Siap-Siap, Hari Ini Fenomena Venus dan Bulan Berdekatan Bisa Dilihat dari Indonesia
SerbaSerbi

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan fenomena ini bisa dilihat setelah magrib ketika kondisi langit sedang cerah.

WowKeren - Fenomena menarik benda langit akan kembali terjadi hari ini, Kamis (27/2). Pada hari ini, diprediksi planet Venus dan bulan akan terlihat saling mendekat.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa fenomena cantik tersebut bisa diamati dari seluruh wilayah Indonesia. Namun, perlu diperhatikan jika fenomena itu hanya bisa diamati ketika langit cerah. Untuk waktunya, ia memperkirakan akan berlangsung sesudah senja.

"Ya, besok (Kamis) sesudah magrib, Venus akan berada di samping kanan Bulan sabit," kata Thomas dilansir detikINET, Kamis (27/2). "Terlihat jelas di seluruh wilayah Indonesia, asalkan langit cerah."

Ia kemudian menjelaskan apa yang terjadi saat fenomena ini berlangsung. Ketika fenomena ini berlangsung, planet Venus akan terlihat sangat terang benderang dan muncul di samping bulan. Thomas menuturkan bahwa fenomena Venus bertemu bulan sering sekali terjadi. Meski demikian terkait kapan fenomena bisa diamati, hal itu tidak ada periode tetapnya.


"Itu (Venus bertemu Bulan) sering terjadi," lanjut Thomas. "Tidak ada periode yang tetap."

Pertemuan antara Venus dan bulan tersebut diperkirakan akan berlangsung sekitar 45 menit. Venus sebagai salah satu obyek yang terang di langit akan bergerak mendekat ke Bulan karena orbit alami mereka. Meskipun dua benda langit ini memiliki orbit yang berbeda, namun mereka mengikuti jalur ekliptika yang sama.

Dilansir IB Times, fenomena serupa diperkirakan bisa kembali dilihat pada 28 Maret mendatang. Menurut ilmuwan planet dari NASA Bill Dunford, di hari istimewa tersebut Bulan akan muncul dalam bentuk bulan sabit.

Dunford mengatakan bahwa pemandangan ini bisa dilihat jela ketika kondisi cuaca cerah. ia menyarankan untuk melihat ke barat daya atau arah antara barat dan selatan. "Dari sini, Bulan akan muncul tepat di bawah rasi bintang Aries. Di sampingnya adalah Venus, yang akan tampak seperti bintang besar dan terang di langit," ujarnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait