Jangan Dibiasakan, 7 Dampak Buruk Ini Bisa Kamu Dapatkan Jika Sering Tidur dalam Kondisi Lapar
Health

Tidak sedikit orang yang terbiasa tidur dalam keadaan lapar, entah karena terlalu lelah atau memang sengaja karena sedang diet. Padahal tidur saat perut kosong bisa menyebabkan beberapa dampak buruk seperti berikut ini.

WowKeren - Saat terlalu lelah, kita cenderung tidur dalam kondisi lapar. Apa kamu pernah mengalaminya? Jika iya, sebaiknya jangan teruskan kebiasaan ini. Tidur dalam kondisi lapar memiliki dampak yang beragam pada setiap orang. Tapi menurut banyak ahli medis, tidur dengan perut keroncongan akan lebih berpengaruh buruk pada kesehatan tubuh dan mental seseorang.

Penasaran apa saja dampak buruk tidur dalam kondisi lapar yang mungkin akan kamu dapatkan? Langsung saja yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Terlelap dalam Keadaan Lapar Bisa Menyebabkan Tidur Jadi Tak Nyenyak


Terlelap dalam Keadaan Lapar Bisa Menyebabkan Tidur Jadi Tak Nyenyak

Dampak buruk pertama yang akan kamu alami jika tidur dalam kondisi lapar adalah tidur jadi tak nyenyak. Hal ini disebabkan karena otak tidak bisa segera membuat tubuh berada dalam kondisi rileks akibat adanya sinyal lapar yang terus-menerus datang dari perut.

Tidur dalam kondisi lapar tak hanya akan membuat kita sulit memejamkan mata, tapi juga akan membuat fase tidur jadi kacau dan kita akan lebih mudah terbangun di tengah malam. Meskipun akhirnya kamu tertidur, respon dari rasa lapar tetap akan membuat otak bekerja yang menyebabkan tidurmu tidak nyenyak di malam hari.

2. Tidur dalam Kondisi Lapar Ternyata Bisa Membuat Berat Badan Naik Loh, Ini Alasannya


Tidur dalam Kondisi Lapar Ternyata Bisa Membuat Berat Badan Naik Loh, Ini Alasannya

Bagi kalian yang sedang diet atau tak ingin berat badan bertambah, sebaiknya jangan tidur dalam kondisi lapar. Pakar kesehatan Wesley Delbridge dari Academy for Nutrition and Dietetics menyebut hal ini akan menyebabkan tubuh yang langsung merasa lapar luar biasa setelah bangun.

Karena itulah kita cenderung akan makan dengan porsi besar dan mengkonsumsi apa saja tanpa mempertimbangkan apakah makanan tersebut sehat atau tidak. Selain itu, tidur dalam kondisi lapar juga akan mengacaukan sistem metabolisme. Akibatnya, berat badan akan mudah naik.

3. Tidur dalam Keadaan Lapar Membahayakan Penderita Diabetes Karena Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah


Tidur dalam Keadaan Lapar Membahayakan Penderita Diabetes Karena Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah

Apabila kita memaksa untuk tidur dalam kondisi lapar, tingkat gula darah akan anjlok. Tingkat gula darah yang sangat rendah ini bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes, apalagi jika tak segera ditangani.

Pasalnya mereka bisa mengalami kejang-kejang, gangguan otak yang berat bahkan dapat menyebabkan kematian. Karena itulah disarankan untuk tetap mengkonsumsi makanan ringan seperti segenggam kacang-kacangan atau sepotong coklat untuk mengganjal perut hingga bangun di keesokan harinya.

4. Tak Ingin Kehilangan Massa Otot? Maka Jangan Tidur dalam Keadaan Lapar


Tak Ingin Kehilangan Massa Otot? Maka Jangan Tidur dalam Keadaan Lapar

Jika kamu sedang ingin membentuk otot tubuh dengan rutin berolahraga, kebiasaan menahan lapar saat akan tidur bisa membuat usahamu sia-sia. Pasalnya penelitan yang dipublikasikan oleh European Society of Cardiology menyatakan bahwa kebiasaan buruk ini akan membuat tubuh tidak memiliki nutrisi yang cukup untuk membantu otot.

Tubuh yang kelaparan akan mencari sumber energi cadangan yakni dengan memecah otot. Kondisi inilah yang akhirnya membuat massa otot menurun dan membuatnya jadi lebih rentan cedera. Untuk memaksimalkan potensi latihan ototmu, sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung cukup protein beberapa jam sebelum tidur.

5. Hati-Hati, Tidur dalam Kondisi Lapar Juga Dapat Merusak Suasana Hati


Hati-Hati, Tidur dalam Kondisi Lapar Juga Dapat Merusak Suasana Hati

Selain berdampak buruk pada kesehatan fisik, tidur dalam kondisi lapar juga dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang. Hal ini dikarenakan tidur saat perut kosong dapat menyebabkan rusaknya suasana hati seseorang.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Cambridge menemukan bahwa kadar serotonin mulai berfluktuasi ketika orang merasa lapar. Serotonin sendiri merupakan zat yang memiliki fungsi untuk mengatur emosi dan suasana hati. Karena itulah kekurangan serotonin dapat menyebabkan bad mood dan membuat kita jadi lebih sensitif.

6. Tidur dalam Keadaan Lapar Juga Dapat Menyebabkan Kita Kehilangan Sumber Energi


Tidur dalam Keadaan Lapar Juga Dapat Menyebabkan Kita Kehilangan Sumber Energi

Tubuh manusia terus bekerja selama 24 jam per hari, termasuk saat tidur. Karena itulah tubuh butuh tenaga yang cukup agar bisa menjalankan fungsinya. Ketika tidur, beberapa bagian tubuh masih berfungsi dan membakar kalori sepanjang waktu.

Karena itulah kamu perlu menjaga agar proses itu dapat berjalan dengan baik meski sedang tidur. Salah satunya adalah dengan mencukupi kebutuhan protein sebelum tidur. Menurut riset yang dilakukan oleh Florida State University, laki-laki yang mengkonsumsi 30 gram protein sebelum tidur memiliki tingkat energi pagi hari yang lebih baik jika dibandingkan dengan mereka yang tidak makan apa-apa sebelum tidur.

7. Kamu Rentan Bangun dalam Keadaan Lelah Jika Tidur dalam Kondisi Lapar


Kamu Rentan Bangun dalam Keadaan Lelah Jika Tidur dalam Kondisi Lapar

Poin ini merupakan kelanjutan dari sebelumnya. Pasalnya jika energi terkuras habis karena tubuh yang terus bekerja saat tidur, kita akan merasa lelah saat bangun di keesokan harinya. Selain itu, tidur dalam keadaan lapar juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya seperti sakit kepala bagi mereka yang sehat. Karena itulah jika tak ingin letih dan lemas saat beraktivitas di keesokan harinya, usahakan untuk selalu makan beberapa jam sebelum tidur ya.

Demikian tujuh dampak buruk yang bisa kamu dapatkan jika terbiasa tidur dalam kondisi lapar. Simak juga artikel ini untuk mengetahui bahaya yang yang bisa kamu dapatkan jika terlalu sering begadang. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui risiko terlalu sering makan saat larut malam.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait