Turunkan Gairah Seks hingga Kematian, 8 Bahaya Ini Siap Mengintaimu Jika Terlalu Sering Begadang!
UCEO/Micky
Health

Mungkin sebagian orang sering meremehkan aktivitas begadang di malam hari. Namun hati-hati, sebab begadang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan yang serius seperti berikut ini.

WowKeren - Tidur merupakan salah satu proses penting bagi tubuh dan kesehatan manusia. Sebab tidur memiliki pengaruh besar terhadap fungsi dan kinerja seluruh organ tubuh.

Namun tidak sedikit orang yang waktu tidurnya terganggu karena terlalu sering begadang. Sejumlah alasan kerap digunakan, mulai dari lembur tugas kantor, mengerjakan tugas kuliah dan masih banyak lagi.


Namun faktanya, kurang tidur karena sering begadang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan. Karena itu, begadang dan kurang tidur tidak boleh kamu sepelekan.

Nah, tim WowKeren telah merangkum 8 bahaya yang siap mengintaimu jika terlalu sering begadang di malam hari. Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Terlalu Sering Begadang Dapat Menyebabkan Gangguan Kesehatan yang Serius


Terlalu Sering Begadang Dapat Menyebabkan Gangguan Kesehatan yang Serius

Sejumlah masalah kesehatan akan menghampirimu jika kamu terlalu sering begadang. Sebab kamu akan rentan terserang berbagai penyakit berbahaya. Mulai dari diabetes militus tipe 2, risiko terserang jantung koroner, kanker, tekanan darah tinggi, stroke, dan masih banyak lagi.

Berbagai masalah itu disebabkan karena kekebalan tubuhmu akan menurun jika kekurangan tidur. Sebab tubuh dan sistemnya memerlukan waktu istirahat yang cukup untuk mengisi energi setelah melakukan banyak aktivitas seharian. Karena itu, tubuh akan lebih rentan terserang penyakit.

2. Kurang Tidur Bisa Sebabkan Muka Pucat dan Kantung Mata


Kurang Tidur Bisa Sebabkan Muka Pucat dan Kantung Mata

Salah satu ciri fisik yang muncul jika kamu sering begadang adalah raut wajah terlihat pucat, tidak cerah, sayu, lelah, muncul lingkaran hitam di bawah mata serta mata yang berkantung. Selain itu, begadang juga akan mempercepat munculnya kerutan di sekitar mata.

Hal ini tentu saja dapat membuat kita merasa tidak nyaman, sebab penampilan wajah adalah salah satu hal yang cukup penting. Namun jika kamu terlanjur memiliki kantung mata karena terlalu sering begadang, ada baiknya untuk mengatasi masalah tersebut dengan menyimak tips ini.

3. Kamu Bisa Terkena Obesitas Jika Keseringan Begadang, Loh!


Kamu Bisa Terkena Obesitas Jika Keseringan Begadang, Loh!

Dampak terlalu sering begadang selanjutnya yang bisa menyerang kamu adalah obesitas. Sebab kurang tidur bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidur kurang dari 6 jam per malam memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) lebih tinggi, dan orang yang tidur 8 jam per malam memiliki IMT paling rendah. IMT sendiri merupakan alat ukur seseorang dikatakan memiliki tubuh kurus atau gemuk. Sehingga semakin gemuk tubuhnya, semakin tinggi pula IMT yang dimilikinya.

Kurang tidur dapat meningkatkan rasa lapar dan nafsu makan, sehingga menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas. Saat tidur, tubuh akan memproduksi hormon yang membantu mengontrol nafsu makan, metabolisme energi serta pengolahan glukosa. Sehingga kurang tidur membuat kerja hormon tersebut terganggu.

4. Hati-Hati, Terlalu Sering Begadang Bisa Membuatmu Depresi!


Hati-Hati, Terlalu Sering Begadang Bisa Membuatmu Depresi!

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan gangguan psikologis, termasuk depresi. Karena itu, orang yang terlalu sering begadang akan mudah tersinggung dan murung keesokan harinya.

Biasanya, orang yang kurang tidur memiliki mood yang tidak stabil. Sebab fungsi kognitif mereka menurun, sehingga membuatnya gampang emosional atau marah. Hal ini disebabkan karena mekanisme pengontrolan di dalam dirinya berkurang.

Selain itu, depresi ini juga mudah didapatkan oleh mereka yang sudah mengalami insomnia berat. Sedangkan insomnia sendiri berawal dari kurangnya waktu tidur hingga terlalu sering begadang. Namun jika kamu terlanjur menderita insomnia, ada baiknya untuk menyimak tips berikut ini untuk mengatasi penyakit tersebut.

5. Hati-Hati, Kurang Tidur Bisa Mempercepat Penuaan Dini


Hati-Hati, Kurang Tidur Bisa Mempercepat Penuaan Dini

Mempercepat penuaan dini adalah dampak buruk berikutnya yang bisa kamu dapatkan jika terlalu sering begadang. Sebab tulang akan cepat kropos dan wajah terlihat lebih tua saat kita kekurangan tidur. Hal ini sering sekali dialami oleh para remaja maupun orang dewasa.

Dampak satu ini berkaitan dengan produksi hormon kortisol yang semakin meningkat jika seseorang kurang tidur. Selain itu, kurang tidur juga mengakibatkan berkurangnya produksi hormon pertumbuhan yang mampu memperkuat tulang, meningkatkan massa otot dan menebalkan kulit.

6. Sering Begadang Bisa Menurunkan Kemampuan Berpikir dan Membuatmu Jadi Pelupa


Sering Begadang Bisa Menurunkan Kemampuan Berpikir dan Membuatmu Jadi Pelupa

Terlalu sering begadang akan mengurangi daya nalar, kemampuan memecahkan masalah dan konsentrasi. Karena itu, kemampuan memperhatikan sesuatu serta tingkat kewaspadaan juga akan mengalami penurunan. Jika sudah demikian, akibat terburuknya bisa berakibat kecelakaan saat berkendara atau bekerja.

Selain itu, kurang tidur karena sering begadang juga bisa membuatmu menjadi pelupa. Sebab begadang dapat menghambat proses regenerasi sel yang berguna untuk memperkuat ingatan. Proses ini juga akan memindahkan ingatan dan memori ke bagian otak yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan memori jangka panjang.

7. Awas, Terlalu Sering Begadang Bisa Menurunkan Gairah Seks dan Gangguan Kesuburan


Awas, Terlalu Sering Begadang Bisa Menurunkan Gairah Seks dan Gangguan Kesuburan

Para ahli menyatakan jika pria atau wanita yang memiliki waktu tidur buruk memiliki tingkat libido yang sangat rendah. Akibatnya, tidur larut malam atau begadang cenderung mengurangi gairah seks seseorang. Hal ini diakibatkan karena kurangnya energi, rasa kantuk dan ketidakstabilan emosi yang bisa dialami oleh orang-orang yang kekurangan tidur.

Selain itu, bagi wanita yang terlalu sering begadang akan mengalami gangguan kesuburan. Pasalnya, wanita yang sering begadang akan mengalami gangguan produksi sel telur dan memiliki peluang rendah untuk hamil. Tidak hanya itu, terlalu sering begadang juga bisa menyebabkan terganggunya siklus menstruasi pada wanita.

8. Terlalu Sering Begadang Dapat Meningkatkan Risiko Kematian 12% Lebih Tinggi!


Terlalu Sering Begadang Dapat Meningkatkan Risiko Kematian 12% Lebih Tinggi!

Sebuah penelitian menyatakan bahwa seseorang yang hanya tidur lima jam per malam memiliki tingkat kematian 12% lebih tinggi daripada orang yang tidur tepat waktu atau lebih awal. Peningkatan risiko ini berlaku untuk semua penyebab kematian, terutama kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung dan pembuluh darah.

Demikian, beberapa dampak buruk begadang terhadap kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Setelah mengetahui informasi ini, ada baiknya untuk mulai memperbaiki waktu istirahat kita. Dimulai dengan menyelesaikan pekerjaan lebih cepat saat malam, menghindari stres, makan-makanan yang sehat, olahraga yang cukup serta memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

You can share this post!

Related Posts