SinemArt Hentikan Kegiatan Syuting Sinetron SCTV Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona
TV
COVID-19 di Indonesia

Rumah produksi SinemArt telah membagikan edaran surat yang berisi tentang pemberhentian kegiatan syuting sinetron yang biasa ditayangkan di stasiun televisi SCTV.

WowKeren - Belum lama ini kementrian Pendidikan dan Budaya (Kemendikbud) menghimbau agar stasiun televisi (TV) menghentikan sementara kegiatan syuting. Bukan tanpa alasan, hal tersebut dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Imbauan itu disampaikan dalam Surat Imbauan Terkait COVID-19 bernomor 2944/F.F3/HM/2020. Surat bertanggal 24 Maret 2020 itu ditandatangani oleh Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan intruksi untuk bekerja dari rumah sesuai konsep social distancing yang diatur dalam UU No 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Kendati demikian, kini rumah produksi SinemArt menghentikan segala kegiatan syuting sinetron yang tayang di stasiun televisi SCTV. Kabar tersebut terungkap setelah SinemArt mengirimkan surat edaran pada para pemain dan kru sinetron-sinetron produksinya.

Photo-INFO

Twitter


Surat edaran bernomor 002/SI/OG/III/2020 dengan tanggal 24 Maret 2020 itu lantas diunggah oleh Firman Syah selaku sutradara yang kerap terlibat dalam proses produksi beberapa sinetron SinemArt seperti "Istri Istri Akhir Zaman" dan "Jangan Panggil Gue Pak Haji". “Alhamdulillah… Rumah produksi Sinemart telah membuat keputusan berani dan bijaksana untuk mengentikan kegiatan syuting per 25 Maret 2020. Bravo. Semoga iikuti oleh PH-2 lain,” tulis Firman syah lewat unggahannya di Twitter.

Surat edaran tersebut juga menerangkan bahwa pihak SinemArt akan terus menjamin pembayaran honor para kru meski tidak melakukan produksi. “Sinemart menjamin pembayaran honor crew akan tetap dilakukan melalui sistem transfer bulanan,” demikian isi surat edaran tersebut.

Tak hanya berlaku untuk para crew, hal serupa juga terjadi untuk para pemain sinetron produksi SinemArt. “Untuk para pemain, pengambilan giro ditiadakan diganti menjadi transfer dan bukti transfer akan dikirimkan melalui WA (WhatsApp) kepada masing-masing pemain,” lanjut surat yang ditandatangani oleh bos SinemArt, Leo Sutanto.

Dari edaran surat tersebut, kini muncul kemungkinan SCTV tidak akan menampilakn tayangan sinetron untuk sementara waktu. Muncul kemungkinan juga bila nanti SCTV akan menghadirkan film layar lebar lawas. Namun masih ada kemungkinan juga bila SCTV akan tetap menayangkan sinetron meski hanya siaran ulang.

(wk/lail)

You can share this post!

Related Posts