Intip 8 Ide Dekorasi Menarik Ini Untuk Membuat Suasana di Rumah Jadi Lebih Hangat Saat Lebaran
SerbaSerbi
Idul Fitri 2020

Agar suasana lebaran semakin kental, tak ada salahnya untuk mendekorasi rumah dengan semenarik mungkin. Berikut beberapa ide dekorasi rumah yang bisa kamu terapkan untuk memeriahkan suasana lebaran.

WowKeren - Tak lama lagi umat Muslim akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Karena lebaran identik dengan momen berkumpul dengan keluarga, rasanya kurang lengkap jika tidak mendekorasi rumah menjadi semenarik mungkin. Sebab dengan begitu, suasana lebaran di rumah bisa lebih nyaman, hangat dan menyenangkan.

Untuk mendekorasi rumah, kamu tak perlu mengeluarkan banyak biaya karena yang terpenting adalah bagaimana cara dalam mengkreasikannya. Dengan beberapa bahan sederhana yang dijual dengan harga murah, kamu bisa mengubah tampilan rumah menjadi lebih meriah saat lebaran.

Nah bagi kamu yang belum terpikirkan ide dekorasi rumah untuk lebaran, sebaiknya simak artikel ini. Sebab tim WowKeren akan menghadirkan beberapa rekomendasi dekorasi lebaran sederhana yang layak ditiru. Penasaran apa saja itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Hiasan Dinding Sederhana


Hiasan Dinding Sederhana

Ide dekorasi pertama yang layak kamu terapkan saat lebaran adalah hiasan dinding sederhana. Bahan yang diperlukan tidaklah banyak, yakni tulisan bertema Idul Fitri seperti "Selamat Idul Fitri" atau "Happy Eid Mubarak" beserta hiasan bulan, bintang atau masjid. Jika tak ingin membelinya, kamu bisa kok membuatnya sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang ada. Dan agar tidak terlalu mengotori dinding, gunakan tali untuk menempelkan setiap huruf.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan ornamen ketupat yang memang identik dengan lebaran. Saat lebaran, keluarga di rumah biasanya akan membuat ketupat untuk dimakan bersama. Nah jika ada sisa anyamannya, kamu bisa menggunakannya untuk hiasan dinding atau di berbagai sudut rumah. Tapi jika ingin lebih awet, kamu bisa menggunakan pita dan menganyamnya menjadi ketupat.

2. Bunga Hias


Bunga Hias

Bunga hias juga bisa kamu manfaatkan sebagai dekorasi rumah saat lebaran tiba. Cukup letakkan pot berisi bunga hias di berbagai sudut ruangan untuk memberikan nuansa asri dan tenang di berbagai sudut rumah. Dengan begitu, suasana berkumpul bersama keluarga akan jadi lebih meriah dan berwarna.

Tidak ada ketentuan bunga apa yang wajib ada saat lebaran, namun umumnya orang-orang menggunakan bunga sedap malam berwarna putih karena wanginya yang segar dan semerbak. Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikan vas bunga dengan jeruk nipis yang diiris tipis dengan bunga matahari. Ide ini akan menimbulkan kesan cerah dan aroma segar di dalam ruangan.

3. Kaligrafi


Kaligrafi

Jika kamu memiliki kaligrafi di rumah, sebaiknya tonjolkan di ruang tamu. Ganti lukisan lain di ruang tamu dengan lukisan kaligrafi berlafalkan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW. Kamu juga bisa menggunakan kaligrafi kalimat lain seperti Hamdalah maupun kalimat salam.

Jika kamu tidak memiliki lukisan kaligrafi, kamu juga bisa kok membuatnya sendiri atau mencarinya di internet. Cetak kaligrafi yang kamu temukan di internet di atas kanvas lalu pajang dengan bingkai berwarna perak atau emas. Selain terlihat simpel dan estetik, hiasan kaligrafi juga akan membuat ruangan lebih teduh saat lebaran.

4. Bantalan Sofa dan Keset Bertema Lebaran


Bantalan Sofa dan Keset Bertema Lebaran

Agar suasana lebaran semakin terasa, letakkan bantal bertuliskan "Selamat Idul Fitri" di sofa ruang tamu. Jika tidak memilikinya, kamu bisa membuatnya sendiri. Buat tulisan bertema lebaran dari kain flanel, lalu tempel dengan lem di permukaan bantal.

Selain bantal, kamu juga bisa menghadirkan keset bertema Idul Fitri di dalam rumah. Apalagi keset biasanya akan digunakan oleh keluarga atau tamu yang datang. Tapi jangan sampai salah ya, keset bertema lebaran pastinya bukan yang bertuliskan lafadz Allah dan Nabi Muhammad SAW.

5. Fanoos Atau Lampion Toples Kaca Bertema Islam


Fanoos Atau Lampion Toples Kaca Bertema Islam

Suasana malam saat lebaran akan semakin menyala jika kamu menambahkan lentera Ramadan atau Fanoos Ramadan. Kamu bisa meletakkan lentera ini di sudut ruangan, meja tamu, meja makan atau di langit-langit untuk memunculkan suasana lebaran yang lebih sakral.

Tapi jika tidak memilikinya, kamu juga bisa membuat lentera serupa kok. Buat lentera tersebut dari toples kaca bekas yang bagian luarnya ditempel dengan gambar siluet masjid. Jika sudah dihias, letakkan lampu kecil atau lilin di bagian dalamnya agar bisa menyala layaknya lentera.

6. Sajian Kue dengan Toples Cantik


Sajian Kue dengan Toples Cantik

Saat lebaran, kita biasanya akan meletakkan berbagai kue di meja di ruang tamu. Agar suasananya lebih estetik, sebaiknya letakkan kue kering di dalam toples cantik yang telah dihias. Cukup letakkan tulisan bertema Idul Fitri di permukaan tutupnya. Kamu juga bisa menambahkan pita warna-warni agar tampilannya menjadi semakin manis.

Selain itu, kamu juga bisa meletakkan irisan buah yang telah dihias di meja tamu. Letakkan beberapa jenis buah ke sebuah piring atau mangkuk cantik. Kreasikan sendiri agar buah tersebut bisa terlihat menarik. Dengan begitu, kamu bisa menghias rumah sekaligus menghadirkan sajian yang lezat dan sehat.

7. Hiasan Pintu Untuk Menyambut Tamu


Hiasan Pintu Untuk Menyambut Tamu

Tak hanya memasang dekorasi di dalam rumah, bagian luar rumah sebaiknya juga diperhatikan. Untuk menyambut kerabat dekat, sebaiknya pasang door wreath buatan sendiri di pintu masuk rumah. Kamu bisa menggunakan kain, bunga dan tulisan sederhana bertemakan lebaran.

Selain itu, kamu juga bisa menghias jendela polos rumah dengan gantungan lampu LED dan dekorasi bertema Idul Fitri. Saat malam, gemerlap lampu tersebut akan mengubah suasana membosankan jadi lebih cantik dan estetik. Dengan begitu, suasana lebaranmu bersama keluarga jadi lebih hangat.

8. Dekorasi Ruang Keluarga Maroko


Dekorasi Ruang Keluarga Maroko

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, lebaran identik dengan momen berkumpul bersama keluarga. Meskipun di tengah Wabah Corona hanya keluarga inti yang bisa berkumpul, tak ada salahnya untuk membuat suasana rumah semeriah mungkin. Jika kamu menginginkan kesan yang berbeda, kamu bisa menerapkan dekorasi lebaran ala Maroko yang identik dengan banyak motif dan warna yang berani.

Untuk menghias ruang keluarga ala Maroko, kamu bisa memadukan perabotan lama dengan sejumlah ornamen khas seperti karpet dengan pola mencolok, lampu serta bantal hias yang bisa menghasilkan kesan mewah dan unik di dalam rumah. Dengan begitu, momen berkumpul bersama keluarga pasti akan lebih seru.

Demikian delapan ide dekorasi lebaran yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai makanan lezat dan nikmat yang cocok disantap bersama keluarga saat lebaran. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips agar tubuh tetap sehat dan bugar saat lebaran.

You can share this post!

Related Posts