Tampil Cantik di Tengah Pandemi, Berikut 7 Tips Penggunaan Makeup Agar Terhindar dari Virus Corona
Lifestyle

Ada beberapa tips dalam menggunakan makeup yang bisa kamu ikuti agar terhindar dari penyebaran virus Corona. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

WowKeren - Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan benda mati dalam kurun waktu tertentu. Virus Corona dapat bertahan hidup hingga 4 jam pada tembaga, 24 jam pada karton serta 3 hari pada plastik dan stainless steel.

Salah satu benda yang rentan ditempeli oleh virus Corona adalah peralatan makeup. Karena kebanyakan alat makeup terbuat dari bahan-bahan di atas, risiko penyebaran virus Corona bisa saja terjadi, terlebih jika digunakan oleh orang yang sakit.


Seperti yang dikutip dari Insider, seorang ahli virus dari Universitas Columbia yakni Angela Rasmussen, mengatakan bahwa sebenarnya para ilmuwan belum yakin bagaimana virus Corona akan bertahan dalam produk kecantikan. Meski demikian, Angela tetap menyarankan agar kita lebih berhati-hati dalam menggunakan alat makeup dengan membuang makeup jika telah terpapar virus.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren akan menghadirkan beberapa tips menggunakan makeup secara aman agar terhindar dari virus Corona. Penasaran apa saja itu? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Pastikan Tangan Sudah Bersih Sebelum dan Setelah Menggunakan Makeup


Pastikan Tangan Sudah Bersih Sebelum dan Setelah Menggunakan Makeup

Sebelum mulai mengaplikasikan makeup, pastikan agar tangan kamu sudah dicuci bersih selama 20 detik menggunakan sabun dan air mengalir. Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian sela-sela jari dan bawah kuku. Baru setelah itu kamu bisa mulai merias wajah.

Lakukan hal yang sama setelah merias wajah atau mengaplikasikan makeup. Bersihkan tanganmu secara keseluruhan dari sisa-sisa makeup yang masih menempel. Dengan begitu, kamu bisa lebih menjamin kebersihannya sebelum menyentuh wajah kembali.

2. Jangan Pinjam atau Meminjamkan Alat Makeup dengan Orang Lain


Jangan Pinjam atau Meminjamkan Alat Makeup dengan Orang Lain

Biasanya para wanita gemar bertukar produk dan peralatan makeup masing-masing. Namun jika kamu memiliki kebiasaan satu ini, sebaiknya hindari terlebih dahulu. Dikutip dari Allure, seorang ahli kimia kosmetik bernama Ginger King menyarankan agar tidak meminjamkan atau berbagi produk kecantikan dengan orang lain.

Hal ini penting dilakukan demi mencegah risiko tertular virus Corona. Sebab bisa saja alat makeup milik sahabat atau saudaramu ternyata telah terpapar virus asal Wuhan tersebut. Bisa saja sebelum bertukar denganmu, ia juga telah meminjamkan alat makeupnya pada orang lain. Mengingat saat ini ada banyak sekali kasus OTG (Orang Tanpa Gejala) yang positif Corona namun tidak menunjukkan tanda apapun.

3. Jangan Menggunakan Makeup di Tempat Umum


Jangan Menggunakan Makeup di Tempat Umum

Meskipun saat ini masyarakat diimbau untuk jaga jarak, tak dapat dipungkiri jika ada beberapa kegiatan di tempat umum yang tidak bisa dihindari. Contohnya adalah rapat penting atau bekerja di kantor. Jika kamu masih disibukkan dengan rutinitas tersebut, sebaiknya jangan pernah menggunakan makeup di tempat umum.

Hal ini penting dilakukan untuk meminimalisir alat makeup milikmu terpapar virus Corona, kuman maupun bakteri. Terutama jika kamu nekat menggunakan makeup di toilet atau transportasi umum. Oleh karena itu, usahakan untuk selalu menggunakan makeup di rumah sebelum pergi dan menghadiri acara di luar.

4. Hindari Penggunaan Tester Produk Langsung ke Wajah


Hindari Penggunaan Tester Produk Langsung ke Wajah

Sebelum adanya virus Corona, penggunaan tester produk langsung ke wajah merupakan hal yang sebaiknya dihindari. Tester produk biasanya digunakan oleh banyak orang, sehingga risiko tertular penyakit atau bakteri menjadi lebih tinggi.

Jika ingin mencoba suatu produk sebelum membelinya, kamu bisa mengoleskannya ke bagian tangan. Misalnya jika ingin mencoba lipstik atau krim wajah dan bedak, langsung saja oleskan di tangan kamu untuk melihat cocok atau tidaknya.

5. Beli Produk Makeup Secara Online


Beli Produk Makeup Secara Online

Di tengah imbauan social distancing, sebaiknya beli produk dan alat makeup secara daring. Hal ini diperlukan untuk meminimalisir pertemuan dengan banyak orang di tempat umum sekaligus mencegah penyebaran virus Corona.

Tapi pastikan untuk membelinya di toko online yang aman dan terpercaya, seperti di toko resmi dari produk tertentu. Setelah pesananmu sampai di rumah, sebaiknya lakukan 7 tips ini untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Sebab paket yang kamu terima bisa saja telah terpapar virus tersebut.

6. Bersihkan Alat Makeup Secara Berkala


Bersihkan Alat Makeup Secara Berkala

Membersihkan peralatan makeup secara rutin dan berkala penting dilakukan untuk menghindari paparan kuman, bakteri dan virus pada wajah. Lakukan pembersihan secara rutin minimal seminggu sekali atau dua hari sekali agar kebersihannya senantiasa terjaga.

Sebaiknya rendam peralatan makeup seperti kuas, spons atau beauty blender ke dalam wadah berisi air hangat. Kamu bisa menambahkan sabun lembut yang efektif untuk membunuh bakteri, kuman dan virus. Pastikan peralatan tersebut sudah benar-benar kering sebelum digunakan kembali untuk menghindari tumbuhnya jamur. Selain itu, usahakan juga untuk mengelap kemasan produk kosmetik menggunakan cairan alkohol dan tisu antibakteri secara rutin ya.

7. Konsumsi Makanan dan Minuman Bernutrisi


Konsumsi Makanan dan Minuman Bernutrisi

Menjaga kecantikan kulit juga harus dilakukan dari dalam. Salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi. Usahakan untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap harinya serta konsumsi banyak buah dan sayur agar kulit wajahmu senantiasa terjaga kesehatannya. Dengan begitu, makeup yang kamu gunakan akan teraplikasikan dengan maksimal sehingga kamu bisa tampil cantik bahkan tanpa menggunakan produk yang mahal.

Demikian tujuh tips menggunakan makeup aman agar terhindar dari penyebaran virus Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips makeup agar tetap tampil cantik dan segar meski sedang menggunakan masker kain. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips meratakan perut buncit.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait