Viral Tips Praktis Cegah Air Banjir Masuk Rumah, Tak Butuh Biaya Besar
SerbaSerbi

Persoalan banjir yang kerap melanda wilayah DKI Jakarta membuat warganya kreatif memikirkan mengurangi dampak dari banjir. Ternyata tidak memerlukan biaya yang mahal.

WowKeren - Banjir yang tengah melanda sejumlah wilayah DKI Jakarta kembali menjadi permasalah para warga. Pasalnya, air banjir yang masuk ke dalam rumah kerap membuat perabotan warga rusak.

Belum lagin sesudah surut, biasanya air banjir kerap meninggalkan kotoran dan juga lumpur yang membuat rumah menjadi kotor. Sehingga perlu tenaga ekstra untuk membersihkannya.


Namun, bukan orang Indonesia namanya jika tidak bisa menemukan cara-cara kreatif dsalam mengurangi dampak dari banjir. Seperti video viral yang tengah di media sosial.

Dalam video berdurasi 45 detik itu, menjelaskan bahwa air yang masuk ke rumah saat banjir tak terlalu tinggi, bisa gunakan triplek di pintu yang pinggirnya diberi lilin mainan agar air tak merembes.

Adapun alat-alat yang diperlukan untuk melakukan tips tersebut adalah triplek atau papan selebar pintu, batangan besi yang biasa digunakan untuk membuat rak buku, skrup, serta lilin mainan. Pria dalam video tersebut lantas menjelaskan batangan besi yang biasa digunakan untuk membuat rak buku itu disekrup di tiang pintu terlebih dahulu. Kemudian, papan/triplek pun ditaruh di tempat tersebut.

Selanjutnya yang paling krusial adalah menempelkan lilin mainan di sepanjang sela-sela batang besi dengan triplek tersebut. Tujuannya agar air tidak merembes lewat sela-sela batang besi dan papan. Lilin mainan itu ditempelkan di bagian samping dan bawah papan.

Viral Tips Praktis Cegah Air Banjir Masuk Rumah, Tak Butuh Biaya Besar

Twitter

Pria dalam video itu membuktikan bahwa rumahnya tak terlalu terendam banjir. Air yang terdapat di dalam rumah justru air yang bening dan merembes dari sela-sela keramik.

Viralnya video tersebut rupanya menuai komentar-komentar positif dari warganet. Tak sedikit dari mereka yang ingin mencoba mengaplikasikannya secara langsung.

"Ini yg namanya ikhtiar, banjir tdk bisa dihindari bahkan dihilangkan tp paling tidak bisa diminimalisir area yg terdampak banjir. Tetap semangat," komentar @GA****u. "Rmh gw pasang gini, tp gk pk kayu pk upvc, anti aer," imbuh @nem***s.

"Banjir merangsang rakyat utk lebih mengembangkan kecerdasan... Berkah lain..," tulis @ya******lan. "Di rumah nenek gua juga gitu kalo banjir tapi banjirnya kadang ngelebihin papan," komen @Ga****6.

(wk/nidy)

You can share this post!

Related Posts