Wajibkan Warganya Pakai Masker, Wali Kota Atlanta Malah Dituntut
Dunia

Wali Kota Atlanta, Keisha Lance Bottoms dituntut oleh Gubernur Georgia, Amerika Serikat, Brian Kemp usai mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan warganya menggunakan masker saat pandemi corona.

WowKeren - Gubernur Georgia, Amerika Serikat, Brian Kemp, menuntut Wali Kota Atlanta, Keisha Lance Bottoms usai mengeluarkan kebijakan wajib mengenakan masker pada warganya. Menurut Kemp, Bottoms tidak memiliki wewenang untuk menerapkan kebijakan virus Corona yang lebih tegas dibandingkan kebijakan negara bagian terkait.

Seperti yang diketahui, di negara bagian Georgia, warga hanya diimbau untuk mengenakan masker, tidak diwajibkan. Sedangkan kota Atlanta yang yang merupakan bagian dari Georgia, warga wajib pakai masker tanpa pengecualian.

"Kota Atlanta hanya memiliki wewenang untuk menerapkan aturan yang sejalan dengan aturan negara bagian," ujar Brian Kemp dilansir dari Al Jazeera, Sabtu (18/7). "Bagaimana Wali Kota Atlanta mencoba untuk melangkahinya adalah pelanggaran."

Sebelum menuntut Bottoms, Kemp sudah sempat mencoba mencegahnya dengan mengeluarkan perintah eksekutif. Salah satu isinya, 15 kota di dalam negara bagian Georgia dilarang mewajibkan warganya untuk mengenakan masker.


Selain itu, perintah itu juga melarang kota administrasi untuk membatalkan pelonggaran lockdown ataupun mengembalikannya ke fase pertama. Kemp berdalih perintah itu atas desakan pemilik usaha dan pekerja di Atlanta.

Namun, hal itu tidak mempengaruhi Bottoms soal kebijakan wajib pakai maskernya. Bottoms memutuskan untuk tetap mewajibkan warganya mengenakan masker. "Saya menolak untuk duduk dan membiarkan kebijakan yang buruk merengut nyawa warga saya," ujar Bottoms.

Walau Wali Kota Atlanta dituntut sebagai imbas dari perlawanannya, hal tersebut tidak mengecilkan niat wali kota lain untuk mengikuti jejaknya. Sementara itu, beberapa wali kota dari negara bagian Georgia memutuskan untuk ikut melawan Kemp seperti Bottoms.

Sementara itu, keadaan Negeri Paman Sam itu makin memburuk di tengah pandemi COVID-19. Pasalnya, hingga Sabtu (17/7), tercatat lebih dari 3,7 juta orang yang dinyatakan positif corona dengan korban meninggal sebanyak 142.064 orang dan yang sembuh lebih dari 1,7 juta.

(wk/nidy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait