Murah dan Berkhasiat, Ini 8 Bahan Alami yang Ampuh Banget Buat Atasi Vagina Gatal
Health

Rasa gatal pada vagina kerap dialami oleh para wanita. Jika masalah ini mengganggumu, tetap tenang dan jangan cemas berlebihan. Karena ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengatasinya.

WowKeren -

Miss V atau vagina adalah salah satu area yang sangat sensitif bagi wanita. Karena itu jika terjadi masalah pada bagian ini, misalnya gatal, pasti akan membuat wanita merasa sangat tidak nyaman.

Gatal pada vagina sendiri memang masalah yang kerap dialami wanita. Gangguan ini biasanya disebabkan oleh bakteri, jamur atau parasit rasa gatal. Jika masalah ini terjadi padamu, tetap tenang dan jangan cemas berlebihan.

Hal ini dikarenakan ada beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut. Mau tahu apa saja bahan alami itu? Langsung saja simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Gunakan Cuka Sari Apel Untuk Mengatasi Vagina yang Gatal


Gunakan Cuka Sari Apel Untuk Mengatasi Vagina yang Gatal

Bahan alami pertama yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi vagina yang gatal adalah cuka sari apel. Hal ini disebabkan karena cuka sari apel mengandung anti bakteri dan anti jamur. Selain itu, cuka sari apel juga mampu membuat vagina menjadi asam, sehingga bakteri tidak akan bisa berkembang.

Cara mengaplikasikannya pun cukup mudah. Pertama ambil dua sendok makan cuka sari apel. Lalu campurkan dengan air hangat. Setelah itu cucikan pada vagina sebanyak dua kali sehari. Lakukan hal ini secara rutin, agar masalah pada organ kewanitaanmu cepat menghilang.

2. Garam, Bahan Alami yang Ampuh Banget Buat Atasi Vagina Gatal


Garam, Bahan Alami yang Ampuh Banget Buat Atasi Vagina Gatal

Garam adalah bahan alami berikutnya yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi vagina yang gatal. Hal ini disebabkan karena bahan dapur satu ini memiliki sifat anti bakteri yang ampuh dalam mengatasi jamur maupun bakteri di vagina.

Cara menggunakannya pun sangatlah mudah. Kamu hanya harus mencuci vagina dengan air garam setiap kali merasa gatal. Selain membasmi jamur dan bakteri, garam juga berguna untuk mencegah berkembangnya bakteri di area vagina loh.

3. Atasi Vagina yang Gatal dengan Menggunakan Bawang Putih, Dijamin Ampuh Banget


Atasi Vagina yang Gatal dengan Menggunakan Bawang Putih, Dijamin Ampuh Banget

Masih berhubungan dengan bumbu dapur, bawang putih juga sangat berkhasiat untuk mengatasi vagina yang gatal. Aromanya memang sedikit kurang sedap, namun bawang putih sangat efektif dalam mengatasi gatal akibat infeksi kuman.

Selain bersifat antibiotik, bawang putih juga bersifat antikuman karena mengandung alisin. Sementara itu, sifat antibakterinya ampuh meredakan infeksi di kulit serta vulva. Karena itu sebaiknya gunakan bawang putih dalam setiap masakan. Atau kamu juga bisa mengkonsumsi irisan bawang putih segar hingga 2-3 buah setiap harinya. Jika kamu lakukan secara rutin, rasa gatal di organ intim akan hilang dan sistem kekebalan tubuhmu juga akan semakin kuat.

4. Perbanyak Konsumsi Yoghurt Jika Ingin Rasa Gatal di Vagina Menghilang


Perbanyak Konsumsi Yoghurt Jika Ingin Rasa Gatal di Vagina Menghilang

Yoghurt murni selain memiliki rasa yang enak juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi vagina yang gatal. Yoghurt murni memiliki zat aktif yang dapat menghilangkan bakteri jahat dan menambah bakteri baik pada organ intim.

Kamu hanya perlu mengkonsumsi yoghurt murni tanpa pemanis setiap hari untuk mengatasi vagina yang gatal. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, kamu bisa mengoleskannya langsung pada vagina. Biarkan hingga dua jam, setelah itu bilas dengan air bersih.

5. Sembuhkan Gatal Pada Vagina dengan Menggunakan Minyak Esensial


Sembuhkan Gatal Pada Vagina dengan Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial adalah bahan alami selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi vagina yang gatal. Hal ini dikarenakan minyak esensial ampuh untuk menyembuhkan infeksi jamur pada vagina. Selain itu, minyak ini juga bisa mempertahankan keseimbangan bakteri pada organ intim wanita.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa membelinya di apotek-apotek terdekat. Sedangkan untuk penggunaannya, campur beberapa tetes minyak esensial dengan minyak kelapa lalu aplikasikan pada vagina. Lakukan hal ini secara rutin dan ingat jangan pernah mencoba untuk meminumnya ya.

6. Minyak Kelapa Juga Ampuh Atasi Infeksi Jamur Pada Vagina Loh!


Minyak Kelapa Juga Ampuh Atasi Infeksi Jamur Pada Vagina Loh!

Minyak kelapa murni dikenal sebagai bahan alami yang sangat ampuh mengatasi berbagai gangguan kulit pada vagina. Hal ini disebabkan karena minyak kelapa mengandung asam lemak yang dapat menenangkan kulit gatal serta antimikroba yang berfungsi untuk mengatasi infeksi.

Kandungan asam laurat di dalamnya juga ampuh menghambat pertumbuhan infeksi bakteri sekaligus menutrisi kulit yang rusak akibat eksim. Menariknya lagi, minyak kelapa juga mampu melembabkan organ intim yang kering.

Cara menggunakannya pun sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mengoleskan minyak kelapa di area vagina yang gatal. Setelah itu bilas organ intim dengan menggunakan air hangat. Keringkan dengan benar sebelum menggunakan pakaian dalam. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan merendam tampon ke dalam minyak kelapa murni yang sudah diencerkan, lalu diamkan selama 8 jam atau semalaman.

7. Kompres Vagina dengan Air Dingin Jika Ingin Menghentikan Rasa Gatalnya


Kompres Vagina dengan Air Dingin Jika Ingin Menghentikan Rasa Gatalnya

Rasa gatal pada vagina biasanya paling sering muncul di malam hari. Sehingga selain mengganggu waktu tidur, masalah ini juga akan membuat para wanita merasa lelah karena harus menghentikan rasa gatalnya. Jika itu terjadi, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan air dingin. Hal ini disebabkan karena suhu dingin dapat membuat kebas vagina yang gatal dan mengurangi bengkak serta radang.

Untuk melakukannya, kamu harus memasukkan beberapa bongkah es batu ke dalam plastik lalu bungkus dengan kain bersih. Letakkan itu di vagina selama beberapa menit. Beri jeda selama 10 menit sebelum melakukannya lagi. Lakukan beberapa kali sehari hingga sensasi gatalnya menghilang.

8. Tea Tree Oil, Bahan Alami yang Ampuh Banget Buat Atasi Vagina Gatal


Tea Tree Oil, Bahan Alami yang Ampuh Banget Buat Atasi Vagina Gatal

Bahan alami lainnya yang ampuh untuk mengatasi vagina gatal adalah tea tree oil. Hal ini dikarenakan tea tree oil bersifat antibakterial, antijamur dan antiradang. Tea tree oil juga memiliki komponen bernama terpinen-4-ol yang efektif mengatasi kuman penyebab infeksi.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi vagina gatal dengan tea tree oil. Pertama campur beberapa tetes tea tree oil dengan air hangat lalu gunakan untuk membilas vagina setiap hari. Selain itu kamu juga bisa menambahkan beberapa tetes tea tree oil pada tampon yang sudah direndam minyak kelapa lalu diamkan selama 30-60 menit.

Demikian delapan bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi vagina gatal. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai tips menjaga organ intim kewanitaan agar tetap bersih dan terhindar dari virus. Selain itu kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang ampuh sembuhkan diare.

You can share this post!

Related Posts