Tak Ingin Terlalu Sering Keluar Belanja? Intip 7 Tips Menyimpan Bahan Makanan Tanpa Kulkas Berikut
SerbaSerbi

Menyimpan bahan makanan di rumah penting dilakukan agar kita tidak terlalu sering belanja ke luar di tengah wabah Corona. Bagi Anda yang tidak memiliki kulkas di rumah, simak beberapa tips ini untuk menyimpan bahan makanan agar awet dan tahan lama.

WowKeren - Setelah Corona mewabah di Indonesia, pemerintah mengimbau masyarakat untuk berdiam diri di rumah dan menjaga jarak dengan orang lain. Langkah ini dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok, tersebut.

Meski demikian, aktivitas sehari-hari masih harus berjalan. Salah satunya adalah memasak untuk keluarga tercinta. Bagi Anda yang sudah membatasi diri untuk keluar rumah, tak ada salahnya untuk menyimpan persediaan makanan dalam jumlah yang wajar. Hal ini diperlukan agar Anda tidak sering-sering pergi ke pasar dan bertemu dengan banyak orang.

Ingin menyimpan bahan makanan tapi Anda tidak memiliki lemari es atau kulkas di rumah? Jangan khawatir, sebab tim WowKeren telah merangkum beberapa tips mudah menyimpan bahan makanan di rumah tanpa lemari es lewat artikel ini. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi selengkapnya.

(wk/eval)

1. Simpan Bahan Makanan di Ruangan Bersuhu Dingin, Tetap Aman Meski Tak Ada Kulkas


Simpan Bahan Makanan di Ruangan Bersuhu Dingin, Tetap Aman Meski Tak Ada Kulkas

Tips pertama yang harus kamu perhatikan adalah simpan bahan makanan di ruangan bersuhu dingin. Misalnya letakkan bahan makanan di dekat jendela terbuka pada saat malam hari (sebelumnya masukkan dulu ke wadah tertutup).

Dengan mengikuti tips ini, bahan makanan yang kamu simpan akan terjaga kesegarannya. Selain itu, jika kita membiarkan bahan makanan tersimpan rapat di ruangan atau plastik tertutup, maka proses pembusukan bisa dengan cepat terjadi.

2. Biar Awet Meski Tak Ada Kulkas di Rumah, Simpan Buah dan Sayur di Mangkuk Berisi Air dan Es


Biar Awet Meski Tak Ada Kulkas di Rumah, Simpan Buah dan Sayur di Mangkuk Berisi Air dan Es

Jika Anda tak memiliki kulkas namun ingin tetap menyimpan makanan di rumah, sebaiknya gunakan mangkuk yang berisi air dingin atau bongkahan es. Gunakan air dingin untuk merendam beberapa jenis makanan agar tetap segar. Tapi pastikan Anda segera mengkonsumsinya dalam beberapa hari, karena kesegaran sayuran tidak akan bertahan lama meski disimpan dengan cara ini.

Selain itu, Anda harus memperhatikan bahwa cara ini hanya dapat diterapkan untuk mengawetkan buah dan sayur, bukan untuk jenis makanan yang lain. Dan tentu saja jika bongkahan es di dalam mangkuk sudah mencair, Anda harus rajin menggantinya.

3. Keringkan Bahan Makanan, Agar Bisa Awet Meski Disimpan Tanpa Kulkas


Keringkan Bahan Makanan, Agar Bisa Awet Meski Disimpan Tanpa Kulkas

Menjemur bahan makanan di bawah sinar matahari merupakan salah satu metode ampuh untuk mengawetkan makanan. Cara ini ampuh diterapkan pada bahan makanan seperti daging dan ikan, bukan buah maupun sayuran.

Tapi ingat, sebelum dikeringkan sebaiknya cuci bersih ikan maupun daging yang akan disimpan. Dan selain menggunakan sinar matahari, Anda juga bisa mengeringkannya dengan mesin pengering jika ingin lebih cepat dan mudah.

4. Simpan Beras dan Biji-Bijian di Wadah Tertutup, Agar Bisa Awet dan Tahan Lebih Lama


Simpan Beras dan Biji-Bijian di Wadah Tertutup, Agar Bisa Awet dan Tahan Lebih Lama

Tips berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah berkaitan dengan beras, gandum, sereal dan biji-bijian yang lain. Usahakan untuk menyimpan bahan makanan ini di wadah tertutup yang kedap udara. Tujuannya adalah agar beras dan biji-bijian tersebut tidak dijarah oleh semut atau lalat yang bisa mengundang kemunculan belatung.

Agar beras tidak berkutu atau berjamur, tambahkan sedikit bubuk kopi yang dibungkus plastik. Beri sedikit lubang pada plastik tersebut agar aromanya bisa keluar. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bawang putih, bawang merah dan daun jeruk purut ke tempat penyimpanan agar beras kita tetap berkualitas dan bebas dari kutu.

5. Gunakan Tisu Sebagai Pembungkus, Agar Bahan Makanan Tetap terjaga Meski Disimpan Tanpa Kulkas


Gunakan Tisu Sebagai Pembungkus, Agar Bahan Makanan Tetap terjaga Meski Disimpan Tanpa Kulkas

Tisu dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus untuk memastikan buah dan sayur tetap segar meski tidak disimpan di dalam kulkas. Sehingga cara ini dapat digunakan untuk mencegah timbulnya kerusakan atau pembusukan saat kita menyimpan buah dan sayur di ruangan terbuka.

Tapi ingat jangan membasahi tisu dengan air, agar dia dapat menyerap uap cairan yang dikeluarkan buah dan sayur secara maksimal. Ketika kondisi tisu sudah terlalu basah karena banyaknya cairan yang diserap, sebaiknya Anda segera menggantinya dengan yang baru. Dengan demikian, kondisi buah dan sayur tetap awet dan bisa Anda masak kapan saja.

6. Plastik Juga Bisa Difungsikan Sebagai Penutup Makanan Saat Disimpan Tanpa Lemari Es


Plastik Juga Bisa Difungsikan Sebagai Penutup Makanan Saat Disimpan Tanpa Lemari Es

Selain tisu, Anda juga dapat memanfaatkan plastik untuk membungkus buah dan sayur sebelum disimpan di tempat terbuka. Untuk menjaga kandungan air agar sayuran tidak mudah layu, Anda bisa menyimpannya di dalam kantong plastik yang sedikit dilubangi. Sedangkan untuk buah-buahan, sebaiknya simpan di kantong plastik kedap udara agar kesegarannya senantiasa terjaga.

Jika enggan menggunakan plastik, Anda juga bisa menggunakan kertas roti atau handuk kering yang tak terpakai sebagai pembungkus alternatif. Kedua bahan ini dapat digunakan untuk memastikan kondisi buah dan sayur tetap segar saat disimpan.

7. Cuci Buah dan Sayur Saat Akan Dikonsumsi Saja dan Periksa Secara Berkala Saat Disimpan Tanpa Kulkas


Cuci Buah dan Sayur Saat Akan Dikonsumsi Saja dan Periksa Secara Berkala Saat Disimpan Tanpa Kulkas
Getty Images

Tips berikutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah soal waktu pencucian buah dan sayur yang Anda simpan tanpa lemari es. Sebaiknya cuci bersih buah dan sayur saat akan diolah atau dikonsumsi saja, jangan sebelumnya. Karena jika kondisi buah dan sayur masih basah lalu Anda simpan begitu saja di luar kulkas, maka proses pembusukan bisa terjadi dengan cepat.

Selain itu, sebaiknya periksa secara berkala kondisi bahan makanan yang Anda simpan di luar kulkas. Apakah masih hijau dan segar ataukah sudah layu dan membusuk. Jika Anda menemukan bahan makanan yang mulai mengalami kerusakan, langsung buang agar tidak menulari bahan makanan lainnya.

Demikian tujuh tips menyimpan bahan makanan tanpa kulkas yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips yang dapat kalian lakukan saat dan setelah belanja di pasar agar terhindar dari virus Corona. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa camilan lezat yang mudah dibuat saat di rumah aja.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru