan

Mengeringkan rambut dengan handuk yang kasar harus dihindari. Terlebih lagi jika kalian mengeringkannya dengan menggosok-gosok. Rambut keriting sebaiknya menggunakan handuk yang berserat kecil dan halus atau malah menggunakan kaus bekas saja. Caranya pun tidak boleh sembarangan yakni menggunakan teknik plopping.

Dalam teknik plopping, kalian disarankan untuk membungkus rambut dengan handuk dan meremas rambut untuk mengeluarkan sisa air sekaligus membuatnya mengembang. Teknik ini juga akan mengurangi rambut kusut dan mempertahankan bentuk rambut keriting. Jadi jangan digosok-gosok ya!

5. Sering Menggunakan Hair Dryer Justru Membuat Rambut Keriting Jadi Mengembang


Sering Menggunakan Hair Dryer Justru Membuat Rambut Keriting Jadi Mengembang

Hair dryer sangat membantu untuk mengeringkan rambut. Namun, bagi kalian yang berambut keriting, pasti tahu banget deh apa yang bisa dilakukan hair dryer pada keriting kalian. Pasalnya, rambut akan menjadi kering, mengembang, dan sulit diatur.

Solusinya, ya biarkan rambut kering secara alami. Atau jika kamu butuh mengeringkannya dengan cepat, gunakan hair dryer dengan air yang dingin dan diffuser sehingga hembusannya lebih merata dan halus. Selain itu, keringkan langsung hingga ke akar rambut dengan menggerakkan pendifusi ke arah kepala.

6. Ingat, Jangan Sampai Memotong Rambut Dengan Cara Yang Tidak Tepat


Ingat, Jangan Sampai Memotong Rambut Dengan Cara Yang Tidak Tepat

Jika kamu memutuskan untuk memotong rambut, jangan asal pilih salon dan stylist ya. Kalian harus pastikan stylist yang akan menangangi rambut kalian sudah memiliki pengalaman dalam soal menangani rambut keriting. Idealnya, rambut keriting tidak bisa dipotong dalam keadaan basah, karena bisa menghasilkan model super pendek dengan tekstur yang mengembang berantakan.

Ingat juga bahwa rambut keriting tidak boleh dipotong dengan pisau rambut karena itu justru akan membuatnya rusak. Selain itu, kalian yang berambut keriting tidak perlu rajin-rajin memotong rambut. Paling tidak, 3 bulan sekali sudah lebih dari cukup, karena pertumbuhan rambut keriting tidak akan terlihat signifikan seperti pada rambut lurus atau bergelombang.

7. Salah Pakai Sisir Juga Bisa Berakibat Fatal Untuk Kesehatan Rambut Keriting


Salah Pakai Sisir Juga Bisa Berakibat Fatal Untuk Kesehatan Rambut Keriting

Rambut keriting itu mudah patah sehingga kalian harus memberi perlakuan yang selembut mungkin. Menyisir rambut dengan cara yang salah bisa menyebabkan keriting pecah-pecah dan bercabang. Malah, jika kamu nekad menyisir atau menyikat rambut dengan sisir yang salah, rambut kalian justru akan mengembang gila-gilaan!

Rambut keriting lebih cocok disisir menggunakan gigi yang jarang. Sisir tersebut biasanya disebut detangling brush. Selain itu, sisir rambut saat kalian sedang mengaplikasikan kondisioner tiap habis keramas. Lebih ideal rambut kalian harus disisir saat sedang mandi.

8. Bangun Tidur Bikin Rambut Singa? Mungkin Kalian Pakai Sarung Bantal Yang Salah


Bangun Tidur Bikin Rambut Singa? Mungkin Kalian Pakai Sarung Bantal Yang Salah

Sarung bantal bagi perempuan berambut lurus biasanya berbahan katun. Sarung bantal ini memang nyaman dan mudah untuk merawatnya. Namun, bahan katun terlalu kasar untuk rambut keriting bertekstur yang mudah frizzy dan kusut.

Jangan bikin rambutmu cepat patah dan kusut karena sarung bantal biasa. Karena itu, kalian sebaiknya sarung bantal berbahan satin atau sutra yang lebih halus dan membuat rambut lebih rapi usai bangun tidur ya.

Intip juga yuk beberapa kesalahan yang sering banget dilakukan dalam merawat rambu kalian di sini. Intip juga beberapa bahan alami untuk merawat keindahan rambut kalian di sini.

You can share this post!

Related Posts