Pesan Makanan Via Online Saat Di Rumah Aja? Simak 7 Tips Ini Agar Terhindar dari Penyebaran Corona
Getty Images
SerbaSerbi
#dirumahsaja

Di tengah wabah Corona, masyarakat mungkin akan lebih sering memanfaatkan jasa pesan antar makanan. Nah, jika Anda juga menggunakan layanan ini, sebaiknya simak beberapa tips berikut agar terhindar dari virus Corona.

WowKeren - Jumlah pasien yang terinfeksi Corona di Indonesia terus meningkat setiap harinya. Hingga Senin (30/3), jumlah pasien positif COVID-19 di Tanah Air telah mencapai 1.414 orang. Jumlah ini menunjukkan penambahan pasien positif sebanyak 129 orang dari hari sebelumnya.

Demi meminimalisir penyebaran virus Corona, pemerintah telah menerapkan berbagai macam imbauan. Di antaranya adalah mengurangi aktivitas di luar rumah, menjaga kebersihan dan menjaga jarak dengan orang lain. Karena itulah kini sudah semakin banyak orang yang memilih untuk di rumah saja.


Nah, dalam situasi seperti saat ini, Anda mungkin lebih sering memanfaatkan jasa pesan antar makanan lewat online. Namun yang jadi pertanyaan, amankah pesan makanan menggunakan jasa ojek online di tengah wabah Corona?

Pasalnya kita tetap berisiko terpapar virus apabila seseorang memegang permukaan benda yang mengandung virus tersebut, misalnya pembungkus makanan, lalu memegang mulut, hidung maupun mata mereka. Tapi tenang, sebab ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap aman dan terhindar dari paparan virus Corona saat memesan makanan via online. Apa sajakah itu? Berikut informasi lengkapnya.

(wk/eval)

1. Pilih Restoran yang Terpercaya


Pilih Restoran yang Terpercaya

Tips pertama yang harus Anda perhatikan saat memesan makanan secara online adalah soal pemilihan restoran. Sebaiknya pilih restoran yang terpercaya, sudah pernah Anda datangi atau coba pesan makanannya sebelum ini. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui bagaimana pihak restoran mengelola, memasak serta menjaga kehigienisan makanannya.

Tidak salah memang jika Anda memutuskan untuk memesan makanan di restoran baru atau yang belum pernah Anda coba sebelumnya. Namun hal ini dapat menimbulkan rasa keraguan dan kekhawatiran di benak Anda tentang cara pengolahan maupun kebersihan makanan yang dijual.

2. Pesan Makanan yang Sudah Dimasak dengan Matang


Pesan Makanan yang Sudah Dimasak dengan Matang

Makanan yang telah dimasak dengan baik dan matang biasanya membuat berbagai virus, kuman dan bakteri mati dalam proses pemasakan. Sedangkan makanan mentah atau yang tidak dimasak dengan baik cenderung mudah tercemar oleh virus, bakteri dan kuman. Sehingga risiko makanan tercemar oleh virus bisa lebih tinggi.

Selain itu, akan lebih baik juga Anda memanaskan kembali makanan yang telah dibeli secara online. Hal ini bertujuan untuk membunuh virus, kuman maupun bakteri yang mungkin terkontaminasi pada makanan yang telah Anda pesan.

3. Gunakan Metode Pembayaran Non Tunai


Gunakan Metode Pembayaran Non Tunai

Usahakan untuk selalu menggunakan metode pembayaran non tunai saat melakukan pemesanan makanan lewat ojol atau secara online. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah penyebaran kuman dan bakteri melalui uang kertas. Selain itu, langkah ini juga penting untuk meminimalisir interaksi dengan petugas pengantar.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Leibniz University Hanover di Jerman, virus dapat bertahan hidup di sejumlah benda mati. Seperti baja, aluminium, kertas, kayu, plastik, kaca dan sebagainya. Karena itulah sebaiknya pilih metode pembayaran non tunai untuk meminimalisir risiko terpapar oleh virus Corona.

4. Batasi Kontak dengan Kurir dan Manfaatkan Layanan Contactless Delivery


Batasi Kontak dengan Kurir dan Manfaatkan Layanan Contactless Delivery

Tips memesan makanan lewat ojek online yang aman berikutnya adalah dengan membatasi kontak langsung dengan kurir atau pengantar makanan. Saat ini layanan ojek online telah menerapkan sistem contactless delivery atau pemesanan tanpa kontak yang bertujuan untuk menghindari penyebaran virus Corona. Dengan memanfaatkan layanan ini, kita dapat menjaga jarak dan menghindari interaksi langsung dengan kurir atau petugas pengantar makanan.

Yang perlu Anda lakukan hanya menginformasikan ke petugas untuk meletakkan pesanan di tempat tertentu tanpa perlu memberikannya secara langsung pada kita. Nantinya petugas tersebut akan menunggu kita sampai pesanan diambil dengan jarak sejauh dua meter. Lebih aman bukan?

5. Segera Buang Pembungkus Makanan yang Dipesan Secara Online


Segera Buang Pembungkus Makanan yang Dipesan Secara Online

Tips berikutnya yang sebaiknya Anda ikuti saat memesan makanan lewat ojol adalah buang pembungkus makanan segera setelah diterima. Sebab pembungkus tersebut kemungkinan telah tertempel oleh virus, kuman maupun bakteri dari luar.

Selain itu, jangan meletakkan kantong berisi makanan yang baru diantar di atas meja. Sebagai gantinya, Anda bisa meletakkannya di atas wastafel. Setelah makanan dikeluarkan dan kantongnya dibuang, bersihkan wastafel Anda dengan cairan disinfektan.

6. Setelah Membuang Pembungkus Makanan, Cuci Tanganmu Sampai Bersih


Setelah Membuang Pembungkus Makanan, Cuci Tanganmu Sampai Bersih

Menurut National Institutes of Health, virus Corona dapat bertahan hidup di permukaan karton selama 24 jam dan di permukaan plastik sampai 72 jam. Karena itulah setelah Anda membuang pembungkus makanan, sebaiknya langsung cuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir hingga bersih selama 20 detik.

Hal ini disebabkan karena mencuci tangan adalah salah satu langkah utama untuk mencegah penyebaran virus Corona. Jika Anda tidak dapat menemukan akses air mengalir dan sabun, sebaiknya gunakan cairan pembersih tangan dengan kandungan alkohol sebesar 70 persen. Pastikan juga Anda tidak menyentuh wajah saat membawa makanan ke dalam rumah atau ketika sedang menyiapkannya.

7. Pindahkan Makanan ke Tempat Makan Milik Sendiri


Pindahkan Makanan ke Tempat Makan Milik Sendiri

Setelah membuang pembungkus makanan dan mencuci tangan, sebaiknya Anda langsung memindahkan makanan ke wadah milik Anda sendiri. Langkah ini bertujuan untuk menghindari paparan virus, bakteri maupun kuman yang menempel di kemasan selama makanan diantar oleh kurir. Bila perlu, bersihkan juga bagian rumah yang sudah bersentuhan dengan kemasan makanan tersebut dengan disinfektan untuk mencegah penyebaran virus dan kuman.

Demikian tujuh tips memesan makanan lewat online selama wabah Corona yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai camilan lezat yang bisa kamu buat sendiri selama di rumah aja. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui tips saat belanja di pasar dan setelah kembali ke rumah di tengah wabah Corona.

You can share this post!

Related Posts