5 Trik Hilangkan Kantong Mata yang Mengganggu
Lifestyle

Ini dia 5 trik menghilangkan kantong mata selamanya tanpa harus ditutupi dengan riasan. Mau tahu?

WowKeren - Kantong mata merupakan salah satu masalah yang dihadapi banyak wanita. Keberadaan zona hitam terkadang membuat mereka kurang percaya diri terhadap penampilannya.

Sebelum membahas 5 trik mengilangkan kantong mata, sebaiknya kalian mengetahui penyebab munculnya masalah tersebut. Dilansir dari Haper's Bazaar, sejatinya kantong mata bisa disebabkan oleh banyak hal.

Pertama, kantong mata bisa ada karena proses genetik dan pertambahan umur. Jadi bisa dikatakan ini adalah hal alami. Saat usia bertambah, kulit akan kehilangan kolagen dan semakin menipis. Sehingga pembuluh darah juga semakin terlihat menonjol dan menimbulkan warna gelap serta kantong mata.


Faktor genetik adalah salah satu penyebab utama ketidakrataan pada warna kulit. Jika kalian mewarisi kulit tipis di bawah mata, maka darah yang mengumpul di bawahnya akan terlihat jelas. Akumulasi tersebut menyebabkan pembuluh kapiler yang rapuh menjadi renggang dan bocor.

Selain dua faktor tersebut, kebiasaan buruk seperti merokok dan alkohol juga menjadi pemicu timbulnya kantong mata. Sinar UV dari matahari juga salah satu faktornya, nih. Pasalnya, sinar tersebut dapat langsung terserap pada lapisan kulit yang terdalam dan berdampak pada kerusakan dan penggelapan kulit.

Demi terlihat cantik, terkadang wanita menghilangkan kantong mata dengan menutupinya menggunakan make up. Concealer adalah salah satu yang dianggap mampu melakukan pekerjaan itu.

Namun, terdapat beberapa cara yang membuat kalian terlepas dari masalah kantong mata. Mau tahu, nih? Ayo simak di sini.

(wk/nris)

1. Kompres dengan Kantong Teh


Kompres dengan Kantong Teh

Mengompres bawah mata menggunakan kantong teh dirasa ampuh untuk menghilangkan kantong dan kulit gelap di bawah mata. Rupanya, kafein di dalam teh mengandung antioksidan kuat yang dapat meningkatkan alirah darah ke kulit kalian, lho.

Selain itu, kafein mampu melindungi kulit dari sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan. Jenis teh apapun bisa kalian gunakan, tetapi yang paling baik adalah teh hijau yang juga bermanfaat sebagai anti peradangan.

Cara menghilangkan kantong mata dengan teh cukup mudah. Kalian memerlukan kantong teh "bekas" dan dinginkan di dalam kulkas selama 20 menit.

Setelah itu, pastikan tidak ada cairan dalam kantung teh tersebut. Taruh kantong teh di area mata dan diamkan selama 15 hingga 30 menit. Cukup mudah, bukan?

2. Kompres dengan Sendok Dingin


Kompres dengan Sendok Dingin

Tips satu ini mungkin jadi yang paling mudah. Kalian tidak memerlukan alat yang ribet, hanya dua buah sendok yang telah didinginkan.

Bagi kalian pecinta drama Korea mungkin sudah tidak asing dengan tips ini. Bintang dalam drama sangat sering menggunakan hal ini untuk menghilangkan mata bengkak setelah menangis semalaman.

Kalian hanya perlu merendam sendok dalam air dingin selama sekitar 15 menit atau masukkan saja ke dalam kulkas. Lalu tinggal pijatkan bagian punggung sendok ke kantung mata. Kalian juga bisa menutup mata dengan sendok dan biarkan beberapa saat. Jangan lupa untuk melakukannya dengan rutin, ya.

3. Hapus Make Up Sebelum Tidur


Hapus Make Up Sebelum Tidur

Menghapus make up sebelum tidur adalah hal yang sangat penting. Kalian tidak ingin kulit wajah rusak karena terus menggunakan riasan, kan?

Make up mata yang tidak dihapus dapat menyebabkanya menjadi basah dan bengkak. Pastikan untuk menghapus riasan mata kalian dengan lembut, ya. Menggosok bagian mata terlalu kasar malah menyebabkan iritasi lainnya.

4. Kompres dengan Mentimun


Kompres dengan Mentimun

Mentimun mengandung vitamin A, B dan C serta kandungan air yang tinggi seperti kalium, magnesium atau silikon. Kandungan tersebut sangat baik untuk membuat mata sehat dan terlihat segar.

Tak hanya itu, di dalam mentimun terkandung pula sifat astrigen yang berguna untuk melancarkan peredaran darah pada bagian lapisan permukaan kulit. Maka, mentimun mampu membantu mengurangi kantung mata kalian.

Cukup tempelkan mentimun yang telah diiris dan didinginkan. Diamkan selama beberapa menit dan lakukan secara rutin, ya.

5. Hindari Matahari dan Gunakan Sunscreen


Hindari Matahari dan Gunakan Sunscreen

Sebelumnya telah diterangkan bahwa sinar UV yang dikeluarkan matahari menjadi faktor yang menimbulkan kantong mata. Maka kalian bisa menghindarinya dengan beberapa cara.

Kalian bisa menggunakan kacamata hitam anti-UV yang dapat menyerap 80-90% sinar tersebut. Selain itu, gunakanlah sunscreen untuk melindungi wajah.

Tak hanya kantung mata yang dapat hilang, kalian juga mencegah penuaan dini dan perubahan warna kulit saat mengaplikasikan sunscreen. Pastikan kalian memilih produk yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi. Lebih baik lagi jika produk tersebut kedap air.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru