Antisipasi Penyebaran Corona, Lakukan 7 Tips Ini Saat Menerima dan Membuka Paket
SerbaSerbi

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan benda dalam kurun waktu tertentu. Oleh karena itu, ada beberapa cara yang harus dilakukan saat menerima dan membuka paket untuk mencegah penyebaran virus Corona.

WowKeren - Demi meminimalisir penyebaran virus Corona, pemerintah telah menerapkan berbagai macam imbauan. Di antaranya adalah mengurangi aktivitas di luar rumah, menjaga kebersihan dan menjaga jarak dengan orang lain. Karena itulah kini sudah semakin banyak orang yang memilih untuk di rumah saja.

Dalam situasi seperti saat ini Anda mungkin lebih sering belanja online agar tidak keluar rumah. Namun saat belanja online, sebaiknya Anda memperhatikan kebersihan paket yang Anda terima. Pasalnya paket yang kita terima sudah pasti berpindah-pindah tangan, sehingga kita tidak tahu pasti apakah ia terpapar virus Corona atau tidak.


Sejumlah penelitian membuktikan bahwa virus Corona dapat menempel dan bertahan hidup di permukaan benda dalam kurun waktu tertentu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine (NEJM) menyebut bahwa virus Corona bisa bertahan hidup 2-3 hari di permukaan plastik dan stainless steel, serta di permukaan kardus selama 24 jam.

Oleh karena itulah kita perlu berhati-hati saat menerima dan membuka paket untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Penasaran bagaimana caranya? Simak informasinya berikut ini.

(wk/eval)

1. Hindari Kontak dengan Kurir Saat Menerima Paket


Hindari Kontak dengan Kurir Saat Menerima Paket

Tips pertama yang harus Anda perhatikan adalah usahakan untuk menghindari kontak dengan kurir yang mengantarkan paket. Untuk menghindari interaksi langsung, Anda bisa meminta petugas pengiriman untuk meninggalkan paket di depan pintu rumah.

Langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga keselamatan Anda maupun kurir yang tengah bertugas. Pasalnya mereka biasanya telah berinteraksi dengan banyak orang dalam sehari sehingga memiliki risiko terpapar virus. Tapi ingat, saat meminta kurir meninggalkan paket di depan rumah sebaiknya lakukan dengan sopan dan jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih.

2. Hindari Metode Pembayaran COD


Hindari Metode Pembayaran COD

Pada awal Maret lalu, WHO mengungkapkan bahwa uang kertas bisa menjadi perantara virus Corona. Karena kita tidak tahu siapa saja yang telah memegangnya dan partikel apa saja yang telah menempel di permukaannya. Selain itu, laporan dari The Guardian menyebut bahwa uang kertas adalah media yang tepat bagi virus untuk bertahan hidup.

Oleh karena itu, untuk sementara waktu sebaiknya hindari metode pembayaran COD saat belanja online. Sebagai gantinya, Anda bisa bertransaksi menggunakan pembayaran online seperti transfer melalui mobile banking, kartu kredit hingga e-money. Dengan begitu, kita bisa meminimalisir risiko penyebaran virus Corona.

3. Jangan Langsung Menyentuh Wajah Setelah Menerima Paket


Jangan Langsung Menyentuh Wajah Setelah Menerima Paket

Setelah menerima paket, usahakan untuk tidak langsung menyentuh bagian wajah. Karena kita tidak pernah tahu apakah paket yang telah kita terima terpapar virus Corona atau tidak. Jika ternyata paket kita ditempeli virus Corona dan kita langsung menyentuh wajah setelah memegangnya, bukan tidak mungkin virus itu akan berpindah ke tubuh kita.

Oleh karena itu, usahakan untuk menyemprot paket Anda dengan disinfektan begitu diterima. Agar lebih aman, Anda juga bisa mengenakan sarung tangan saat menerima dan membukanya.

4. Buka Paket di Luar Rumah


Buka Paket di Luar Rumah

Untuk mengambil tindakan pencegahan ekstra, sebaiknya langsung buka paket Anda begitu ia tiba. Usahakan untuk membuka paket tersebut di luar rumah untuk mencegah masuknya virus Corona ke area dalam kediaman Anda.

Saat membuka paket, sebaiknya gunakan sarung tangan untuk menjaga agar tangan Anda tetap bersih dari kemungkinan virus yang menempel di kardus paket. Sehingga Anda bisa mencegah penyebaran virus Corona dengan lebih baik.

5. Langsung Buang Pembungkusnya di Tempat Sampah


Langsung Buang Pembungkusnya di Tempat Sampah

Setelah membuka paket yang diterima, sebaiknya langsung buang pembungkus maupun kardusnya. Buang pembungkus tersebut di tempat sampah luar dan jangan pernah membuangnya di tempat sampah dalam rumah.

Setelah itu, bersihkan juga permukaan lantai atau meja yang sempat bersentuhan dengan paket Anda. Langkah ini sangat penting dilakukan untuk memastikan keamanan Anda dan anggota keluarga yang lainnya.

6. Semprotkan Cairan Disinfektan pada Isi Paket


Semprotkan Cairan Disinfektan pada Isi Paket

Kalau paket yang Anda terima bukan makanan, sebaiknya langsung semprot isinya dengan cairan disinfektan sebelum membawanya ke dalam rumah. Langkah ini penting dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan adanya virus yang masih tertinggal. Dengan begitu, Anda bisa memastikan kebersihan paket yang telah Anda terima.

7. Langsung Cuci Tangan


Langsung Cuci Tangan

Setelah membuka keseluruhan paket, segera cuci tangan untuk memastikan kebersihannya. Pasalnya mencuci tangan adalah cara yang paling penting dan utama untuk memutus penyebaran virus Corona.

Ikuti anjuran cuci tangan yang benar yakni menggunakan sabun dan air mengalir. Cuci tangan Anda selama 20 detik dan secara menyeluruh. Setelah itu barulah Anda bisa melakukan berbagai aktivitas lainnya.

Demikian tujuh tips menerima dan membuka paket untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Simak juga artikel ini untuk mengetahui tips pesan makanan via online agar terhindar dan penyebaran virus Corona. Selain itu, Anda juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips mengambil uang di ATM selama wabah Corona.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait