Jangan Dibiasakan, 7 Dampak Buruk Ini Bakal Kamu Dapatkan Jika Duduk dengan Posisi Menyilangkan Kaki
Health

Duduk dengan menyilangkan kaki memang akan membuat seseorang terlihat lebih elegan. Namun di balik itu ada beberapa bahaya yang mengintai kesehatan seperti berikut ini.

WowKeren - Salah satu posisi duduk yang sering kita lakukan adalah duduk menyilang. Selain dianggap terlihat anggun dan elegan, posisi ini juga kerap membuat kita merasa nyaman. Bahkan posisi duduk ini juga akan mendukung postur tubuh kita menjadi lebih tegak.

Karena itulah ada banyak orang yang baik tanpa sadar maupun tidak, duduk dengan cara tersebut. Dilansir dari boldsky.com, sebuah penelitian membuktikan bahwa lebih dari 60 persen dari populasi umum, khususnya kaum wanita, mengklaim bahwa mereka duduk bersila karena merasa posisi itu nyaman.

Namun di balik manfaatnya itu, ada beberapa dampak buruk yang mengintai jika kita terlalu sering duduk dengan posisi menyilangkan kaki. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Menyebabkan Leher dan Punggung Kelelahan


Menyebabkan Leher dan Punggung Kelelahan

Jika kamu berpikir duduk dengan posisi kaki menyilang itu nyaman, sebaiknya pikirkan sekali lagi. Pasalnya posisi ini dapat menyebabkan masalah di area pinggul yang akan berefek bagi tulang belakang. Hal ini disebabkan oleh adanya tekanan lutut bagian bawah yang akan membuat tulang panggul memutar sehingga menekan punggung bagian bawah hingga leher.

Semakin lama kamu duduk dengan kaki menyilang, maka akan semakin besar tekanan pada tulang belakang. Akibatnya, leher dan punggung pun akan terasa semakin lelah. Karena itulah sebaiknya hentikan kebiasaan ini dan lebih baik duduk dengan posisi sempurna, dengan lutut dan tumit membentuk sudut 90 derajat. Dengan begitu, keseimbangan tulang belakang akan terjaga sehingga leher dan punggung tidak mudah terasa lelah.

2. Meningkatkan Tekanan Darah


Meningkatkan Tekanan Darah

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi, maka duduk dengan posisi kaki menyilang bisa menjadi bumerang bagimu. Pasalnya menyilangkan kaki saat duduk ternyata dapat membuat tekanan darah meningkat secara temporer.

Hooman Madyoon, seorang kardiologis dari Cedar Sinai Medical Center mengatakan bahwa darah di kaki harus dipompa ke jantung melawan gravitasi. Proses ini sudah membutuhkan upaya keras, namun ketika salah satu kaki menyilang ke kaki lainnya, akan terjadi hambatan dalam aliran darah. Akibatnya, tubuh harus meningkatkan tekanan darah untuk mendorong darah kembali ke jantung. Mungkin gejalanya tidak terasa di awal, namun akan cukup menyakitkan jika kebiasaan ini berlangsung dalam waktu yang lama.

3. Berpengaruh Buruk pada Saraf Kaki


Berpengaruh Buruk pada Saraf Kaki

Duduk dengan menyilangkan kaki juga dapat berpengaruh buruk pada saraf kaki itu sendiri. Menyilangkan kaki akan memberikan tekanan pada saraf peroneal yang ada di belakang lutut. Saraf ini sendiri berfungsi untuk mengendalikan sebagian besar sensasi kaki bagian bawah, termasuk jari kaki. Karena itulah wajar jika kamu merasa kram atau kesemutan jika terlalu lama duduk dalam posisi ini.

Jika kamu mempertahankan posisi ini secara rutin dalam jangka waktu yang lama, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami kelumpuhan saraf peroneal. Kamu pasti tak ingin hal itu sampai terjadi kan? Karena itu, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini sekarang ya.

4. Membuat Beban Panggul Tidak Seimbang


Membuat Beban Panggul Tidak Seimbang

Bagian tubuh berikutnya yang juga terkena dampak dari cara duduk satu ini adalah panggul. Ketika duduk dengan posisi kaki menyilang, panggul akan menahan sebelah beban badanmu. Akibatnya, tulang panggul akan mengalami pembengkokan.

Menurut seorang ahli jantung bernama dr. Stephen T. Sinatra, FACC, sendi panggul yang tertekan bisa menyebabkan penggumpalan darah di area kaki. Akibatnya, kamu akan rentan mengalami pembengkakan hingga pembekuan pembuluh darah.

5. Menyebabkan Varises


Menyebabkan Varises

Kamu juga berisiko terkena varises jika terlalu sering duduk dengan posisi kaki menyilang. Hal ini dikarenakan menyilangkan kaki dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah yang bertanggung jawab mengalirkan darah kembali ke jantung.

Saat kamu duduk dengan posisi ini, salah satu kaki akan menekan kaki lainnya. Akibatnya, kondisi ini akan mempengaruhi aliran darah yang akan melemahkan atau menghambat di kaki. Hal inilah yang kemudian menyebabkan timbulnya varises.

6. Menimbulkan Spider Veins


Menimbulkan Spider Veins

Spider Veins juga akan kamu rasakan jika terlalu sering duduk dengan menyilangkan kaki. Ini adalah kondisi di mana muncul serat-serat pembuluh darah yang tampak seperti cabang pohon atau sarang laba-laba berwarna merah, ungu atau biru. Kondisi ini mirip dengan pola varises, hanya saja terlihat lebih kecil dan lebih dekat dengan permukaan kulit.

Kemunculan spider veins biasanya tidak menimbulkan rasa sakit. Namun kondisi ini dapat mempengaruhi rasa percaya diri seseorang. Jika kamu terlanjur mengalami kondisi ini ada beberapa cara untuk mengatasinya. Pertama kamu bisa menggunakan stocking atau kaus kaki, melakukan prosedur sclerotherapy untuk melancarkan aliran darah yang tersumbat serta melakukan laser treatment.

7. Menyebabkan Infeksi Jamur Pada Wanita


Menyebabkan Infeksi Jamur Pada Wanita

Para wanita yang sering duduk dengan menyilangkan kaki sebaiknya waspada. Sebab duduk bersila dalam waktu yang lama dapat menyebabkan infeksi jamur pada vagina. Hal ini disebabkan karena tidak adanya sirkulasi udara segar ke area vagina ketika kamu sedang duduk dengan posisi ini. Kamu pasti tak mau hal itu sampai terjadi kan? Karena itu sebaiknya hindari kebiasaan duduk dengan posisi kaki menyilang ya.

Demikian tujuh bahaya yang akan kamu dapatkan jika terlalu sering duduk dengan posisi kaki menyilang. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai dampak buruk jika terlalu sering tidur dalam kondisi lapar. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele yang bisa mengganggu kesehatan ginjal.

You can share this post!

Related Posts