Birthday Spotlight: Happy Gong Yoo Day
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas tentang aktor tampan Gong Yoo yang berulang tahun pada Jumat, 10 Juli. Bintang drama hits 'Goblin' ini berusia 41 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren - Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Kali ini, tim redaksi akan mengulas perjalanan karier aktor tampan Gong Yoo yang berulang tahun pada Jumat (10/7) kemarin.

Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing dengan sosok Gong Yoo. Aktor kelahiran 1979 ini telah membintangi sejumlah drama dan film populer, seperti "Coffee Prince", "Goblin", "One Fine Day", "Train To Busan", "Kim Ji Young: Born 1982" dan masih banyak lagi.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Gong Yoo di industri hiburan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Gong Yoo lahir di Busan, 10 Juli 1979 dengan nama asli Gong Ji Cheol. Sedangkan nama panggungnya merupakan gabungan dari nama marga ayah (Gong) dan ibunya (Ryu atau Yoo). Gong Yoo memiliki seorang kakak perempuan, karena itulah kelahirannya disambut sangat bahagia, karena dia melengkapi hadirnya anak laki-laki dalam keluarga tersebut.

Gong Yoo dikenal sebagai salah satu aktor yang mengutamakan pendidikan meski cukup sibuk dengan aktivitasnya di dunia hiburan. Ia diketahui pernah menempuh pendidikan di SD Nakmin, SMP Busan Naesung, SMA Dong Di serta menuntaskan S1 dan S2 di Universitas Kyunghee.

Sebelum debut sebagai seorang aktor, Gong Yoo lebih dulu memulai kariernya sebagai model. Gong Yoo beberapa kali mengatakan bahwa dia sebenarnya tidak memiliki niat untuk menjadi seorang aktor. Namun rasa cintanya pada akting perlahan tumbuh ketika dia menempuh pendidikan Seni Teater di Universitas Kyunghee.

Gong Yoo pernah menjelaskan bahwa awalnya dia tidak berniat lulus dari jurusan Seni Teater. Namun ketika sedang memperdalam pendidikannya, dia bertemu dengan beberapa teman yang membuatnya sadar bahwa tantangan untuk menghidupkan berbagai karakter ke layar lebar merupakan suatu pekerjaan yang menarik.

Setelah menjadi model, pada tahun 2000 Gong Yoo menjajal peruntungannya sebagai sebagai VJ atau Video Jockey dan pembawa acara untuk Mnet dan MBC. Tak tanggung-tanggung, pekerjaan ini dijalaninya selama empat tahun sejak 2000 hingga 2004.

2. Debut


Debut

Gong Yoo memulai karier aktingnya dengan beberapa peran kecil. Pertama dia muncul di serial drama KBS "School 4" sebagai cameo bernama Hwang Tae Young yang muncul di episode 29-48. Hwang Tae Young sendiri digambarkan sebagai salah satu murid SMA polos yang pandai bermain piano.

Meski hanya tampil sebagai cameo, Gong Yoo tetap menunjukkan profesionalitas aktingnya. Karena itulah dia kemudian berhasil mendapat tawaran akting dalam proyek lainnya yakni drama "Whenever the Heart Beats" dan "Hard Love".

Pada tahun 2003 Gong Yoo akhirnya mendapatkan peran utama pertamanya dalam drama "20 Years". Sayangnya drama ini tidak begitu berhasil karena rating rendah yang diperolehnya dan Gong Yoo menuai respon kurang baik dari pemirsa. Meski demikian, hal itu tidak membuat Gong Yoo patah semangat. Ia terus mengejar karier aktingnya dengan memainkan peran kecil dalam drama "Screen" dan "My Room, Your Room" yang juga tayang di tahun 2003.

Baru pada tahun 2005 Gong Yoo kembali dipercaya menjadi pemeran utama dalam drama "Hello My Teacher" bersama aktris cantik Gong Hyo Jin. Dalam drama ini Gong Yoo berperan sebagai pemuda arogan berusia 20 tahun yang bernama Park Tae In. Ia kemudian jatuh cinta dengan seorang guru pengganti yang lima tahun lebih tua darinya.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Tahun 2007 bisa dibilang sebagai puncak karier Gong Yoo di industri hiburan, khususnya setelah dia membintangi drama "Coffee Prince" bersama aktris cantik Yoon Eun Hye. Gong Yoo pernah mengatakan bahwa "Coffee Prince" adalah titik balik perjalanan kariernya.

Dalam suatu kesempatan Gong Yoo mengungkapkan bahwa dirinya pernah berusaha keras untuk tidak membintangi "Coffee Prince". Gong Yoo berkata kalau dia mendapat tawaran bermain di drama itu ketika bertanya-tanya apakah akting benar-benar jalan hidupnya. Dia merasa tersiksa oleh pikiran-pikiran itu, tapi akhirnya memutuskan untuk menerima tawaran tersebut.

"Sejujurnya, aku mencoba yang terbaik untuk tidak tampil di drama itu. Drama itu sendiri bagus dan sangat menghibur, tapi aku berusia sekitar 30 tahunan dan akan segera wamil. Aku memiliki banyak dilema realistis yang kalian miliki sekitar usia itu," jelas Gong Yoo pada 2019 lalu.

"Aku diperkenalkan ke proyek ini sekitar waktu saat aku merasa ragu tentang karierku sebagai aktor. Aku ingin menjadi seorang aktor yang memiliki warna khasnya sendiri. Aku bertanya-tanya apakah aku membuang-buang waktu. Pikiran seperti itu banyak menyiksaku selama waktu itu," terangnya.

"Aku tidak tahu bagaimana jadinya hidupku jika aku tidak melakukannya. Itu adalah proyek yang membangkitkan kembali gairahku dalam akting. Aku selalu mengatakan bahwa proyek itu memiliki arti khusus bagiku," pungkasnya.

Benar saja karena setelah membintangi "Coffee Prince", popularitas Gong Yoo semakin meningkat, baik di Korea sendiri maupun di ranah internasional. Dia juga mendapat pengakuan dari banyak aktor dan aktris senior berkat perannya sebagai Choi Han Gyul dalam drama ini.

Setelah "Coffee Prince" sukses besar, Gong Yoo meninggalkan dunia hiburan untuk sementara waktu demi menjalankan wajib militer. Meski pergi wamil saat berada di puncak kariernya, Gong Yoo mengaku tidak menyesal sama sekali. Karena dalam rentang waktu tersebut dia mendapat banyak pelajaran dan masukan berharga dari rekan-rekannya di militer.

Selain tahun 2007, tahun 2016 juga bisa dianggap sebagai puncak karier Gong Yoo sebagai seorang aktor. Pasalnya pada tahun itu Gong Yoo memiliki dua proyek akting yang sukses besar, yakni drama "Goblin" dan film hits "Train to Busan".

Berkat perannya di "Goblin", Gong Yoo bahkan mendapat penghargaan sebagai Aktor Terbaik dalam ajang penghargaan Baeksang Arts Award 2017. Sedangkan film "Train to Busan" juga berhasil meraih beberapa penghargaan di ajang bergengsi Baeksang Arts Award 2017 dan Blue Dragon Award 2016.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara

Sepanjang perjalanan kariernya di industri hiburan, Gong Yoo pernah dirumorkan menjalin hubungan asmara dengan beberapa aktris cantik. Di antaranya adalah Lim Soo Jung, Yoon Eun Hye, Kim Go Eun hingga Jung Yu Mi.

Rumor kencan Gong Yoo dengan Lim Soo Jung berasal dari artikel dan foto yang dirilis oleh sebuah majalah yang menyatakan bahwa keduanya terlihat berlibur berdua di Pulau Jeju. Mereka dikatakan mengenakan topi yang sama dan tampak bahagia saat jalan-jalan bersama. Namun kemudian terungkap bahwa beberapa teman mereka turut serta dalam perjalanan tersebut.

Lim Soo Jung juga pernah menanggapi rumor tersebut dengan mengatakan, "Aku beruntung karena rumor pertamaku adalah tentang hubunganku dengan Gong Yoo. Aku menganggap Gong Yoo sebagai kolegaku dan kami sudah cukup lama saling mengenal."

Sementara rumor kencannya dengan Yoon Eun Hye muncul setelah mereka membintangi "Cofee Prince" bersama. Selain karena chemistry kuat keduanya, rumor muncul ketika mereka berbagi ciuman yang penuh gairah, romantis dan sehat dalam drama. Yoon Eun Hye bahkan pernah mengatakan bahwa ciumannya dengan Gong Yoo di "Coffe Prince" merupakan yang terbaik dalam hidupnya.

Rumor tersebut semakin diperkuat setelah beberapa foto diduga pasangan ini sedang berkencan dan berciuman tersebar di internet. Namun baik Gong Yoo maupun Yoon Eun Hye kompak menyangkal rumor kencan tersebut melalui agensi masing-masing.

Berikutnya adalah rumor kencan Gong Yoo dengan Kim Go Eun. Rumor kencan mereka muncul setelah Kim Go Eun putus dengan Shin Ha Kyun setelah membintangi "Goblin". Karena itulah dia diisukan terlibat cinta lokasi dengan Gong Yoo. Meski demikian, agensi kedua bintang ini membantah rumor tersebut.

Selain rumor pacaran, Gong Yoo juga pernah dikabarkan telah menikahi aktris cantik Jung Yu Mi. Di awal 2018, ada desas-desus yang mengatakan bahwa keduanya telah menyewa hotel dan akan menikah. Sebuah postingan di internet bahkan menyebutkan tanggal dan lokasi pernikahan mereka. Meski demikian, agensi yang menaungi keduanya dengan tegas membantah rumor tersebut.

Gong Yoo dan Jung Yu Mi sendiri diketahui pernah membintangi proyek yang sama hingga tiga kali. Yakni film "Silenced", "Train to Busan" hingga yang terbaru adalah "Kim Ji Young, Born 1982". Selain itu, mereka juga akan membintangi film baru lain yang berjudul "Wonderland". Dan meski beberapa kali dirumorkan menjalin hubungan asmara, Gong Yoo dan Jung Yu Mi tetap bersahabat baik sebagai rekan kerja dan teman satu agensi.

5. Kontroversi


Kontroversi

Selama perjalanan kariernya di industri hiburan, Gong Yoo dikenal sebagai salah satu aktor yang jauh dari skandal. Meski demikian, filmnya yang berjudul "Kim Ji Young, Born 1982" sempat menuai kontroversi yang cukup pelik dan memicu perdebatan tentang feminisme, sebuah isu yang cukup sensitif di Korea Selatan.

"Kim Ji Young, Born 1982" sendiri diadaptasi dari novel kontroversial berjudul serupa. Film ini menceritakan tentang kehidupan Kim Ji Young (Jung Yu Mi), seorang wanita karier yang harus meninggalkan pekerjaannya setelah menikah dan memiliki anak. Ada banyak hal yang membuat Kim Ji Young kehilangan jati dirinya secara perlahan akibat terperangkap dalam rutinitasnya sebagai ibu rumah tangga.

Karena dianggap sebagai simbol perjuangan wanita di tengah patriarki Korea Selatan, beberapa pihak berencana untuk memboikot film ini. Para pemainnya termasuk Gong Yoo dan Jung Yu Mi juga menuai banyak hujatan dari netizen Korea. Di antaranya beberapa komentar berikut ini.

"Sepertinya dia akan mendapatkan banyak haters."

"Mengejutkan melihat aktor berpengaruh membintangi film ini."

"Aku sangat menyukai Gong Yoo, tapi tampil di film feminis? Aku rasa aku tidak punya alasan lagi untuk menonton karya-karyanya."

"Gong Yoo... Kenapa kamu melakukan ini, kenapa ini. Jangan tertarik pada feminisme. Aku mulai kehilangan minat padamu."

"Selamat tinggal, Gong Yoo."

Meski menuai banyak kontroversi, Gong Yoo enggan mengubah keputusannya untuk menjadi pemeran utama "Kim Ji Young, Born 1982". Gong Yoo pernah mengatakan bahwa kisah dalam film ini membuatnya teringat pada keluarganya. Dia bahkan menangis saat membaca naskah film tersebut dan berharap akan ada banyak orang yang bisa terhubung dengan ceritanya.

"Seperti yang kubilang sebelumnya, aku tidak ragu-ragu membintangi film ini. Tanggapan negatif tidak menyebabkan masalah dalam keputusanku bergabung. Aku percaya kalau akan ada perbedaan dalam pandangan setiap orang. Aku merasa bukan masalah ini salah atau benar," ujar Gong Yoo pada jumpa pers "Kim Ji Young, Born 1982" kala itu.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Gong Yoo akan segera membintangi film baru yang berjudul "Wonderland" bersama sejumlah aktor populer seperti Park Bo Gum, Suzy, Jung Yu Mi, Choi Woo Shik hingga aktris Tiongkok Tang Wei.

"Wonderland" merupakan film romantis yang mengusung cerita soal dunia virtual bernama Wonderland. Di dunia itu, seseorang bisa meminta bertemu dengan orang yang dirindukannya dengan bantuan pengendali dunia simulasi.

Gong Yoo berperan sebagai seorang pria berusia empat puluhan yang merindukan mendiang istrinya (Tang Wei). Untuk mengobati rasa rindunya dan sang buah hati, dia meminta bantuan pengendali Wonderland agar mereka dapat bertemu.

Selain "Wonderland", Gong Yoo kemungkinan akan memiliki proyek baru lainnya yakni drama Netflix yang berjudul "The Sea Of Silence". Pada bulan April lalu, Gong Yoo dikabarkan tengah diincar sebagai pemeran utama pria untuk mendampingi Bae Doona.

"The Sea Of Silence" sendiri merupakan serial thriller sci-fi dengan latar waktu masa depan, di mana bumi mengalami kekeringan serta kekurangan makanan dan air. Sebuah tim khusus ditugaskan untuk mengambil sampel misterius dari pangkalan penelitian yang ditinggalkan di bulan.

Jika menerima tawaran ini Gong Yoo akan berperan sebagai seorang prajurit dan pemimpin tim bernama Yoon Jae yang bertugas di Space and Aeronautics Administration. Dia digambarkan sebagai pria yang memiliki keterampilan kerja yang luar biasa dengan karisma yang bersinar. Bagi kalian yang penasaran apakah Gong Yoo akan menerima tawaran drama tersebut atau tidak, pantau terus WowKeren untuk mengikuti perkembangan terbarunya ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait