Jangan Disepelekan! 8 Risiko Ini Akan Kamu Dapatkan Jika Keseringan Makan Terlalu Larut
Health

Sebagian orang sering makan larut malam karena berbagai alasan. Namun perlu diketahui jika terlalu sering makan larut malam memiliki sejumlah dampak buruk pada kesehatan seperti berikut ini.

WowKeren - Idealnya, manusia hanya makan tiga kali sehari, yakni pagi, siang dan malam. Selebihnya, orang-orang bisa memakan makanan ringan untuk menunda lapar sampai jam makan tiba.

Namun beberapa orang biasanya sangat senang makan terlalu larut. Kebanyakan mereka berpikir jika mengonsumsi makanan terlalu malam hanya akan menambah berat badan.


Namun jika dibiasakan, makan malam terlalu larut akan membawa sejumlah masalah kesehatan. Hal ini telah dituturkan oleh para ahli kesehatan. Karena itu, para ahli merekomendasikan jadwal makan malam maksimal antara pukul 19.00 sampai 19.30. Dengan demikian, perut akan terasa ringan saat tidur.

Nah, jika kalian termasuk sering makan malam terlalu larut, sebaiknya mulai mengubah kebiasaan satu ini. Agar lebih waspada, kalian bisa menyimak delapan dampak buruk makan malam terlalu larut bagi kesehatan berikut ini.

(wk/eval)

1. Kualitas Tidur Kalian Akan Terganggu Jika Keseringan Makan Terlalu Larut


Kualitas Tidur Kalian Akan Terganggu Jika Keseringan Makan Terlalu Larut

Jika kamu merasa lapar saat tengah malam, hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung cairan seperti sup atau milkshake. Hal ini untuk mencegah keinginan buang air kecil saat tidur. Hindari pula makanan dan minuman berkafein, karena akan membuatmu sulit tidur dan menyebabkan pusing saat siang hari.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi camilan sehat seperti oatmeal dengan susu rendah lemak. Selain itu, hindari juga makanan berporsi besar serta pedas karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Jika kamu tetap memakan makanan ini, kualitas tidurmu akan terganggu karena berbagai masalah di atas.

2. Awas, Kamu Bisa Terkena Obesitas Loh Jika Terlalu Sering Makan Larut


Awas, Kamu Bisa Terkena Obesitas Loh Jika Terlalu Sering Makan Larut

Dampak buruk berikutnya yang bisa kamu dapatkan jika terlalu sering makan larut adalah meningkatnya berat badan hingga obesitas. Biasanya, orang memilih berbagai makanan ringan untuk dikonsumsi di malam hari, seperti kripik dan es krim.

Makanan seperti ini padat akan kalori namun rendah nutrisi, sehingga tidak memberikan rasa kenyang yang mengakibatkan pengonsumsian secara berlebihan. Jika kamu membatasi kalori pada keesokan harinya sebagai pengganti, siklus makan ini bisa terjadi lagi yang menyebabkan berat badan akan meningkat secara drastis.

3. Hati-Hati, Makan Malam Terlalu Larut Bisa Menyebabkan Heartburn dan Acid Reflux


Hati-Hati, Makan Malam Terlalu Larut Bisa Menyebabkan Heartburn dan Acid Reflux

Makan malam mendekati jam tidur juga berisiko menyebabkan acid reflux. Ini adalah kondisi di mana asam lambung naik kembali ke kerongkongan setelah makan. Kondisi ini biasanya disertai dengan rasa mulas atau nyeri seperti terbakar pada bagian tengah dada. Meskipun tidak setiap saat, kondisi ini dapat dianggap sebagai "peringatan" untuk penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) kronis.

Selain itu, berbaring setelah makan dapat memicu acid reflux dan gejala GERD lainnya. Karena itu, terlalu sering makan tengah malam dengan kandungan tinggi lemak, berminyak atau asam dapat meningkatkan risiko penyakit acid reflux.

4. Kamu Akan Mengalami Masalah pada Ingatan Jika Terlalu Sering Makan Tengah Malam


Kamu Akan Mengalami Masalah pada Ingatan Jika Terlalu Sering Makan Tengah Malam

Menurut peneliti Amerika, terlalu sering makan larut malam dapat berdampak negatif pada ingatan. Penelitian dari University of California, mengemukakan bahwa makan pada jam yang tidak teratur, seperti tengah malam berpotensi mempengaruhi fungsi kognitif manusia.

Tidak hanya membuat kemampuan memori otak terbatas, makan malam terlalu larut juga mempengaruhi jam sirkadian. Hal ini akan berpengaruh pada aktivitas otak seperti saat proses pembelajaran atau saat pikiran butuh fokus.

5. Makan Malam Terlalu Larut Juga Bisa Menjadi Penyebab Bermimpi Aneh Loh


Makan Malam Terlalu Larut Juga Bisa Menjadi Penyebab Bermimpi Aneh Loh

Pada tahun 2015, sepasang psikolog dari Kanada, Tore Nielsen dan Russell Powell, menyelidiki apakah kebiasaan makan seseorang memiliki dampak pada pola tidur dan bermimpi. Hasilnya, 18 persen dari 400 mahasiswa percaya bahwa makanan memiliki kemampuan untuk membuat mimpi mereka lebih aneh atau mengganggu.

Selain itu, pasangan ini mendapati bahwa makan tengah malam juga menjadi penyebab mimpi yang membingungkan. Mereka mengatakan jika ini bisa jadi karena efek makan tengah malam sering menyebabkan ketidaknyamanan gastrointestinal. Hal ini akhirnya dapat menyebabkan kesulitan tidur.

6. Awas, Terlalu Sering Makan Larut Malam Juga Bisa Menyebabkan Serangan Jantung


Awas, Terlalu Sering Makan Larut Malam Juga Bisa Menyebabkan Serangan Jantung

Dampak buruk berikutnya yang bisa kamu dapatkan jika terlalu sering makan larut malam adalah risiko terserang penyakit jantung. Menurut para peneliti, kita harus menentukan frekuensi ideal dan waktu makan. Hal ini dikarenakan bagaimana kita makan hampir sama penting dengan apa yang kita makan.

Idealnya, makan malam harus dengan porsi yang lebih sedikit dari saat sarapan dan makan siang. Dan jika ingin meminimalisir risiko penyakit jantung, usahakan untuk makan sebelum jam 7 malam.

7. Hati-Hati, Salah Satu Penyebab Diabetes adalah Terlalu Sering Makan Larut Malam!


Hati-Hati, Salah Satu Penyebab Diabetes adalah Terlalu Sering Makan Larut Malam!

Akibat lainnya jika terlalu sering makan larut malam adalah rentan terserang penyakit diabetes. Diabetes sendiri merupakan penyakit yang jumlah penderitanya semakin bertambah di berbagai kota di dunia. Tingkat bahayanya pun cukup tinggi hingga bisa menyebabkan kematian.

Diabetes karena makan larut malam sendiri tergolong dalam tipe 2. Hal ini disebabkan karena gula dan insulin mengalami kesulitan saat berinteraksi satu sama lain setelah periode kelaparan. Selain itu, masalah diabetes erat kaitannya dengan obesitas. Nah, jika tidak ingin terkena diabetes, hindari makan larut malam yang dapat menyebabkan obesitas ya.

8. Makan Terlalu Larut Malam Juga Dapat Meningkatkan Tekanan Darah


Makan Terlalu Larut Malam Juga Dapat Meningkatkan Tekanan Darah

Dampak buruk selanjutnya yang bisa kamu dapatkan karena makan malam terlalu larut adalah menaikkan tekanan darah, terutama bagi mereka yang berurusan dengan hipertensi. Para peneliti melacak 700 orang yang memiliki tekanan darah tinggi dan menemukan fakta bahwa mereka yang makan malam dua jam sebelum tidur memiliki tingkat tekanan darah yang lebih tinggi dalam semalam, jika dibandingkan dengan mereka yang tidak memakan apapun sebelum tidur.

Selain itu, para peneliti mencatat bahwa makan malam dapat meningkatkan tekanan tekanan darah lebih dari mengonsumsi makanan tinggi garam. Dan biasanya, natrium adalah masalah terbesar dalam hipertensi. Mereka juga berspekulasi bahwa ketika orang terlambat makan, tubuh akan tetap waspada dan menghasilkan lebih banyak hormon stres seperti adrenalin dan hal itu akan meningkatkan tekanan darah.

Demikian delapan dampak buruk malam larut malam bagi kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Selain makan larut malam, bagi kalian yang sering begadang juga harus waspada dengan beberapa bahaya ini. Dan bagi kamu yang sering makan sambil tiduran, ada baiknya untuk menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai dampak kesehatan yang ditimbulkannya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru