Ingin Jalan-Jalan ke Mal di Era New Normal? Ikuti 7 Tips Ini Agar Terhindar dari Virus Corona
SerbaSerbi
Skenario New Normal COVID-19

Pergi ke mal di era new normal memungkinkan kita untuk bertemu dengan banyak orang. Oleh sebab itu, sebaiknya ikuti 7 tips ini saat pergi ke mal agar terhindar dari virus Corona.

WowKeren - Pemerintah Indonesia saat ini tengah memperkenalkan era new normal secara perlahan pada masyarakat. Sesuai dengan namanya, new normal merupakan fase di mana aktivitas publik kembali dilakukan secara normal dengan protokol kesehatan tertentu demi mencegah penyebarluasan virus Corona.

Salah satu sektor yang kembali dibuka adalah mal atau pusat perbelanjaan. Dibukanya mal tentu membuat sebagian masyarakat bersuka cita. Karena setelah menghabiskan banyak waktunya di rumah, kini mereka bisa kembali berbelanja, jalan-jalan atau sekedar refreshing di sana.

Tapi dengan mengunjungi mal, tentu saja kamu akan bertemu dengan banyak orang sehingga risiko tertular virus Corona akan semakin besar. Oleh karena itulah jika kamu benar-benar ingin pergi ke mal di era new normal, sebaiknya lakukan beberapa langkah pencegahan dengan menerapkan tujuh tips ini agar tak sampai tertular virus Corona.

(wk/eval)

1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat


Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat

Sebelum memutuskan untuk pergi ke mal, sebaiknya pastikan dulu tubuhmu dalam kondisi fit. Pastikan kamu sedang bugar dan tidak memiliki beberapa gejala flu seperti batuk, pilek maupun demam tinggi. Karena jika sedang sakit, daya tahan tubuh akan melemah sehingga risiko untuk tertular virus akan jauh lebih besar. Situasinya akan lebih buruk jika kamu sedang batuk, karena berisiko menyebarkan virus penyakit pada orang lain.

Selain itu, usahakan juga untuk membaca aturan dan panduan yang harus ditaati saat pergi ke mal. Perluas wawasanmu terhadap segala aturan tersebut untuk menjaga tubuhmu tetap aman dan menghindari cemooh dari orang lain akibat pelanggaran yang kamu lakukan.

2. Selalu Gunakan Masker dan Alat Perlindungan Diri Lainnya


Selalu Gunakan Masker dan Alat Perlindungan Diri Lainnya

Hal wajib yang harus kamu lakukan saat keluar rumah di tengah Pandemi Corona adalah menggunakan masker. Terutama ketika kamu mengunjungi berbagai ruang publik seperti mal atau pusat perbelanjaan. Cara ini tak hanya untuk melindungi diri kita dari infeksi virus Corona, namun juga mencegah agar orang lain tidak sampai tertular.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa alat perlindungan lainnya seperti face shield, topi hingga kacamata. Usahakan juga untuk menggunakan pakaian lengan panjang untuk menghindari kontak kulit dengan orang lain saat berada di mal. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir penyebaran virus Corona dengan lebih baik.

3. Bawa Selalu Hand Sanitizer


Bawa Selalu Hand Sanitizer

Ada beberapa barang yang harus selalu kamu bawa saat beraktivitas di luar rumah di era new normal. Hal ini sangat penting dilakukan agar kamu bisa melindungi diri dan mencegah tertular virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

Di antara barang tersebut adalah hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen. Hand sanitizer dapat kamu gunakan untuk membersihkan tangan yang kotor setelah memegang banyak benda maupun berinteraksi dengan orang lain di mal. Hand sanitizer bahkan diklaim dapat membunuh kuman hingga 99,9 persen.

4. Usahakan Untuk Melakukan Transaksi Non-Tunai


Usahakan Untuk Melakukan Transaksi Non-Tunai

Badan Kesehatan Dunia atau WHO sempat mengungkapkan bahwa uang kertas bisa menjadi perantara virus Corona. Sebab kita tidak tahu siapa saja yang telah memegangnya dan partikel apa saja yang telah menempel di permukaannya.

Oleh karena itu sebaiknya kurangi penggunaan uang tunai dan ganti dengan uang digital. Bawa selalu kartu ATM, kartu kredit maupun dompet online untuk melakukan transaksi non-tunai di mal. Namun jika kamu terpaksa menggunakan uang tunai, jangan lupa untuk selalu membersihkan tangan dengan sebaik mungkin ya.

5. Selalu Menjaga Jarak


Selalu Menjaga Jarak

Physical distancing merupakan salah satu cara yang harus dilakukan masyarakat untuk meminimalisir penyebaran virus Corona. Oleh sebab itu tips berikutnya yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah selalu menjaga jarak dengan orang lain minimal dua meter.

Usahakan untuk memilih jalur yang sepi saat memasuki mal atau ketika berjalan-jalan di dalamnya. Hindari juga toko ramai yang sedang dipenuhi oleh pengunjung dan pastikan untuk selalu mengantre dengan disiplin. Selain itu, usahakan untuk mengurangi penggunaan lift demi mencegah berdesakan dan berkerumun dengan banyak orang.

6. Hindari Menyentuh Sembarang Benda


Hindari Menyentuh Sembarang Benda

Hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah tidak menyentuh sembarang benda yang ada di dalam mal. Perlu diketahui bahwa virus Corona dapat bertahan di permukaan benda mati dalam kurun waktu tertentu, sehingga kita berisiko tertular jika kebetulan menyentuh benda yang mengandung virus Corona.

Selain itu, usahakan juga untuk tidak berpegangan saat berjalan di tangga maupun ketika menggunakan eskalator. Usahakan untuk berjalan dengan normal tanpa mengandalkan pegangan untuk menyanggah badan. Sedangkan saat berada di dalam lift, sebaiknya gunakan tisu atau sarung tangan untuk memencet tombolnya.

7. Jangan Menghabiskan Waktu Terlalu Lama di Mal


Jangan Menghabiskan Waktu Terlalu Lama di Mal

Untuk mencegah agar tidak sampai tertular virus Corona, sebaiknya jangan habiskan waktu terlalu lama di mal. Untuk itu, kamu harus menentukan tujuan secara rinci agar perjalanan di mal berjalan efektif dan tidak memakan banyak waktu.

Bila perlu, tetapkan durasi waktu sendiri misalnya paling lama kamu berada di mal selama 2 jam saja. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari munculnya kerumuman yang berpengaruh besar dalam penyebarluasan virus Corona. Kamu pasti tak mau hal itu sampai terjadi kan? Oleh sebab itu, usahakan untuk pergi ke mal jika memang ada sesuatu yang penting atau membeli barang yang sangat dibutuhkan saja.

Demikian tujuh tips aman pergi ke mal di era new normal yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui beberapa tips menggelar resepsi pernikahan di era new normal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa benda yang wajib dibawa setiap beraktivitas di luar rumah saat new normal.

You can share this post!

Related Posts