YouTube Siap ‘Jegal’ TikTok Dengan Aplikasi Baru, Apa Itu?
Getty Images
Tekno

Aplikasi TikTok belakangan terakhir memang telah meraih popularitas yang begitu tinggi di kalangan masyarakat. Tak mau kalah, YouTube siap meluncurkan pesaingnya.

WowKeren - Aplikasi TikTok memang sedang mencapai tingkat popularitasnya. Berbagai kalangan masyarakat di dunia telah memanfaatkan TikTok sebagai salah satu media hiburan yang memunculkan fenomena tersendiri.

TikTok sendiri merupakan sebuah aplikasi media sosial yang memungkinkan penggunanya untuk membuat video pendek beserta 15 detik. Nantinya, video tersebut akan disertai musik, filter, hingga beberapa fitur kreatif lainnya.

Hingga akhir 2019, pengguna aktif TikTok sendiri telah mencapai 500 juta di seluruh dunia. Kini, YouTube rupanya tengah bersiap untuk menyaingi popularitas TikTok dengan menciptakan aplikasi serupa.

Dilansir The Verge pada Kamis (2/4), YouTube sedang menggarap sebuah platform video singkat bernama Shorts. Nantinya, fitur ini diyakini sanggup menandingi TikTok.


Aplikasi Shorts dijelaskan bisa membuat penggunanya mengunggah video singkat yang naninya akan ditampilkan dalam feed di aplikasi mobile layaknya TikTok. Namun, Shorts diklaim memiliki keunggulan lebih yaitu bisa memanfaatkan lagu-lagu berlisensi yang sudah ada di katalog YouTube Music.

Hal ini menjadi perbedaan besar antara Shorts dan TikTok. Seperti yang diketahui, Shorts memperbolehkan penggunanya untuk memakai audio dan musik dari database mereka, dan memproduksi video menggunakan audio tersebut.

Saat ini, pertumbuhan jumlah pengguna TikTok sendiri menurut App Annie telah tumbuh hingga 125 persen. Sementara The Information menyebut jika aplikasi TikTok telah meningkat 15 persen dari tahun ke tahun.

Tak heran jika YouTube berambisi untuk menyaingi keuntungan dari ranah video hiburan tersebut. Terlebih, ini bukan pertama kalinya YouTube mencoba meniru platform populer lainnya. Sebelumnya, YouTube telah menjajal meniru Instagram Stories di platform mereka.

(wk/lian)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru