Malas Pakai Kacamata? 8 Tips Ini Bisa Kalian Coba Untuk Mengurangi Minus Pada Mata
Shutterstock/Artemenko Daria
Health

Bagi kalian yang enggak mau pakai kacamata, ada beberapa alternatif menyembuhkannya salah satu operasi. Namun, jika kalian ragu atau takut menjalani prosedur operasi, kalian dapat mencoba alternatif lain yang melalui beberapa tips ini.

WowKeren - Mata minus atau rabun jauh memiliki istilah medis miopia. Kondisi ini merupakan salah satu masalah mata yang banyak diderita orang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kondisi ini menyebabkan penderitanya kesulitan melihat benda jarak jauh sehingga membutuhkan kacamata untuk bantuan penglihatan.

Sinar yang direfleksikan dari sebuah objek masuk ke mata melalui kornea, kemudian difokuskan oleh lensa mata ke retina. Pada mata normal, lensa mata dan kornea membiaskan cahaya yang masuk sehingga bayangan objek difokuskan tepat di retina. Sedangkan pada mata minus, cahaya yang masuk tidak fokus di retina, namun jauh di depannya.


Hal ini dapat disebabkan karena kornea terlalu cembung atau panjang bola mata yang terlalu besar. Sehingga jika kalian memiliki mata minus, pada saat melihat objek dari jarak jauh, objek akan terlihat tidak fokus. Bagi kalian yang enggak mau pakai kacamata, ada beberapa alternatif menyembuhkannya salah satu operasi.

Jika kalian ragu atau takut menjalani prosedur operasi, kalian dapat mencoba alternatif lain yang melalui beberapa tips yang tim WowKeren rangkum berikut. Meski tidak dapat menghilangkan mata minus secara sempurna, tetapi beberapa tips ini dapat mengurangi tingkat keparahan mata minus. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Melakukan Senam Mata


Melakukan Senam Mata
toledovisiontherapy.com

Untuk sedikit mengatasi mata yang lelah atau mata stres yang dapat berakibat pada kecacatan mata seperti rabun jauh atau mata minus kalian dapat membatu memulihkannya dengan melakukan latihan senam mata. Ada banyak cara untuk melakukan senam mata.

Kalian bisa memulainya dengan pemanasan lebih dulu. Caranya, gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa hangat, lalu letakkan di atas selama beberapa detik. Berikutnya, putar bola mata perlahan searah dan juga berlawanan jarum jam, lakukan 5-10 kali per arah. Setelah pemanasan selesai, maka Anda dapat memulai latihan inti dengan beberapa gerakan.

2. Perbanyak Konsumsi Wortel


Perbanyak Konsumsi Wortel
Pixabay

Sudah bukan rahasia lagi jika wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Sebagaimana yang diketahui wortel mengandung beta-karoten yang diperlukan oleh tubuh dalam memproduksi vitamin A. Vitamin A sendiri sangat baik untuk kesehatan mata.

Dengan mengonsumsi wortel kalian akan dapat menjaga dan memelihara mata. Jika dikonsumsi secara rutin akan mengurangi minus pada mata. Fakta medis mengatakan bahwa minum dua gelas jus wortel dalam satu hari selama satu bulan dapat meningkatkan penglihatan penderita mata minus secara signifikan loh.

3. Sering Menjemur Mata Di Pagi Hari


Sering Menjemur Mata Di Pagi Hari

Cara menyembuhkan mata minus selanjutnya adalah dengan menjemur mata di pagi hari. Studi yang dilakukan oleh The London School of Hygiene and Tropical Medicine menemukan bahwa sinar ultraviolet B (UVB) pada sinar matahari bermanfaat bagi kesehatan mata anak-anak. Terutama untuk mengurangi risiko terjadinya miopi atau rabun jauh.

Untuk itu kalian bisa sesekali menjemur mata kalian di pagi hari. Caranya cukup tutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari. Diamlah dalam posisi tersebut hingga bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan latihan ini di pagi hari supaya asupan vitamin D untuk tubuh dapat terpenuhi dengan baik.

4. Lakukan Teknik Eye Palming


Lakukan Teknik Eye Palming
lifehack.org

Teknik yang satu ini dikenal dengan caranya yang unik. Jika menggunakan tekni ini kalian harus menggosokkan kedua telapak tangan mu terlebih dahulu hingga hangat. Setelah itu, tempelkan telapak tangan ke kedua mata dalam keadaan tertutup.

Setelah itu diamkan, hingga otot-otot mata kalian tenang. Teknik eye palming ini sangat cocok dilakukan saat mata dalam kondisi lelah dan pegal-pegal. Selain itu, salah satu gerakan yoga mata ini tidak hanya dapat menyegarkan mata, tapi juga memberikan ketenangan batin dan pikiran.

5. Lakukan Terapi Menatap Lilin


Lakukan Terapi Menatap Lilin
Pxhere

Terapi yang satu ini sudah cukup dikenal untuk mengatasi mata yang bermasalah. Terapi lilin dinilai mampu dijadikan sebagai cara mengobati mata minus dengan cepat dan ampuh. Caranya kalian hanya perlu menyiapkan sebatang lilin lalu menyalakannya. Setelah itu, kalian bisa menatap lilin tersebut untuk beberapa menit. Selama proses itu, usahakan tidak berkedip sama sekali.

Kalian bisa menatap lilin hingga air mata mu keluar, lalu hentikan. Untuk mendapat hasil yang maksimal, kalian bisa melakukan ini beberapa kali dalam seminggu. Namun perlu diingat, jangan lakukan terapi lilin setiap hari, sebab tidak baik untuk kesehatan mata.

6. Rutin Konsumsi Buah Bit


Rutin Konsumsi Buah Bit
Pxhere

Buah bit atau buah bit merah merupakan tanaman sejenis umbi yang berwarna ungu kemerahan. Bentuknya menyerupai kentang serta manfaat buah bit juga terdapat pada akar dan tangkainya. Biasanya buah bit dikonsumsi dengan cara dijus atau diolah lagi menjadi santapan dengan tekstur lembut.

Buah dengan warna merah merona ini memiliki vitamin yang dapat membantumu mengucapkan selamat tinggal pada mata minus secepatnya. Manfaat buah bit secara alami juga terdapat pada tingginya kandungan fitonutrien untuk melawan penyakit, antioksidan, vitamin dan mineral.

7. Perawatan Mata Dengan Daun Sirih


Perawatan Mata Dengan Daun Sirih
Pxhere

Mengonsumsi daun sirih menjadi salah satu cara mengobati mata minus secara alami. Pasalnya, daun sirih memiliki kandungan minyak esensial yang terdiri dari karvakol, kaviol, sineol, eugenol, serta kadinen. Kandungan lain yang dimiliki daun sirih di antaranya yaitu minyak atsiri. Di mana, minyak atsiri sendiri terdiri atas zat samak, gula, diatase, kavikol, apti dan seskuiterpen.

Untuk kavikol sendiri, ia bermanfaat sebagai pembunuh jamur, bakteri serta antioksidan. Selain itu, kalian bisa membuat dauh sirih menjadi masker untuk kompres mata loh. Cukup tempelkan daun sirih tersebut ke atas kelopak mata sebelum tidur. Tunggu dan diamkan hingga keesokan paginya, lalu lepas.

8. Latihan Melihat Tanpa Kacamata


Latihan Melihat Tanpa Kacamata
Pxhere

Saat menggunakan kacamata, mata akan terbiasa terfokus pada pusat lensa atau bagian tengah kacamata, dan hal ini bisa menyebabkan otot mata menjadi kaku karena bola mata jarang bergerak untuk memkamung ke arah lainnya. Nah, cara mengurangi mata minus secara alami lainnya adalah dengan melepas kacamata ketika tidak diperlukan. Selain itu, dengan melepas kacamata, juga akan mengurangi ketergantungan pada kacamata.

Simak juga beberapa kegiatan tak terduga yang ternyata bisa sebabkan mata minus di sini. Intip juga yuk beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata secara alami di sini.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait