Dananya Dihentikan Sementara oleh Trump, Begini Respons WHO
Dunia

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyayangkan sikap Trump tersebut. Menurutnya, saat ini bukan waktu yang tepat untuk mengurangi pendanaan di tengah ancaman pandemi

WowKeren - Perserikatan Bangsa Bangsa buka suara menanggapi keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump yang menghentikan sementara kucuran dana untuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyayangkan sikap Trump tersebut. Menurutnya, saat ini bukan waktu yang tepat untuk mengurangi pendanaan di tengah merebaknya pandemi corona di hampir seluruh dunia.

"Bukan waktunya untuk mengurangi sumber pendanaan untuk operasional WHO," kata Guterres seperti dilansir Reuters, Rabu (15/4). "Atau organisasi kemanusiaan lainnya yang berperang untuk melawan virus."

Sebaliknya, Guterres menilai jika semua negara harusnya bekerja sama untuk melawan pandemi ini agar segera berakhir. Sebab, virus corona telah menginfeksi hampir seluruh negara di dunia yang mana hal itu juga turut berdampak pada sektor lainnya.


"Sekarang saatnya persatuan dan komunitas internasional untuk bekerja bersama," lanjut Guterres. "Dalam solidaritas untuk menghentikan virus ini dan konsekuensinya yang menghancurkan."

Sebelumnya, Trump menginstruksikan pemerintahannya untuk menyetop sementara pendanaan bagi WHO. Sebab, ia menilai jika WHO tak cukup serius dalam menangani virus corona di Tiongkok sebelum akhirnya virus itu berkembang menjadi pandemi di seluruh dunia.

"Sebuah tinjauan dilakukan untuk menilai peran WHO dalam salah urus dan menutupi penyebaran virus corona," ujar Trump, Selasa (14/4).

Trump menilai bahwa WHO telah mencegah transparansi atas pandemi corona. Trump juga menyebut bahwa AS menyumbang USD 400 juta kepada WHO setiap tahunnya sedangkan Tiongkok "hanya memberikan sekitar USD 40 juta".

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait