Pasien Corona di Korea Selatan Ternyata Lakukan Pemilu Lebih Awal
AP
Dunia

Komisi Pemilihan Umum Korea Selatan mendirikan tempat pemungutan suara di delapan titik tempat karantina pasien COVID-19, sehingga mereka dapat melangsungkan Pemilu tanpa meninggalkan tempat karantina.

WowKeren - Pandemi virus corona (COVID-19) di Korea Selatan rupanya membuat jadwal pemilu (pemilihan umum) di negara tersebut dipecah menjadi dua bagian. Pasalnya, ratusan pasien positif corona yang tengah menjalani karantina diminta untuk melakukan pemilu beberapa hari lebih awal dibandingkan jadwal pelaksanaan aslinya.

Dilansir AFP pada Sabtu (11/4), ada sebanyak 450 warga Korea Selatan yang menjalani karantina dengan fasilitas khusus akibat pandemi virus corona mulai memberikan hak suara pemilihan umum pada Jumat waktu setempat. Pelaksanaan Pemilu tersebut dilakukan lebih awal dari yang seharusnya dijadwalkan pada 15 April mendatang.

Dikutip dari CNN, Komisi Pemilihan Umum Korea Selatan mendirikan tempat pemungutan suara (TPU) di delapan titik tempat karantina pasien terkait COVID-19, yang diperuntukkan untuk pasien dengan gejala ringan, sehingga mereka dapat melangsungkan Pemilu tanpa meninggalkan tempat karantina.

Wakil Menteri Kesehatan Kim Gang-lip menyebut warga yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dan dilarang untuk keluar rumah akan diberikan waktu khusus agar tetap dapat memberikan hak suaranya pada Rabu (15/4). Lebih lanjut, Kim Gang-lip juga mengaku tercatat angka yang cukup tinggi dalam pemilu tahap awal yang dilaksanakan kali ini.


"Lebih dari 5,3 juta warga Korea Selatan memberikan suara mereka pada hari Jumat yang merupakan hari pertama dari periode pemilihan awal," kata Gang-lip dikutip dari kantor berita Korea Selatan, Yonhap.

Sebagai informasi tambahan, Korea Selatan sendiri menjadi negara dengan jumlah kasus COVID-19 terbanyak nomor dua di Asia, berada tepat di belakang Tiongkok. Namun negeri Ginseng itu disebutkan telah melakukan langkah antisipasi hingga kini penyebaran COVID-19 mulai menurun dan bahkan berangsur-angsur kembali normal.

Berdasarkan situs worldometers.info, hingga kini Korea Selatan telah mencatatkan sebanyak 10,480 kasus positif corona. Dari jumlah tersebut, 211 pasien dinyatakan meninggal dan 7,243 lainnya dikonfimasi sembuh.

Korea Selatan juga menjadi salah satu negara dengan tingkat kematian akibat COVID-19 paling rendah di dunia, jika dibandingkan dengan angka kasus yang dikonfirmasi. Saat ini, di Korea Selatan sendiri ada 3,026 kasus aktif yang masih ditangani.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait