Bill Gates Sebut Langkah Trump Hentikan Dana ke WHO Berbahaya
Dunia

Langkah Trump itu juga disayangkan oleh PBB pasalnya di tengah menghadapi pandemi yang mematikan ini seharusnya seluruh dunia bersatu padu untuk melawannya.

WowKeren - Pendiri Microsoft Bill Gates ikut buka suara menanggapi langkah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang memutuskan untuk menghentikan sementara dana untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Gates menilai apa yang dilakukan Trump tersebut berbahaya. Hal itu mengingat kondisi dunia saat ini yang tengah berjuang melawan pandemi virus corona (COVID-19).

Pasalnya, tugas WHO adalah berusaha untuk menekan penyebaran virus mematikan tersebut. Jika sumber dana mereka disetop maka tentu akan membuat kinerja terganggu. Menurut Gates, keberadaan WHO sangat penting bagi dunia terutama di tengah pandemi ini.

"Menghentikan pendanaan untuk WHO selama krisis kesehatan dunia sama berbahayanya seperti kedengarannya," kata Gates melalui akun Twitter pribadinya pada Rabu (15/4). "Jika pekerjaan itu dihentikan tidak ada organisasi lain yang bisa menggantikannya. Dunia sangat membutuhkan WHO."


Sebelumnya, Trump diketahui telah mengambil langkah untuk memutuskan pendanaan bagi WHO untuk sementara waktu. Langkah ini dengan segera menyita perhatian dunia. Menurut Trump, WHO tak cukup serius dalam menangani virus corona di Tiongkok sebelum akhirnya virus itu berkembang menjadi pandemi di seluruh dunia.

Keputusan itu pun disayangkan oleh PBB. Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menilai saat ini bukan waktu yang tepat untuk mengurangi pendanaan di tengah merebaknya pandemi corona di hampir seluruh dunia.

"Bukan waktunya untuk mengurangi sumber pendanaan untuk operasional WHO," kata Guterres seperti dilansir Reuters, Kamis (16/4). "Atau organisasi kemanusiaan lainnya yang berperang untuk melawan virus."

Sebaliknya, Guterres menilai jika semua negara harusnya bekerja sama untuk melawan pandemi ini agar segera berakhir. Sebab, virus corona telah menginfeksi hampir seluruh negara di dunia yang mana hal itu juga turut berdampak pada sektor lainnya. Seperti diketahui, virus tersebut telah menginfeksi lebih dari 2 juta penduduk dunia.

"Sekarang saatnya persatuan dan komunitas internasional untuk bekerja bersama," lanjut Guterres. "Dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru