Bakal Telan Rp 5 Miliar Lebih, Gapura 'Naruto' di Samarinda Jadi Sorotan
SerbaSerbi

Proyek gapura di Samarinda tersebut saat ini masih belum rampung. Pasalnya, sebagian Rp 3 miliar anggarannya masih harus direalokasikan untuk penanganan COVID-19.

WowKeren - Sebuah gapura di Samarinda, Kalimantan Timur akhir-akhir ini menuai sorotan. Proyek pembangunan gapura tersebut menghabiskan dana sekitar Rp 5,2 miliar.

Gapura ini cukup menuai sorotan lantaran bentuknya yang mirip menyerupai ekor Kurama. Bagi penggemar animasi Jepang Naruto, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ini.

Kurama merupakan siluman rubah berekor sembilan (Kyuubi) yang disegel di dalam diri Naruto Uzumaki, seorang ninja asal Konohagakure. Nah, bentuk gapura yang ada di Samarinda ini, disebut-sebut mirip seperti Kyuubi.

Pekerjaan tahap pertama gapura ini telah menelan anggaran sekitar Rp 1,7 miliar. Dana ini digunakan untuk membangun empat tiang dan satu simbol paruh burung enggang yang terbuat dari baja.


Bukan impor, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Proyek Gapura, Bidang Cipta Karya, Dinas PUPR Samarinda, Suprayogi, menuturkan jika baja tersebut didatangkan dari Boyolali. "Harga baja itu senilai Rp 900 juta beli di Boyolali, Jawa Tengah," ungkap dia dilansir Kompas, Jumat (12/6).

Lalu di tahap kedua ada proyek pelebaran jalan di sekitar gapura. Tahap ini memerlukan dana sebesar Rp 500 juta dari APBD perubahan. Suprayogi menjelaskan jika masih ada beberapa pilar yang belum dipasang. Secara keseluruhan, proyek tersebut masih memerlukan anggaran sekitar Rp 3 miliar.

"Masih ada tiga pilar lagi yang belum dipasang simbol paruh burung enggang," tutur Suprayogi. "Jadi butuh dana sekitar Rp 3 miliar lagi untuk menyelesaikan kegiatan tersebut plus lighting (lampu)."

Adapun dana Rp 3 miliar tersebut tengah dialihkan untuk penanganan COVID-19. Sehingga masih belum diketahui kapan proyek gapura tersebut akan dilanjutkan. "Jadi belum tahu kapan gapura itu rampung. Tapi Pak Wali Kota minta secepatnya," ujar Suprayogi.

Proyek gapura ini dibangun di tengah jalan HM Rifadin dari arah Balikpapan. Simbol paruh burung enggang rencananya akan dipasang pada masing-masing gapura. Simbol inilah yang disebut-sebut warganet mirip ekor Kyuubi.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait