Rahmawati Kekeyi Plagiat Lagu, Pengamat Musik Bens Leo: Dendanya Miliaran
Instagram/rahmawatikekeyiputricanti
Musik
Kontroversi Lagu Kekeyi

Bens Leo angkat bicara soal dugaan lagu 'Keke Bukan Boneka' telah menjiplak lagu Rini Wulandari. Ia pun mengakui kalau lagu tersebut terindikasi melanggar hak cipta usai melihat kemiripan lirik, judul dan tema.

WowKeren - Rahmawati Kekeyi gencar dituding melakukan plagiat untuk debut lagunya "Keke Bukan Boneka". Lagu itu dianggap mirip dengan single Rini Wulandari, "Aku Bukan Boneka".

Menanggapi kontroversi lagu Kekeyi, pengamat musik Bens Leo ikut angkat bicara. Bens mengaku miris dan menilai kalau lagu milik Kekeyi itu terindikasi melanggar hak cipta.


Bens lantas membongkar kesamaan lagu Kekeyi dan Rini. Mulai dari judul, tema hingga bagian lirik. Bens juga heran karena Kekeyi tak mencantumkan nama pencipta lagunya.

"Saya cuma mempertanyakan saja. Soalnya baru saya baca katanya Kekeyi, bahwa lagu ini dia tulis lagunya itu ditulis sendiri. Tapi begitu saya lihat videonya kok enggak ada tulisan itu lagu ciptaan siapa ya, yang ada hanya lirik oleh Rahmawati Kekeyi. Jadi penciptanya enggak ada, yang ada cuma aransemen siapa gitu. Tapi memang lagu ini mirip sekali, judulnya aja mirip," seru Bens. "Menurut saya agak aneh juga karena judulnya aja hampir sama. Kenapa judulnya kok hampir sama? Temanya, isi liriknya, itu hampir sama."

Bens lantas memberikan dukungan pada Novi Umar. Ia menyarankan agar pencipta lagu "Aku Bukan Boneka" itu segera melayangkan somasi.

"Jadi jangan lupa dalam UU Hak Cipta itu adalah delik aduan. Jadi kalau Kekeyi ini bertindak atas nama pribadi layangkan saja somasi lebih dulu," saran Bens.

Bens mengaku Kekeyi bisa kena denda miliaran jika terbukti bersalah. Ia merasa miris dengan kondisi dunia musik di Indonesia yang masih sarat plagiarisme.

"Ini kita sebetulnya prihatin sekali terhadap beberapa hal yang berkaitan lagu mirip dan kebiasaan untuk mengcover lagu orang lain tanpa seizin penciptanya, dan kemiripan ini sebetulnya menjurus pada pelanggaran hak cipta," tegas Bens. "Ini kita sebetulnya prihatin sekali terhadap beberapa hal yang berkaitan lagu mirip dan kebiasaan untuk mengcover lagu orang lain tanpa seizin penciptanya, dan kemiripan ini sebetulnya menjurus pada pelanggaran hak cipta."

(wk/riaw)

You can share this post!

Related Posts