Birthday Spotlight: Happy Lee Kwang Soo Day
Selebriti
Birthday Spotlight

Birthday Spotlight kali ini akan mengulas tentang aktor sekaligus entertainer Lee Kwang Soo yang berulang tahun pada Selasa (14/7) lalu. Bintang 'Running Man' ini berusia 35 tahun menurut perhitungan internasional.

WowKeren -

Rubrik Birthday Spotlight kembali hadir untuk menemani akhir pekan pembaca setia WowKeren. Kali ini, tim redaksi akan mengulas perjalanan karier aktor sekaligus entertainer Lee Kwang Soo yang berulang tahun pada Selasa (14/7) lalu.

Pecinta "Running Man" pasti sudah tidak asing dengan sosok Lee Kwang Soo. Pria yang dijuluki "Prince of Asia" ini telah membintangi sejumlah drama dan film populer seperti "It's Ok, That's Love", "City Hunter", Dong Yi, "Confession", "Tazza: One Eyed Jack" dan masih banyak lagi.

Tak perlu lama-lama lagi, langsung saja yuk intip seperti apa perjalanan karier Lee Kwang Soo di industri hiburan sejak sebelum debut hingga kini!

(wk/eval)

1. Pra Debut


Pra Debut

Lee Kwang Soo lahir pada 14 Juli 1985 di Namyangju, Gyeonggi, Korea Selatan. Dia diketahui berasal dari keluarga berada, sebab ayahnya merupakan seorang pengusaha yang memiliki pabrik furniture. Di sisi lain, ibunya pernah menjadi perbincangan karena mengejek anaknya yang dikatakan mudah jatuh cinta namun selalu gagal dalam urusan percintaan.

Sebelum terjun ke dunia hiburan, Lee Kwang Soo yang suka menggambar komik dan grafiti sejak kecil bercita-cita menjadi seorang kartunis. Namun keluarganya tidak merestui niatnya tersebut, sehingga dia menggambar hanya untuk mengisi waktu luangnya saja.

Aktor yang dijuluki dengan jerapah ini juga diketahui telah menyelesaikan wajib militernya sebelum debut, tepatnya pada tahun 2007 ketika ia berusia 22 tahun. Setelah menyelesaikan wamil, Lee Kwang Soo mulai bekerja sebagai seorang model.

2. Debut


Debut

Setahun setelah terjun ke dunia modeling, Lee Kwang Soo akhirnya debut akting melalui sitkom "Here He Comes". Dalam serial berjumlah 97 episode ini Lee Kwang Soo dipercaya memerankan karakter pendukung yang bernama Oh Man Su.

Setelahnya, Lee Kwang Soo muncul di banyak drama televisi dan film layar lebar. Pada tahun 2009, Lee Kwang Soo dipercaya berperan sebagai Kwang Su dalam drama MBC yang berjudul "High Kick!" season 2. Pada tahun 2010 dia terlibat dalam produksi drama hit "Dong Yi" sebagai Yong Dal, lalu pada tahun 2011 dia turut serta dalam drama "City Hunter" yang juga sangat populer.

Sedangkan film pertama yang dibintanginya adalah "Battlefield Heroes" yang tayang pada tahun 2011. Dalam film bertema sejarah ini Lee Kwang Soo berperan sebagai salah satu karakter penting bernama Moon Di.

Dua tahun setelah debut sebagai aktor, Lee Kwang Soo ditunjuk sebagai salah satu member variety show SBS "Running Man". Dia adalah salah satu anggota termuda yang dikenalkan sebagai variety rookie karena kurangnya pengalaman di acara ragam.

Di "Running Man", Lee Kwang Soo disebut sebagai salah satu pemain yang paling lemah dalam perlombaan karena sering dieliminasi pertama. Meski demikian, dia telah banyak berkembang dan tak segan mengkhianati member yang lain tanpa merasa bersalah.

Setelah "Running Man" mendapat banyak perhatian karena konsep acara yang menghibur, popularitas Lee Kwang Soo ikut melejit. Berkat popularitas "Running Man" di Tiongkok dan sebagian besar negara Asia Tenggara, Lee Kwang Soo akhirnya menerima julukan sebagai "Prince of Asia" karena banyaknya penggemar yang ia miliki.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Tahun 2014 bisa dibilang sebagai tahun kejayaan Lee Kwang Soo sebagai seorang aktor. Melalui perannya sebagai Park Soo Gwang di drama hit "It's Okay, That's Love" dia berhasil memenangkan banyak penghargaan.

Pertama, dia berhasil membawa pulang piala Excellence Award dalam ajang Korea Drama Awards Ke-7, kedua ia berhasil menyabet piala Popular Star Award dalam ajang APAN Star Awards Ke-3 serta piala kategori Special Actor Miniseries dalam ajang penghargaan SBS Drama Awards 2014.

Selain itu, pada tahun 2014 Lee Kwang Soo akhirnya mendapat peran utama pertamanya lewat film "Confession". Film ini bercerita tentang persahabatan tiga pria yang hancur setelah mereka terlibat dalam kasus pembunuhan.

Film lain yang tak kalah penting dalam perjalanan karier Lee Kwang Soo adalah "Inseparable Bros" yang tayang pada tahun 2019 lalu. Berkat perannya sebagai Dong Goo dalam film ini, Lee Kwang Soo sukses menyabet beberapa penghargaan bergengsi.

Pertama, ia menjadi nominasi Best Supporting Actor sekaligus menyabet piala Popular Star Award dalam ajang penghargaan Blue Dragon Film Awards Ke-40. Selain itu, dia juga berhasil meraih penghargaan sebagai Best Supporting Actor kategori film dalam ajang bergengsi Baeksang Arts Awards Ke-56.

Di samping menerima penghargaan atas aktingnya, setiap tahun sejak 2011 Lee Kwang Soo sukses memenangkan beberapa piala individu maupun grup berkat penampilannya di "Running Man". Dengan banyaknya piala yang ia dapat, Lee Kwang Soo berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu aktor sekaligus komedian berkelas di Korea Selatan.

4. Kehidupan Asmara


Kehidupan Asmara

Selama perjalanan kariernya di industri hiburan, Lee Kwang Soo pernah beberapa kali diterpa rumor kencan. Pada Januari 2017, ada rumor kencan yang melibatkan Lee Kwang Soo dengan Song Ji Hyo. Rumor ini menyebar setelah mereka mengakui perasaan pada satu sama lain dalam sesi permainan "Maaf, Terima Kasih, I Love You" di "Running Man".

Lee Kwang Soo yang merasa bersalah sering bertingkah kasar pada Song Ji Hyo menyampaikan permohonan maafnya. Ia juga menyampaikan rasa terima kasihnya karena Song Ji Hyo kerap menyemangati dan mendukungnya. Dalam sesi itu Lee Kwang Soo bahkan bercanda akan mengatakan "I Love You" pada Song Ji Hyo.

Di sisi lain, Song Ji Hyo juga merasa bersalah karena sering memukul Lee Kwang Soo. Dia bahkan mengungkapkan pernah ditawari Lee Kwang Soo untuk tinggal di rumahnya saat bertengkar hebat dengan ibunya. Karena itulah dia merasa beruntung bisa bertemu dengan Lee Kwang Soo yang memiliki kepribadian mengharukan.

Sontak, pernyataan mereka dalam sesi tersebut langsung membuat para member yang lain menaruh curiga dan menganggap keduanya pernah menjalin hubungan spesial. Meski demikian, tak pernah terjadi apa-apa di antara mereka. Song Ji Hyo bahkan menyatakan bahwa saat itu dia menolak tawaran Lee Kwang Soo untuk menginap di rumahnya.

Setelah dirumorkan mengencani Song Ji Hyo, Lee Kwang Soo kemudian digosipkan berpacaran dengan member "Running Man" lainnya Jeon So Min. Rumor kencan ini muncul setelah keduanya mendapatkan penghargaan Best Couple dalam ajang penghargaan SBS Entertainment Awards 2017.

Ada banyak orang yang menganggap jika keduanya memiliki chemistry yang sangat kuat saat syuting "Running Man". Selain itu, orang-orang juga menganggap mereka berkencan karena menggunakan gelang yang sama yang biasa disebut dengan gelang pasangan.

Lalu pada bulan Maret 2018, Jeon So Min mengklarifikasi rumor kencannya dengan Lee Kwang Soo. Baginya, Lee Kwang Soo adalah salah satu teman dekat yang sangat ia andalkan. Ia bahkan membantah tegas kemungkinan berkencan dengan Lee Kwang Soo dan mengatakan bahwa gelang sama yang mereka kenakan telah disiapkan oleh stylist.

Bahkan pada tahun 2019 lalu Jeon So Min mengungkapkan bahwa dia sempat syok saat dirumorkan berkencan dengan Lee Kwang Soo. Pasalnya pada saat itu Lee Kwang Soo tengah diam-diam berpacaran dengan Lee Sun Bin.

Setelah semua rumor tersebut, Lee Kwang Soo akhirnya dikonfirmasi memacari aktris cantik Lee Sun Bin pada akhir 2018. Hal ini bermula dari laporan TV Report pada 31 Desember 2018 yang menyatakan bahwa keduanya telah berkencan selama lima bulan.

Menanggapi laporan tersebut, King Kong by Starship selaku agensi Lee Kwang Soo langsung membenarkannya. "Lee Kwang Soo dan Lee Sun Bin sudah berkencan selama lima bulan. Setelah bertemu di 'Running Man', mereka akhirnya menjadi pasangan kekasih, dan mereka saat ini menemani satu sama lain di pertemuan serta memperkenalkan satu sama lain pada kenalan terdekat," ujar perwakilan King Kong by Starship kala itu.

Lee Kwang Soo dan Lee Sun Bin sendiri pertama kali bertemu saat syuting "Running Man" pada September 2016. Bahkan sebelum mengkonfirmasikan hubungannya pada pers, mereka tidak sungkan menunjukkan perhatian terhadap satu sama lain di depan teman-teman dekat dan kenalan mereka. Lee Kwang Soo juga menyebut Lee Sun Bin sebagai "pacarku" di depan umum.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada tahun 2018 lalu, Lee Kwang Soo pernah dikritik habis-habisan karena ucapannya yang dianggap tidak pantas pada Hyejeong AOA dalam salah satu episode "Running Man". Dalam episode "Running Man" 27 Mei 2018, ada beberapa idol populer yang menjadi bintang tamu. Seperti Song Min Ho, Kang Seung Yoon, JooE, Dayoung, serta Seolhyun dan Hyejeong.

Para bintang tamu dipasangkan dengan member "Running Man" untuk menjalankan misi bertema zombie dan Lee Kwang Soo berpasangan dengan Hyejeong. Selama bermain, Lee Kwang Soo akhirnya menyadari jika dia telah diubah menjadi zombie oleh Hyojeong. Karena merasa kecewa, Lee Kwang Soo mengucapkan beberapa makian pada Hyejeong seperti "gold digger" (mata duitan) dan "vixen" (rubah betina atau wanita simpanan).

Akibat insiden tersebut, feminis Korea yang merasa tersinggung sampai mengajukan petisi pada Blue House (Istana Kepresidenan Korea) untuk menghukum mati Lee Kwang Soo. Yang membuat syok lagi, petisi itu ditandatangani oleh 1.648 orang. Meski demikian, pemerintah akhirnya menghapus petisi tersebut karena jauh dari target, di mana permintaan publik akan diproses jika sudah ditandatangani oleh 200 ribu orang.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Selain disibukkan dengan syuting "Running Man", Lee Kwang Soo juga juga memiliki beberapa proyek akting masa depan. Pertama adalah film "Sinkhole" yang juga dibintangi oleh aktor Cha Seung Won dan Kim Sung Kyun.

"Sinkhole" adalah film tentang bencana alam yang dibalut dengan unsur komedi. Film ini menceritakan tentang seorang pria yang akhirnya bisa membeli rumah setelah menabung selama 11 tahun. Namun rumah tersebut runtuh ke dalam lubang pembuangan hanya dalam waktu satu menit.

Lee Kwang Soo akan berperan sebagai seorang pria bernama Kim Seung Hyun. Ia harus mengalami nasib sial karena terjebak di dalam rumah yang runtuh bersama dengan pemiliknya sekaligus supervisor kantor.

Selain "Sinkhole", Lee Kwang Soo juga akan berpartisipasi dalam sekuel film populer "The Pirates" yakni "The Pirates: Goblin Flag". Dalam film ini Lee Kwang Soo akan beradu akting dengan sejumlah aktor ternama seperti Kang Ha Neul, Han Hyo Joo, Sehun EXO, Kwon Sang Woo, Chae Soo Bin dan masih banyak lagi.

"The Pirates: Goblin Flag" akan menceritakan kisah sekelompok orang yang berkumpul di kapal untuk menemukan harta terakhir keluarga Kerajaan Goryeo yang menghilang tanpa jejak setelah digantikan oleh Dinasti Joseon. Dalam film ini Lee Kwang Soo akan berperan sebagai seorang bajak laut bernama Mak Yi yang lebih suka bekerja sendiri.

You can share this post!

Related Posts