Aman dan Tak Butuh Banyak Biaya, Ini 8 Bahan Alami yang Ampuh Atasi Mata Bengkak Karena Kurang Tidur
Lifestyle

Mata bengkak menjadi salah satu masalah yang cukup mengganggu penampilan. Untuk itu, sebaiknya segera atasi dengan menggunakan delapan bahan alami berikut ini.

WowKeren - Hampir setiap wanita menginginkan penampilan yang sempurna dan menarik. Namun ada beberapa hal yang bisa mengganggu penampilan, salah satunya adalah mata bengkak. Ada banyak faktor penyebab mata bengkak, yakni kurang tidur, stres, terlalu banyak menangis hingga dehidrasi.

Nah, apa kamu juga sedang mengalami masalah satu ini? Jika iya, sebaiknya tetap tenang dan jangan khawatir berlebihan. Sebab ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengempiskan mata bengkak. Penasaran apa sajakah itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Alpukat


Alpukat

Alpukat dikenal sebagai buah yang memiliki sejumlah manfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk mengatasi mata bengkak. Manfaat ini didapatkan dari kandungan vitamin K dan berbagai mineral penting yang dapat menyehatkan kulit, mengurangi kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata.

Ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan manfaatnya. Pertama, haluskan alpukat sampai menjadi bubur lalu oleskan di bawah mata dan diamkan selama 10 menit. Jika sudah, bilas sampai bersih dengan air hangat dan ulangi sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

2. Lidah Buaya


Lidah Buaya

Ada beberapa kandungan baik dalam lidah buaya yang ampuh untuk mengatasi mata bengkak yakni vitamin, mineral hingga enzim. Selain itu, lidah buaya juga mengandung berbagai sifat penting yang bisa membantu menenangkan dan menyehatkan area bawah mata sekaligus mengurangi kantung mata.

Caranya pengaplikasiannya pun sangat mudah. Pertama, ambil gel lidah buaya lalu aplikasikan di bagian bawah mata setelah bangun tidur. Cara ini ampuh untuk menenangkan nyeri dan tidak nyaman pada area mata sekaligus membantu mengurangi bengkak pada mata akibat kurang tidur.

3. Teh Hijau Celup


Teh Hijau Celup

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi mata bengkak adalah teh hijau celup. Perlu diketahui bahwa teh hijau memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi serta polifenol yang bermanfaat untuk menyehatkan area bawah mata, mengurangi mata bengkak serta lingkaran hitam.

Untuk melakukannya, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendinginkan kantong teh hijau selama 10 menit. Lalu letakkan kantong tersebut di sekitar mata. Diamkan sampai sedikit hangat lalu angkat dan bilas wajah sampai bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini 1-2 kali sehari ya.

4. Air Mawar


Air Mawar

Khasiat air mawar untuk kecantikan sudah tidak perlu diragukan lagi. Air mawar memiliki sifat astringen yang berguna untuk mengencangkan area di bawah mata, mengurangi bengkak pada mata dan menenangkan otot-otot di sekitar mata.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pertama-tama simpan botol air mawar di dalam lemari es. Lalu ambil dua potong kapas dan rendam di dalam air mawar yang dingin. Setelah itu, aplikasikan kapas tersebut di area mata setelah bangun tidur. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Tomat


Tomat

Bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi mata bengkak akibat kurang tidur adalah tomat. Hal ini dikarenakan tomat mengandung antioksidan, vitamin A, B dan C yang dapat membantu meregenerasi kulit kusam agar bisa kembali cerah. Karena itulah tomat juga ampuh untuk menghilangkan kantung mata bahkan yang warnanya menghitam sekalipun.

Pertama, siapkan satu buah tomat segar dan matang, lebih baik jika kamu meletakkannya di kulkas terlebih dulu. Setelah itu potong menjadi dua bagian dan iris tipis bagian tengahnya menjadi dua irisan. Lalu letakkan irisan tersebut di area mata yang bengkak dan diamkan selama 10-15 menit. Jika sudah, bilas wajah dengan air sampai bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin sebanyak tiga kali seminggu.

6. Kentang


Kentang

Kamu juga bisa menggunakan kentang untuk mengatasi mata bengkak akibat terlalu sering begadang. Kentang memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengurangi kantung mata. Tak hanya itu, berbagai bahan alami di dalamnya juga bisa mencerahkan kulit dan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menghaluskan kentang dengan blender lalu rendam kapas di dalamnya. Jika sudah, letakkan kapas tersebut di area mata yang bengkak dan diamkan selama 15 menit. Terakhir, bilas wajah sampai benar-benar bersih. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali seminggu.

7. Mentimun


Mentimun

Mentimun mampu mengurangi pembengkakan, menenangkan kulit serta merangsang aktivitas antioksidan di kulit. Hal ini dikarenakan mentimun kaya akan vitamin C dan asam folat yang baik untuk kulit. Vitamin C dapat membantu pertumbuhan sel baru di kulit. Sedangkan asam folat merangsang antioksidan yang akan membantu kulit melawan racun penyebab mata bengkak.

Cara menggunakannya sangat mudah. Pertama, potong 3-4 mentimun lalu dinginkan selama setengah jam. Setelah itu, kompres mata dengan potongan mentimun tadi selama beberapa menit. Lakukan perawatan ini sebanyak 2-3 kali dalam seminggu agar hasilnya bisa maksimal.

8. Larutan Air Garam


Larutan Air Garam

Bahan alami berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi mata bengkak adalah garam. Natrium yang ada di dalamnya mampu mengekstrak cairan di bawah mata sehingga efektif mengurangi bengkak dan mengencangkan kulit di sekitar mata.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pertama tambahkan setengah sendok garam ke dalam satu gelas air hangat lalu aduk sampai rata. Setelah itu rendam kapas dalam larutan tersebut dan letakkan di area mata selama 10 menit. Ulangi cara ini 1-2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian delapan bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi mata bengkak yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang bisa membantu mengatasi kulit kering. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi vagina yang gatal.



You can share this post!


Related Posts