Enggak Perlu Repot-repot Ke Salon, 7 Tips Ini Mudahkan Kalian Mengecat Rambut Sendiri Di Rumah
Lifestyle

Beberapa orang tak punya banyak waktu dan biaya untuk mengecat rambut di salon. Namun, melalui langkah yang tepat, hasil pewarnaan rambut sendiri pun tak kalah bagusnya dengan hasil pewarnaan di salon loh.

WowKeren - Mengecat rambut adalah salah satu cara yang efektif untuk mengubah penampilan. Memberikan rambut kalian nuansa warna yang berbeda menggunakan produk hair coloring memang merupakan langkah mudah untuk menciptakan tampilan baru dalam waktu sekejap, meski hal itu membutuhkan komitmen tersendiri.

Namun, beberapa orang tak punya banyak waktu dan biaya untuk melakukannya di salon. Pada dasarnya, kalian bisa mewarnai rambut lebih efektif dan tentu saja lebih murah jika mencobanya sendiri di rumah.


Melalui langkah-langkah yang tepat, hasil pewarnaan rambut sendiri pun tak kalah bagusnya dengan hasil pewarnaan di salon loh. Kalian hanya perlu memperhatikan beberapa hal penting untuk mendapatkan warna rambut seperti yang diinginkan.

Mau tahu apa saja tipsnya? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips mudah mengecat rambut sendiri di rumah. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Pilih Warna Yang Lebih Terang Dari Yang Diinginkan


Pilih Warna Yang Lebih Terang Dari Yang Diinginkan

Rintangan utama saat mengecat rambut sendiri di rumah adalah menentukan warna yang sesuai. Hal ini karena kalian tidak bisa mengkonsultasikan kepada pakar seperti yang bisa kamu lakukan di salon. Yang bisa kalian lakukan adalah mengira-ngira warna rambut yang cocok atau bagaimana cara mendapatkan warna rambut yang diinginkan.

Beberapa pakar menyebut bahwa hasil warna cat di rambut akan selalu lebih tua dari warna yang kamu lihat pada box. Untuk itu, guna mendapatkan warna yang sesuai ekspektasi, pilihlah warna yang lebih muda pada model cat rambut dari warna yang kamu inginkan.

2. Lakukan Test Alergi Terlebih Dahulu


Lakukan Test Alergi Terlebih Dahulu

Tak hanya cat rambut, hal ini wajib banget dilakukan setiap kali mencoba produk baru. Lakukan test alergi atau patch test untuk mengetahui apakah kalian alergi atau tidak dengan cat rambut yang akan kalian pakai. Patch test bisa kalian lakukan pada area tubuh seperti belakang kuping, lengan dalam atau leher.

Meski terkesan sepele, namun hal ini sangat penting. Jika ternyata kalian alergi dengan cat rambut, hal yang bisa terjadi adalah muka kamu bengkak atau bahkan bisa sampai terjadi gangguan pernafasan. Jadi pastikan kamu selalu lakukan patch test 2×24 jam, sebelum proses mewarnai rambut.

3. Beli Produk Pewarna Lebih Dari Satu Box


Beli Produk Pewarna Lebih Dari Satu Box

Selalu pastikan kamu membeli produk perwarna rambut lebih dari satu box, walaupun kamu berambut pendek. Hal ini bertujuan agar warna menutup sempurna dengan shade yang sama. Idealnya, rambut pendek membutuhkan 1 kotak, rambut medium (sebahu) butuh 2 kotak, rambut anjang (menyentuh garis bra) butuh 3 kotak.

Sementara rambut amat panjang (menyentuh pinggang) butuh 4 kotak atau lebih. Selain itu kalian bisa mempertimbangkan memilih bubble hair dye dibanding yang regular, karena foam lebih mudah untuk didistribusikan ke seluruh kepala, seperti shampo.

4. Siapkan Peralatan Mengecat Dengan Tepat


Siapkan Peralatan Mengecat Dengan Tepat

Selain itu, kalian juga harus menyiapkan alat-alat menegcat yang tepat. Siapkan mangkuk plastik dan kuas cat rambut. Menurut hair expert, kaliannakan mempunyai kontrol lebih banyak saat mewarnai rambut menggunakan mangkuk plastik dan kuas cat rambut dibandingkan dengan menggunakan alat yang disediakan di dalam kemasan.

Siapkan juga handuk yang sudah tidak akan dipakai dan letakkan di area sekitar leher dan bahu. Handuk itu bergunanya untuk menyerap cat yang kemungkinan menetes. Untuk memudahkan mengecat seluruh bagian rambut, gunakan dua cermin. Selagi mengecat rambut di depan cermin kamar mandi, peganglah cermin kecil agar tidak ada bagian yang terlewat.

5. Pastikan Rambut Dalam Keadaan Siap Dicat


Pastikan Rambut Dalam Keadaan Siap Dicat

Sebelum mulai mengecat, pastikan juga rambut dalam keadaan siap agar warna menyerap sempurna. Sehari sebelum mewarnai rambut, pastikan untuk keramas dengan memakai sampo clarifying dan mengusapkan kondisioner setelahnya. Hal ini ditujukan untuk mengenyahkan residu yang mungkin menurunkan kualitas pewarnaan.

Pastikan juga telah menutrisi rambut agar tidak kehilangan kelembapannya. Teknik yang tepat sangat penting untuk membuat hasil pewarnaan jadi lebih maksimal. Pisahkan rambut menjadi beberapa bagian dan gunakan jepit untuk menahan rambut agar tidak jatuh. Hal ini sangat penting untuk memudahkan aplikasi pewarna rambut agar lebih merata.

6. Ikuti Instruksi Dalam Kemasan


Ikuti Instruksi Dalam Kemasan

Setelah semua siap, kalian bisa memulai mengecat rambut dengan ramuan yang sudah ada dalam kemasan produk pewarna. Baca aturan pakai pada kemasan, perhatikan berapa lama pewarna harus didiamkan di kepala. Setiap cat rambut mempunyai waktu berbeda untuk membuat warnanya keluar.

Sekurang-kurangnya kamu harus menunggu selama 20 menit sebelum melakukan langkah selanjutnya. Biasanya, beberapa produk memberi anjuran agar kalian tidak menggulung rambut. Hal ini agar rambut tergerai alami dan warnanya merata dengan sempurna.

7. Hindari Keramas Dengan Shampo Usai Rambut Dicat


Hindari Keramas Dengan Shampo Usai Rambut Dicat

Cara merawat rambut pun harus disesuaikan tergantung warna rambut yang kalian pilih dan dapatkan. Biasanya usai mewarnai rambut, pastikan kalian mencuci rambut berwarna dengan air saja. Kalian harus menghindari penggunaan shampo setidaknya sampai 48 jam.

Untuk menjaga warna rambut, kalian nantinya bisa menggunakan shampo khusus rambut berwarna. Shampo dan kondisioner ini biasanya tanpa sulfat untuk menjaga rambut tetap sehat dan warna tahan lama. Selain itu, cuci rambut dua hari sekali dan semprotkan UV protection mist sebelum beraktifitas keluar ruangan.

Intip juga yuk beberapa tips dan trik khusus atau cara merawat rambut berwarna di sini. Simak juga cara alami menghitamkan rambut dalam artiket ini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru