Tingkatkan Imun Di Tengah Wabah Corona, 8 Bahan Makananan Ini Punya Kandungan Vitamin C Tinggi Loh!
Kuliner
COVID-19 di Indonesia

Vitamin C sering kali dikaitkan dengan sistem imun tubuh. Benar saja, vitamin C memiliki banyak manfaat, mulai dari melindungi tubuh terhadap serangan penyakit hingga menjaga keremajaan kulit.

WowKeren - Vitamin C sering kali dikaitkan dengan sistem imun tubuh. Benar saja, vitamin C memiliki banyak manfaat, mulai dari melindungi tubuh terhadap serangan penyakit hingga menjaga keremajaan kulit.

Agar asupannya cukup, kalian perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi secara rutin. Untuk orang dewasa, jumlah asupan vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh adalah 75 - 90 mg per hari.


Nah untuk memperoleh vitamin C yang cukup kalian bisa mendapatkannya dari buah-buahan dan sayuran segar, dengan kadar yang berbeda-beda. Beberapa jenis buar dan sayur memiliki kadar vitamin C yang tinggi. Apa saja? Nah berikut tim WowKeren rangkum 8 bahan makanan yang mengandung vitamin C yang tinggi. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Strawberry


Strawberry

Meski jeruk terkenal sebagai buah yang mengandung vitamin C tinggi, namun strawberry ternyata memiliki kandungan lebih tinggi loh. Menurut penelitian, satu porsi atau setara dengan 147 gram strawberry mengandung sekitar 86,5 miligram vitamin C atau lebih banyak 4,6% dari kandungan yang terdapat di jeruk.

Selain tinggi vitamin C, strawberry juga mengandung asam ellagic dan antosianin yang bisa mencegah kanker, penuaan dini, penyakit syaraf, dan peradangan. Hal ini membuat strawberry menjadi salah satu buah yang dipercaya menjaga imunitas tubuh.

2. Nanas


Nanas

Nanas merupakan buah tropis yang kaya akan vitamin C dan enzim terkenal sebagai makanan antioksidan yang penting untuk kesehatan tubuh. Terutama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang. Selain itu, nanas ternyata juga bisa memperbaiki sistem pencernaan.

Buat kalian yang sedang menjalani pola diet apa pun, nanas merupakan salah satu buah yang cocok untuk kalian. Dalam 100 gram buah nanas mengandung 40 Kkal, 0,6 gram protein, 9,9 gram karbohidrat, 0,6 gram serat dan 22 mg vitamin C. Selain itu, nanas juga mengandung fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan, thiamin, serat, natrium, dan gula buah (sukrosa).

3. Paprika Merah


Paprika Merah

Tidak hanya sebagai rempah atau bahan masakan saja, ternyata paprika juga memiliki fakta unik lain. Paprika mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Bahkan, kandungan vitamin C pada paprika dipercaya lebih tinggi, daripada buah jeruk loh.

Paprika merah juga merupakan sumber vitamin A yang baik, jadi selain menjaga kekebalan tubuh, kamu juga sekaligus meningkatkan kesehatan mata. Kandungan gizi paprika merah juga lebih tinggi dibanding paprika hijau dan paprika merah.

4. Pepaya


Pepaya

Biasanya buah yang mengandung vitamin C identik dengan rasa yang asam, tapi tidak dengan buah satu ini. Meskipun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, buah pepaya memiliki rasa yang manis. Kandungan vitamin C yang terdapat pada pepaya memang tidak berbeda jauh dengan jeruk, yaitu 94mg tiap porsinya.

Satu mangkuk saji atau sekitar 150 gram buah pepaya mengandung sekitar 90 miligram vitamin C. Jumlah ini jelas sudah mencukupi asupan vitamin C harian yang dianjurkan. Pepaya juga dipercaya mampu mencegah demensia dan kanker, sekaligus dapat menyehatkan saluran cerna dan memperkuat daya tahan tubuh.

5. Brokoli


Brokoli

Selain buah, ada juga sayuran yang mengandung tinggi vitamin C. Satu mangkuk brokoli hijau yang sudah dipotong-potong mengandung 80 miligram vitamin C. Setelah dimasak, kandungan vitamin C dalam brokoli memang akan berkurang.

Jumlah vitamin C pada brokoli yang dimasak akan menjadi 50 miligram, tetapi angka ini masih menjadikan brokoli sebagai sumber vitamin C yang baik. Brokoli bisa dicampurkan dalam sup atau ditumis dengan beberapa sayuran lainnya.

6. Bayam


Bayam

Dalam semangkok bayam (sektiar 30 gram), terdapat 8,5 mg vitamin C. Kandungan vitamin C bayam memang tidak sebanyak kandungan vitamin C kedua sayuran sebelumnya, namun bayam tidak boleh diremehkan.

Sayuran ini mengandung banyak nutrisi penting, yaitu vitamin A, vitamin K, folat, kalium, dan zat besi. Kandungan nutrisi ini menjadikan bayam sebagai sayuran yang layak untuk dikonsumsi rutin.

7. Jambu Biji


Jambu Biji

Jambu biji merupakan buah yang umumnya tumbuh di daerah tropis termasuk di Indonesia. Buah ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh karena kandungan gizinya. Diantaranya vitamin, serat pektin yang merupakan serat larut, mineral seperti mangan dan magnesium, serta asam amino esensial.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada jambu biji ini ternyata jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan jeruk loh. Setiap 100 gram jambu biji terdapat 183 mg Vitamin C sedangkan jeruk hanya mengandung sekitar 50 mg Vitamin C. Kandungan Vitamin C pada kulit buah jambu biji lebih tinggi bila dibandingkan dengan daging buahnya, maka dari itu saat anda memakan buah ini sebaiknya makan dengan kulitnya.

8. Kiwi


Kiwi

Kiwi juga diketahui sebagai buah dengan vitamin C tinggi. Buah ini mengandung vitamin C sebanyak 84 gram per satu buah. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan vitamin C dalam jeruk.

Kandungan antioksidan dari vitamin C-nya yang tinggi membuat buah kiwi dapat membantu tubuh melawan infeksi dan radikal bebas dalam tubuh. Selain itu, buah ini juga cocok dijadikan menu diet, karena memiliki kalori yang rendah namun tinggi akan kalium dan serat.

Selain itu simak juga yuk beberapa makanan yang cocok kalian konsumsi untuk meningkatkan sistem imun di sini. Simak juga beberapa jenis lauk yang bisa tingkatkan imun di sini.

You can share this post!

Related Posts