Kanada dan Australia Mundur, Anggota Komite Internasional: Olimpiade Tahun Ini Ditiadakan
Dunia

Anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) Dick Pound menyebut bahwa ajang olahraga 4 tahunan yang sedianya akan digelar di Tokyo, Jepang, pada 24 Juli tersebut akan ditunda hingga tahun depan.

WowKeren - Ajang olahraga internasional Olimpiade tahun ini yang akan digelar di Tokyo, Jepang, kini disebut akan ditiadakan dan diundur hingga tahun depan. Hal ini disampaikan oleh anggota Komite Olimpiade Internasional (IOC) Dick Pound.

"Berdasarkan informasi yang dimiliki oleh IOC, keputusan penundaan telah diambil," jelas Pound dilansir USA TODAY Sport pada Senin (23/3) waktu setempat. "Parameter ke depannya masih belum ditentukan, namun pertandingan tidak akan dimulai pada 24 Juli mendatang, itu yang saya ketahui."

Pound sendiri merupakan salah satu anggota IOC paling berpengaruh asal Kanada. Menurutnya, pertandingan Olimpiade tahun ini kemungkinan akan ditunda hingga 2021 mendatang.

Namun, detail mengenai keputusan ini masih akan dirundingkan selama 4 pekan ke depan. Pound berharap IOC akan mengumumkan langkah selanjutnya terkait hal ini secepat mungkin.

"Ini akan dilakukan secara bertahap," tutur Pound. "Kita akan menunda dan berurusan dengan seluruh konsekuensinya, yang tentunya akan sangat besar."


Menanggapi pernyataan Pound, juru bicara IOC Mark Adams pun memberikan tanggapan. "Setiap anggota IOC memang berhak untuk menafsirkan sendiri keputusan Dewan Eksekutif IOC yang telah diumumkan (pada Minggu)," ujar Adams.

Di sisi lain, Kanada dan Australia telah menyatakan tidak akan mengirim atletnya ke Olimpiade Tokyo 2020 jika ajang olahraga 4 tahunan tersebut tetap berjalan sesuai jadwal. Menurut Communication Chief Komite Paralympic Kanada (CPC) Martin Richard, pihaknya berharap keputusan telah diumumkan pada Minggu (22/3) kemarin.

Namun, keputusan masih belum diambil pada Minggu dan akhirnya pihak Kanada memutuskan untuk mundur. "Dunia kini tengah mengalami krisis dan hal tersebut lebih penting dibandingkan ajang olahraga mana pun," ujar Richard dilansir Reuters.

Sementara itu, Komite Olimpiade Australia (AOC) telah meminta atletnya untuk mempersiapkan Pertandingan Tokyo yang digelar pada 2021. "AOC percaya bahwa atlet kami sekarang harus memprioritaskan kesehatan diri mereka dan orang-orang di sekitarnya. Mereka juga harus bisa kembali kepada keluarga mereka, dalam diskusi dengan federasi nasional mereka," demikian pernyataan pihak AOC.

Diketahui, desakan untuk menunda Olimpiade 2020 sudah muncul sejak Pandemi Virus Corona (Covid-19) merebak. Presiden Amerika Serikat Donald Trump bahkan telah memberikan usulan tersebut.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait