Atasi Wabah Corona, Jokowi Kucurkan BLT dan Bansos Rp 600 Ribu Selama 3 Bulan
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Pemerintah tengah menggodok rencana pemberian BLT dan/atau paket sembako sebesar Rp 600 ribu untuk warga terdampak wabah virus Corona. Berikut penjelasan Menkeu Sri Mulyani soal bantuannya.

WowKeren - Pemerintah melakukan berbagai upaya untuk membantu masyarakat yang kehidupannya terdampak wabah virus Corona. Salah satunya lewat pemberian bantuan langsung tunai (BLT) yang sudah pernah disampaikan sebelumnya oleh pemerintah.

BLT ini sedianya akan diberikan kepada jutaan keluarga miskin terdampak wabah virus Corona. Hal ini disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai mengikuti rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo pada Selasa (7/4).

"Jadi penerima BLT adalah di luar (penerima) PKH dan bansos BPNT atau Kartu Sembako," terang Sri Mulyani, dilansir dari CNN Indonesia. Lantas kepada siapa siapa sajakah bantuan ini akan diberikan?

Mantan Direktur Bank Dunia itu menyebut bantuan setidaknya akan diberikan kepada 2,5 juta warga miskin, atau sekitar 1,2 juta keluarga di DKI Jakarta. Bantuan senilai Rp 600 ribu akan diberikan dalam bentuk paket sembako. Bantuan ini akan dikucurkan selama tiga bulan.


Tak hanya di wilayah DKI Jakarta, bantuan berupa paket sembako ini juga akan diberikan kepada 1,6 juta warga atau sekitar 576 ribu kepala kelaurga di wilayah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Namun bantuan ini tak hanya diberikan kepada warga Jabodetabek.

Di luar Jabodetabek, pemerintah juga akan mengucurkan BLT sebesar Rp 600 ribu per bulan, yang akan diberikan selama dua sampai tiga bulan. Namun, imbuh Sri Mulyani, jutaan data penerimanya masih dirampungkan oleh Kementerian Sosial.

"Nanti akan dibersihkan datanya, itu yang diusulkan dapat BLT Rp 600 ribu," ujar Sri Mulyani. "Sekarang, jangka waktu (pemberian) lagi dipikir mau 2 atau 3 bulan. Pak Presiden minta saya hitung."

Dalam konferensi pers yang sama, Menteri Sosial Juliari Batubara mengungkapkan pemberian BLT akan dilakukan mulai bulan ini. Data penerima berdasarkan data terpadu Kemensos ditambah dengan masukan dari pemerintah daerah setempat.

"Saat ini kami sudah pegang dari Pemda DKI," jelasnya. "Jadi ada bantuan bansos khusus dari presiden untuk Jabodetabek, yaitu paket sembako senilai Rp600 ribu per keluarga, durasinya tiga bulan, dan akan dimulai pada bulan ini."

(wk/elva)

You can share this post!

Related Posts