Fenomena Strawberry Moon Bakal Hiasi Langit Indonesia Malam Ini, Apa Itu?
SerbaSerbi

Pemberian nama strawberry ini berasal dari istilah yang dibuat oleh orang Eropa. Adapun bulan purnama nanti bersamaan waktunya dengan terjadinya gerhana penumbra.

WowKeren - Ada satu fenomena yang akan menghiasi langit Indonesia malam ini, Jumat (5/6). Adalah Strawberry Moon, fenomena langit malam yang sayang untuk dilewatkan.

Fenomena ini diperkirakan terjadi tengah malam nanti. Koordinator Diseminasi Pusat Sains Antariksa Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Emanuel Sungging Mumpuni menjelaskan fenomena ini.

Pada dasarnya, fenomena strawberry moon adalah bulan purnama biasa. Pemberian nama strawberry ini berasal dari istilah yang dibuat oleh orang Eropa. Adapun bulan purnama nanti bersamaan waktunya dengan gerhana penumbra.

"Mungkin untuk klarifikasi, Strawberry Moon itu sebetulnya hanya bulan purnama biasa, kebetulan juga nanti jam 12 malam lewat itu ada gerhana penumbra," kata Emanuel dilansir detikcom, Jumat (5/6). "Terus, kalau namanya strawberry itu hanya istilah yang berkembang di negara Barat."


Fenomena strawberry moon, juga bisa dikatakan sebagai gerhana bulan penumbra. Sementara itu di Eropa, orang-orang di sana menyebut bulan Juni sebagai bulan strawberry.

"Kebetulan saja kalau bulan Juni itu disebut sebagai bulan strawberry gitu," lanjutnya menjelaskan. "Istilah saja. Sebetulnya hanya gerhana bulan penumbra."

Terkait dimana fenomena ini bisa dilihat, ia menyebut jika semua wilayah di tanah air bisa mengamati fenomena ini. "Di mana-mana di Indonesia bisa (lihat Strawberry Moon). Nggak (daerah tertentu), di berbagai daerah (bisa lihat)," tuturnya.

Sementara itu untuk fenomena gerhana bulan pada umumnya terjadi dua kali dalam setahun. Sedangkan untuk strawberry moon ini adalah sebutan untuk gerhana yang kebetulan jatuh pada bulan Juni. Sehingga penyebutan istilah strawberry moon hanya istilah yang diberikan berdasarkan kearifan lokal daerah tertentu saja.

"Kalau gerhana sih bisa setahun dua kali. Cuma kalau istilah strawberry itu jatuhnya di bulan Juni saja. Jadi cuma kebetulan saja namanya," tutur Emanuel. "Orang Barat kalau di bulan Juni mungkin disebut strawberry atau apa gitu, jadi ada istilah-istilah daerah gitu."

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts