Gampang Dan Enggak Butuh Banyak Ruang, Berikut 8 Bahan Makanan Yang Bisa Ditanam Dalam Pot!
Kuliner

Tak pernah disangka, namun hanya membutuhkan sedikit ruang dan uang untuk menanam sayuran, rempah-rempah, dan bahkan buah daripada membelinya di pasar loh.

WowKeren - Wabah virus corona (COVID-19) yang melanda Indonesia membuat kesusahan untuk membeli bahan pangan. Hal ini karena pemerintah menghimbau masyarakat untuk tidak meninggalkan rumah demi mengurangi perluasan penularan virus ini.

Namun, secara mengejutkan hanya membutuhkan sedikit ruang dan uang, untuk menanam sayuran, rempah-rempah, dan bahkan buah daripada membelinya di pasar. Teras atau bahkan kusen jendela bisa digunakan, asalkan mendapat sinar matahari sekitar enam jam sehari.


Cukup menggunakan pot kecil, kalian bisa menumbuhkan beberapa buah, sayur maupun bumbu dapur sendiri. Kuncinya adalah pastikan untuk menggunakan tanah pot yang bukan tanah kebun, yang terlalu padat untuk tanaman kontainer. Dan jangan lupa menyiramnya

Penasaran apa saja tanaman tersebut? Berikut tim WowKeren rangkum 8 tanaman yang dapat dimakan yang dapat tumbuh subur dalam wadah di mana saja. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Tanaman Herbs


Tanaman Herbs

Tanaman herbs termasuk peterseli, thyme, rosemary, dan banyak lagi, dapat ditanam di ruangan yang sempit. Pada umumnya tanaman ini ditanam di pot dan idealnya diletakkan di dapur, di mana mereka dapat dipotong untuk digunakan dalam memasak.

Tanaman pot lebih cepat tetapi lebih mahal daripada menanam herbal dari biji. Beberapa tanaman seperti thyme dan peterseli bisa ditanam di satu pot yang sama. Namun, berikan rosemary potnya sendiri karena ia tumbuh tinggi dan berkayu seiring bertambahnya usia. Sebagian besar tumbuhan tumbuh baik di panas dan tanah agak kering, tetapi pastikan untuk menyiram seminggu sekali - terutama jika tanaman di luar ruangan.

2. Tomat


Tomat

3. Selada


Selada

Selada merupakan tanaman sarat dengan kebaikan sejumlah nutrisi. Selada adalah salah satu dari sedikit tanaman yang dapat tumbuh dengan baik, bahkan di bawah suhu rendah dan dapat menghasilkan volume panen yang baik dalam waktu kurang dari 30 hari.

Hal terbaik tentang selada adalah kenyataan bahwa ada sejumlah varietas yang sama yang tersedia dan masing-masing memiliki rasa yang berbeda. Dengan demikian, kalian dapat memilih diantara sayuran atau menanam varietas selada yang berbeda secara bersamaan.

4. Stroberi


Stroberi

Tanaman stroberi bersifat abadi yakni bisa kembali panen tahun demi tahun dengan perawatan khusus. Selain itu, buah satu ini juga mudah ditanam dalam pot. Ada tiga jenis stroberi yakni June-bearing, yang menghasilkan buah beberapa minggu setelah berbunga, everbearing yang menghasilkan tanaman lain di awal musim gugur dan day-neutral yang terus berproduksi hingga musim gugur.

Stroberi sulit tumbuh dari biji segar, oleh karena itu kalian harus membeli bibit stroberi yang siap tanam dari toko. Beri bibit jarak setidaknya 12 inci untuk memberi mereka ruang untuk tumbuh. Tanaman stroberi memiliki akar dangkal dan membutuhkan kelembaban sepanjang musim tanam. Potong tunas pertama untuk memastikan beri yang lebih besar dan lebih manis.

5. Daun Bawang


Daun Bawang

Daun bawang adalah tanaman yang tumbuh dengan cepat dan mudah dalam pot. Untuk menumbuhkan daun bawang, belilah umbi yang masih berakar. Tempatkan dalam toples dengan sekitar satu inci air selama kurang lebih satu minggu, untuk memungkinkan akarnya tumbuh, kemudian lepaskan hijau dan tanam batang putih di tanah.

Saat tanaman tumbuh kembali, tunas baru dapat dipanen dan diiris untuk resep. Bawang dapat ditanam dari biji, tetapi lebih cepat dan lebih mudah untuk membeli tanaman dari toko perkebunan. Setelah ditanam di pot, tanaman harus tetap lembab, cukup makan, dan di tempat yang cerah.

6. Paprika


Paprika

Menumbuhkan paprika untuk kebun dapur membutuhkan wadah besar dengan kedalaman sekitar 14 hingga 16 inci. Lubang drainase harus dibor sekitar seperempat inci dari bawah jika perlu. Tambahkan kerikil kasar, isi dengan tanah, dan tambahkan satu hingga tiga biji atau tanaman per pot. Paprika bisa tumbuh setinggi 3 kaki. Agar tanaman tetap tegak, pasangkan dengan sepotong bambu dan ikat longgar dengan benang.

Tumbuh dari biji, paprika membutuhkan waktu sekitar 70 hari untuk matang. Paprika khusus, seperti jalapenos dan paprika Cajun, membutuhkan waktu sekitar dua bulan untuk matang tetapi lebih kecil, sehingga lebih banyak tanaman yang masuk ke dalam setiap wadah. Paprika yang ditanam dari biji dapat dimulai di luar ruangan, tetapi sebagian besar perusahaan benih merekomendasikan untuk menanamnya di bawah lampu tumbuh.

7. Kacang Polong


Kacang Polong

Jenis kacang ini tumbuh jauh lebih mudah dibandingkan dengan varian lainnya dan sarat dengan vitamin. Jika kalian adalah seseorang yang sadar akan keindahan estetika kebun dapur, maka sayuran ini adalah sesuatu yang harus ditanam.

Hanya didalam selagi 2 bulan saja, kacang polong telah dapat kamu panen. Kacang polong dapat tumbuh pada media tanah langsung maupun pot. Terlebih lagi, langkah menanam kacang polong ini memadai ringan dilakukan.

8. Buah Sitrus


Buah Sitrus

Pohon buah sitrus seperti lemon, jeruk dan jeruk nipis dapat ditanam di teras yang cerah di musim panas dan dibawa masuk di musim dingin. Salah satu kunci untuk menanam pohon jeruk dalam pot adalah ukuran pot. Jangan meletakkan pohon kecil di pot besar. Sebaliknya, untuk pohon yang lebih sehat, gunakan wadah yang sedikit lebih besar dari bentuk akarnya.

Tanaman jeruk membutuhkan sedikit perawatan selama musim panas, tetapi selama musim dingin mereka harus dibuahi setiap dua minggu atau lebih, disiram seminggu sekali, dan disimpan pada suhu di atas 60 derajat. Pohon jeruk dapat ditanam dari biji, tetapi butuh waktu untuk pohon yang cukup besar untuk berkembang. Lebih baik membeli tanaman pot dari petani terkemuka.

Kalian juga bisa melihat beberapa jenis sayur yang mudah ditanam di rumah dan cepat panen dalam artikel ini. Intip juga yuk beberapa olahraga yang bisa kalian praktekan di rumah dalam artikel berikut.

You can share this post!

Related Posts