10 Bahan Alami dan Mudah Ditemukan yang Ampuh Sembuhkan Diare
Health

Diare merupakan penyakit yang cukup mengganggu. Intip yuk 10 obat alami untuk mengatasi penyakit satu ini.

WowKeren - Diare merupakan penyakit yang ditandai dengan buang air besar cair atau lembek. Penyakit ini umum terjadi pada anak-anak maupun dewasa. Rata-rata orang dewasa sendiri mengalami 4 kali setahun.

Penyakit satu ini juga cukup menyusahkan karena penderitanya tidak bisa beraktivitas secara normal. Mereka akan bolak-balik ke toilet karena hasrat BAB yang datang terus menerus. Penderita diare juga biasanya mengalami demam, kehilangan nafsu makan, sakit kepala dan lainnya.

Karena sangat mengganggu, diare tentunya harus segera diatasi. Tak perlu repot-repot ke dokter untuk membeli obat yang mahal. Banyak bahan alami yang dapat kita gunakan untuk menyembuhkan diare. Simak ulasannya di bawah ini.

(wk/nris)

1. Sembuhkan Diare dengan Larutan Oralit


Sembuhkan Diare dengan Larutan Oralit

Larutan oralit sudah menjadi salah satu resep lama yang digunakan untuk mengatasi diare. Larutan ini bisa menjadi pertolongan pertama bagi kalian yang terkena diare. Oralit dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare sehingga tubuh tidak akan terlalu lemas.

Kini banyak oralit yang dijual di apotek. Namun kalian bisa, kok membuatnya sendiri di rumah. Cukup mencampurkan setengah sendok teh garam halus dengan dua sendok teh gula di dalam air hangat. Cara meminumnya juga tidak boleh langsung dihabiskan. Minum kira-kira 2 hingga 3 tegukan. Kemudian berhenti selama kurang lebih 3 menit. Lakukan hingga larutan tersebut habis.

2. Campurkan Kunyit dan Madu untuk Mengatasi Diare


Campurkan Kunyit dan Madu untuk Mengatasi Diare

Kunyit merupakan tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya adalah diare. Kunyit mengandung zat aktif kurkumin yang merupakan antioksidan kuat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Cara penggunaannya beragam. Salah satu yang paling populer adalah dengan diseduh. Pertama, kupas dan bersihkan kunyit kemudian parut dan tambahkan air matang. Peras air kunyit, diamkan dam ambil bagian beningnya. Tambahkan madu untuk memperkaya rasa. Kalian juga bisa merebus kunyit dalam air lalu meminumnya.

3. Manfaat Air Kelapa untuk Menyembuhkan Diare


Manfaat Air Kelapa untuk Menyembuhkan Diare

Air kelapa mengandung zat elektolit yang bisa membantu menggantikan cairan tubuh serta membunuh bakteri penyebab penyakit diare. Air kelapa telah digunakan sejak lama untuk mengobati penyakit ini karena terbukti ampuh. Kalian cukup mengonsumsi air kelapa murni tanpa tambahan apapun.

4. Obati Diare dengan Teh Kental yang Pahit


Obati Diare dengan Teh Kental yang Pahit

Obat yang ampuh untuk mengobati diare selanjutnya adalah teh kental yang pahit. Teh kental mengandung tannin yang cukup tinggi sehingga dapat digunakan untuk mengobati diare. Resep ini juga sudah digunakan sejak lama, lho.

Pembuatannya juga cukup mudah. Tinggal seduh teh dengan menggunakan air panas. Untuk menjaga kekentalannya, jangan tambahkan air terlalu banyak. Tunggu hingga beberapa menit kemudian saring atau buang kantong teh. Kalian bisa menambahkan madu sedikit. Hindari penggunaan pemanis gula.

5. Seduhan Jahe untuk Menyembuhkan Diare


Seduhan Jahe untuk Menyembuhkan Diare

Jahe juga dikenal dapat mengatasi diare. Jahe memiliki sifat anti inflamasi yang dapat menenangkan perut akibat diare atau iritasi serta melancarkan pencernaan.

Cara membuatnya juga mudah. Kalian bisa memarut jahe atau sekedar mengirisnya kemudian seduh dengan air panas. Diamkan beberapa menit lalu minum airnya. Lakukan secara rutin agar cepat merasakan manfaatnya.

6. Yogurt Sangat Baik Dikonsumsi Saat Diare


Yogurt Sangat Baik Dikonsumsi Saat Diare

Yogurt merupakan makanan yang mengandung probiotik tinggi yang baik untuk mengatasi diare. Sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of American Medical Associationpada 2009 menemukan bahwa probiotik yang ada dalam yogurt dapat membantu mengurangi diare yang disebabkan karena penggunaan antibiotik dan infeksi bakteri.

Untuk penggunaannya, kalian harus mengonsumsi yogurt yang tidak memiliki pemanis buatan alis plain yogurt. Madu juga bisa dicampurkan untuk memperkaya rasa.

7. Jambu Biji Telah Banyak Dimanfaatkan untuk Obat Diare


Jambu Biji Telah Banyak Dimanfaatkan untuk Obat Diare

Mungkin kalian sudah tak asing dengan pemanfaatan jambu biji untuk mengobati diare. Kini sudah banyak sekali obat diare di apotek yang memanfaatkan daun jambu biji sebagai bahan dasarnya. Pasalnya, penelitian membuktikan bahwa tanaman ini mengandung tanin sebesar 17% baik di daun atau pun buahnya.

Kalian bisa mengonsumsi langsung buah jambu biji atau membuatnya menjadi jus tanpa gula untuk menyembuhkan diare. Selain itu, kalian bisa merebus 3 lembar daun jambu biji muda lalu mengonsumsi airnya secara rutin.

8. Konsumsi Pisang untuk Mengatasi Diare


Konsumsi Pisang untuk Mengatasi Diare

Pisang merupakan buah yang mengandung serat tinggi. Lantas mengapa dianjurkan untuk mengobati diare? Hal tersebut lantaran pisang mengandung pektin yang membuat kotoran jadi keras. Banyak vitamin di dalamnya yang membantu memulihkan tenaga.

9. Sup Wortel Baik Bagi Penderita Diare


Sup Wortel Baik Bagi Penderita Diare

Sup wortel diketahui memiliki efek antidyspeptic. Sup ini sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita diare untuk mengembalikan nutrisi dan tenaga yang hilang.

Memasak sup wortel cukup sederhana, kok. Kalian tinggal memotong wortel sesuai selera. Kemudian rebus dengan air selama sekitar 15 menit. Jangan lupa tambahkan gara sebagai perasa. Konsumsi sup wortel ketika sarapan dan sebelum tidur agar hasilnya maksimal.

10. Dauh Sirih Mengobati Diare Secara Alami


Dauh Sirih Mengobati Diare Secara Alami

Khasiat daun sirih sebagai antibiotik memang sudah tidak diragukan lagi. Daun sirih juga mengandung kavikol yang memiliki kemampuan membunuh bakteri lima kali lipat dari fenol biasa. Kandungan tannin di dalamnya juga baik untuk mencegah diare.

Untuk penggunaan daun sirih, kalian membutuhkan bahan lainnya seperti minyak kelapa dan lada. Haluskan 6 lembar daun sirih, 6 butir lada dan 1 sendok makan minyak kelapa. Lalu usapkan pada perut untuk mengurangi rasa sakit di perut akibat diare.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait