Cegah Corona, Simak 7 Cara Mudah Ini Untuk Membersihkan Ponsel dari Virus dan Bakteri
Tekno
COVID-19 di Indonesia

Virus Corona dapat menempel di permukaan ponsel, salah satu barang yang paling sering kita gunakan. Untuk mencegah hal itu, sebaiknya rajin-rajinlah membersihkan ponsel dengan melakukan beberapa cara ini.

WowKeren - Jumlah pasien yang dinyatakan positif Corona di Indonesia terus bertambah. Wilayah jangkauannya pun semakin meluas. Data terbaru pada Rabu (18/3) menyebutkan bahwa sudah ada 227 pasien positif Corona di Indonesia. Jumlah ini meningkat sebanyak 55 kasus dari sebelumnya yang berjumlah 172 pasien.

Untuk meminimalisir penyebaran Corona, pemerintah mengimbau agar masyarakat mengurangi kegiatan di luar rumah. Masyarakat juga disarankan untuk melakukan beberapa langkah pencegahan lain seperti rajin mencuci tangan dengan sabun, tidak menyentuh wajah, menjaga jarak dengan orang lain hingga membersihkan lingkungan sekitar.


Selain itu, membersihkan barang-barang yang rawan terkena virus juga penting dilakukan, salah satunya adalah membersihkan ponsel yang sering kita gunakan. Pasalnya virus ini bisa menempel di benda mati dan bertahan hidup selama beberapa hari.

Bagi kalian yang masih bingung bagaimana cara yang tepat untuk membersihkan ponsel agar tetap bersih tanpa mengalami kerusakan, sebaiknya simak artikel ini. Sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tipsnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Sebelum Ponsel Dibersihkan dari Virus, Sebaiknya Matikan Dayanya Terlebih Dahulu


Sebelum Ponsel Dibersihkan dari Virus, Sebaiknya Matikan Dayanya Terlebih Dahulu

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum mulai membersihkan ponsel adalah dengan mematikan dayanya. Cabut semua kabel yang terhubung ke ponsel, misalnya headphone atau charger.

Jangan lupa juga untuk melepaskan case maupun aksesori yang masih menempel untuk dibersihkan sekalian. Sebelum mulai pembersihan, sebaiknya cuci tanganmu terlebih dahulu. Pembersihan ini percuma saja dilakukan jika tangan kalian masih kotor.

2. Cegah Corona, Gunakan Alkohol dan Air Untuk Membersihkan Ponsel dari Virus


Cegah Corona, Gunakan Alkohol dan Air Untuk Membersihkan Ponsel dari Virus

Salah satu bahan yang ampuh digunakan untuk membersihkan ponsel adalah campuran air dan alkohol isopropil. Campurkan kedua cairan itu ke dalam botol semprot lalu semprotkan ke kain microfiber yang akan digunakan untuk membersihkan ponsel.

Namun jika tidak memiliki alkohol, kamu juga bisa menggunakan air saja. Basahi kain microfiber dengan air, dan agar hasilnya lebih maksimal kamu juga bisa menambahkan dengan sabun cair ke permukaan kain microfiber. Setelah itu bersihkan ponsel dengan cara diusap secara lembut.

3. Gunakan Cotton Bud Untuk Membersihkan Ponsel dari Berbagai Virus, Termasuk Corona


Gunakan Cotton Bud Untuk Membersihkan Ponsel dari Berbagai Virus, Termasuk Corona

Setiap ponsel biasanya memiliki beberapa bagian kecil yang sulit untuk dijangkau. Karena itulah kita pasti mengalami kesulitan saat akan membersihkannya. Tapi tenang, ada benda yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan celah kecil di ponsel, yakni cotton bud.

Gunakan cotton bud untuk membersihkan area kecil di ponsel yang sulit dijangkau, seperti kamera, port, tombol, speaker, flash dan sebagainya. Tapi jangan lupa untuk mencelupkan cotton bud dengan cairan alkohol atau air ya agar hasilnya lebih maksimal.

4. Cuka Putih Juga Berguna Untuk Membersihkan Ponsel dari Virus dan Kotoran


Cuka Putih Juga Berguna Untuk Membersihkan Ponsel dari Virus dan Kotoran

Bahan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membersihkan ponsel adalah cuka putih. Bahan yang bisa kamu temukan dengan mudah di dapur ini faktanya dapat membersihkan bakteri di ponsel dengan cukup ampuh.

Caranya pun sangat mudah. Pertama, campurkan cuka putih dengan air steril dengan komposisi 50:50. Setelah itu basahi kain microfiber atau cotton bud dengan campuran ini untuk membersihkan ponselmu dari bakteri dan virus.

5. Gunakan Kain Microfiber Untuk Membersihkan Bakteri dan Virus yang Menempel di Ponsel


Gunakan Kain Microfiber Untuk Membersihkan Bakteri dan Virus yang Menempel di Ponsel

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penggunaan kain microfiber sangat penting dilakukan saat membersihkan ponsel. Basahi kain microfiber bebas serat atau lap lensa kacamata dengan air atau alkohol secukupnya. Pastikan agar tidak ada air yang menetes. Pasalnya kelembapan usapan kain microfiber dapat membantu mengatasi kerak atau goresan.

Lap ponsel kamu mulai dari bagian atas ke bagian bawah dengan usapan satu arah. Jangan mengelapnya dengan gerakan melingkar karena dapat menimbulkan bekas lapisan melingkar, terutama di bagian layar ponsel. Selain itu, pastikan kamu membersihkan ponselmu dengan lembut dan hati-hati.

6. Setelah Ponsel Dibersihkan dari Virus dan Bakteri, Diamkan dan Tunggu Hingga Kering


Setelah Ponsel Dibersihkan dari Virus dan Bakteri, Diamkan dan Tunggu Hingga Kering

Setelah kamu memastikan ponsel sudah benar-benar bersih, bakteri dan virus yang ada di permukaannya terangkat, langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mengeringkan ponsel itu sendiri. Angin-anginkan ponselmu di permukaan yang bersih selama kurang lebih 30 menit. Pastikan ponselmu sudah benar-benar kering sebelum memasang kembali kabel, casing maupun aksesori lainnya.

7. Gunakan Pelindung Antimikroba dan Kurangi Penggunaan Ponsel di Toilet Untuk Cegah Corona


Gunakan Pelindung Antimikroba dan Kurangi Penggunaan Ponsel di Toilet Untuk Cegah Corona

Setelah ponsel dibersihkan sebaiknya pasang casing pelindung antimikroba untuk melindungi ponsel dari serangan bakteri dan virus. Selain itu, sebaiknya kurangi penggunaan ponsel di toilet. Karena meskipun kamu telah mencuci tangan, bakteri akan tetap bisa menemukan cara untuk bersarang di ponsel.

Demikian tujuh tips membersihkan ponsel dari bakteri dan virus, termasuk Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips bekerja di rumah selama wabah Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui ide kegiatan seru yang bisa dilakukan bareng anak selama mereka libur karena wabah Corona.

You can share this post!

Related Posts