Dijamin Cocok Untuk Orang Terkasih, 7 Tips Ini Bakal Bantu Kalian Pilih Parcel Lebaran
Lottemart/UCHII
SerbaSerbi

Jenis parcel atau hampers sangat banyak, ada yang berisi makanan dan ada yang berisi barang. Harganya juga cukup beragam, mahal atau murahnya tergantung pada isi parcel. Namun nyatanya, memilih parcel tak semudah yang dibayangkan loh.

WowKeren - Parcel atau hampers memang enggak bisa dipisahkan dari tradisi lebaran. Parcel ini biasanya berupa bingkisan yang dikirimkan ke beberapa orang terdekat baik keluarga, rekan kerja atau orang terkasih. Tujuannya yakni untuk saling mengeratkan silaturahmi dan bukti kasih sayang terhadap teman, sahabat, kolega, hingga keluarga.

Jenis parcel atau hampers sangat banyak, ada yang berisi makanan dan ada yang berisi barang. Harganya juga cukup beragam, mahal atau murahnya tergantung pada isi parcel. Namun nyatanya, memilih parcel tak semudah yang dibayangkan loh.

Kalian wajib memilih parcel lebaran dengan cermat dan selektif agar nantinya tidak mengecewakan atau meninggalkan kesan buruk pada sang penerima parcel. Buat kalian yang masih bingung ingin membeli parcel seperti apa, berikut tim WowKeren rangkum 7 tips yang bisa kalian ikuti. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Sesuaikan Jenis Parcel Dengan Penerima


Sesuaikan Jenis Parcel Dengan Penerima
UCHII

Memilih antara mengirim parcel Lebaran berisi makanan atau barang terkadang cukup membingungkan. Semua parsel diatur sedemikian rupa agar menarik, tetapi Anda harus mempertimbangkan siapa penerimanya. Agar lebih pas, sesuaikanlah isi parsel kalian dengan orang yang akan menerimanya.

Contohnya, jika ingin memberikan untuk atasan, kalian bisa memilih isi parcel yang lebih banyak. Anda dapat mengajak teman kerja untuk patungan dalam memberikan parcel tersebut. Bagi para wanita yang sudah menikah, mendapatkan peralatan makan juga terdengar menarik. Akan lebih menarik jika kalian memberikan peralatan makan dengan desain yang disukainya.

2. Perhatikan Tanggal Kadaluarsa


Perhatikan Tanggal Kadaluarsa

Hal penting selanjutnya yang harus kamu perhatikan sebelum membeli parcel adalah pastikan tanggal kadaluarsanya masih lama, minimal satu tahun. Hal ini untuk menghindari si penerima parcel terburu-buru harus memakan parcel yang kamu berikan. Sebab, bisa saja si penerima parcel menerima beberapa parcel pada lebaran tahun ini.

Karena parcel dijual dalam bentuk paket yang berisi beberapa jenis makanan, pastikan kalian mengecek satu per satu tanggal kadaluarsa makanan tersebut. Akan lebih baik lagi kalau kalian membeli di tempat yang sudah terpercaya atau memilih isi parcel sendiri.

3. Cek Label Halal


Cek Label Halal

Tips lain dalam memilih parcel lebaran yakni memperhatikan dengan baik seluruh isi parcel sebelum memutuskan untuk membelinya. Selektiflah dalam memilih dan jangan ragu untuk menanyakannya langsung kepada penjual terkait isi di dalam parcel tersebut.

Keberadaan logo halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada produk makanan dan minuman juga patut untuk diperhatikan, apalagi penerima parcel adalah seorang muslim. Jika ada produk dalam parcel yang belum mendapat label halal tersebut, lebih baik ganti dengan produk yang lain.

4. Pastikan Kemasan Isi Parcel Tak Rusak


Pastikan Kemasan Isi Parcel Tak Rusak

Beragamnya makanan dan minum yang berasal dari Malaysia, Tiongkok dan Korea yang masuk ke Indonesia membuat kamu wajib mengamati kandungan bahan yang ada pada setiap isi produk. Hal ini untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan kepada penerima parcel.

Penampilan fisik kemasan juga patut diperiksa. Jangan sampai terjadi kebocoran atau kerusakan pada produk yang ada. Produk-produk seperti kaleng atau plastik sering kali menggembung dan mengalami kebocoran. Hal ini juga sebagai indikasi bahwa bagian dalam makanan sudah rusak atau tidak seperti baru lagi.

5. Perhatikan Waktu dan Keamanan Pengiriman Parcel


Perhatikan Waktu dan Keamanan Pengiriman Parcel

Memberikan parsel Lebaran merupakan kesempatan untuk bersilaturahmi secara langsung. Namun, kondisi pandemi seperti ini membuat kalian tidak dapat berkunjung langsung. Tetapi kalian masih bisa mengirimkan parcel tersebut melalui ekspedisi.

Saat ingin mengirim parcel melalui ekspedisi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, pastikan dahulu jenis pengiriman yang disediakan oleh penjual online, terutama jika kalian ingin mengirimkan parsel ke luar kota. Beberapa penjual hanya dapat mengirimkan barang melalui kurir instan seperti ojek online. Jika demikian, parcel tersebut hanya dapat diterima oleh orang yang tinggal di kota yang sama dengan penjual.

6. Bandingkan Harga Parcel Di Pasaran


Bandingkan Harga Parcel Di Pasaran
Shopee

Penentuan harga parcel atau hampers kerap ditentukan dari jenis isi, desain, dan aksesoris kemasan. Para penjual parcel lebaran pun juga akan memberikan harga yang berbeda.

Belilah parcel yang harganya tidak melampaui harga total isi parcel. Jangan pernah tergiur dengan harga parcel yang terlalu murah dan pastikan dirimu membeli parcel lebaran di toko yang telah terpercaya. Satu lagi, hindari membeli parcel di kios dadakan untuk menghindari hal-hal yang tidak sesuai.

7. Beli Parcel Di Toko Terpercaya


Beli Parcel Di Toko Terpercaya

Belilah Parcel di Toko yang sudah terpercaya di daerah tempat kalian tinggal. Pastikan menanyakan pada penjual apakah tokonya didatangi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau tidak. Karena kalau mereka menjawab berarti bisa dipercaya, tapi kalau tidak, biasanya mereka tidak merakit sendiri, atau bisa jadi tumpangan jualan orang lain.

Hindari produk impor yang tidak diketahui entah dari komposisinya atau dari negaranya. Belilah produk impor yang sudah kalian ketahui sebelumnya, atau kalau mau yang lebih baik beli produk lokal saja.

Intip juga yuk beberapa tips agar tubuh tetap sehat dan bugar saat lebaran dalam artikel berikut. Simak juga yuk beberapa tips untuk menstabilkan keuangan kalian yang seret sehabis lebaran di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait