Hindari Minus dan Katarak, Ketahui 10 Tips untuk Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami
Health

Ingin mata bebas dari minus dan penyakit lainnya? Cari tahu di sini yuk!

WowKeren - Kesehatan mata merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan. Pasalnya, panca indra saat ini sangat penting bagi manusia. Namun, masin banyak orang yang melalaikan hal tersebut.

Kalian mungkin tidak tahu bahwa banyak kebiasaan buruk yang dapat membuat mata rusak. Mulai dari terlalu lama melihat layar komputer, menggunakan lensa kontak saat tidur, membaca dalam posisi berbaring dan masih banyak lagi. Untuk selengkapnya, kalian bisa cek di sini.


Nah, untuk menjaga kesehatan mata, kalian hanya perlu menerapkan berbagai kebiasaan baik yang tidak akan merusaknya. Kalian juga harus memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh mata agar kesehatannya terjadi.

Berikut 10 tips menjaga kesehatan mata secara alami. Simak di sini, ya.

(wk/nris)

1. Telur Memiliki Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Mata


Telur Memiliki Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Mata

Siapa yang suka makan telur? Nah, telur memiliki senyawa antioksidan Lutein dan Zeaxanthin yang baik untuk kesehatan mata. Keduanya terdapat pada kuning telur yang juga merupakan antioksidan kuat sebagai pembentuk retina mata. Kandungan tersebut dapat mencegah penyakit katarak, lho.

Tak hanya itu, telur tidak hanya mengandung vitamin B12 dan D namun juga vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata manusia. Maka dari itu, jangan ragu mengonsumsi telur secara rutin, ya. Eits, namun kalian juga harus mengimbangi konsumsi telur dengan berbagai nutrisi lainnya agar tetap seimbang.

2. Bayam Kaya akan Vitamin A


Bayam Kaya akan Vitamin A

Bayam merupakan sayuran hijau yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Mulai dari menjaga kekebalan tubuh, membantu proses detoksifikasi, mencegah kanker payudara, memperkuat tulang dan masih banyak lagi. Selain manfaat tersebut, bayam juga sangat baik untuk kesehatan mata.

Hal tersebut berkat kandungan beta karoten, xanten dan lutein yang terkandung di dalam bayam. Ketika kandungan tersebut bermanfaat untuk memelihara mata agar tetap sehat. Mengonsumsi bayam secara rutin juga dapat mencegah peradangan dan iritasi mata, lho.

3. Manfaat Wortel untuk Kesehatan Mata


Manfaat Wortel untuk Kesehatan Mata

Sejak dahulu, wortel dikenal sebagai sayuran yang baik untuk kesehatan mata. Wortel merupakan sayuran buah yang mengandung vitamin A dalam bentuk beta karoten (karotenoid). Kandungan tersebut membantu meningkatkan kesehatan mata.

Vitamin A membantu mata untuk bisa melihat dengan mengonversikan cahaya yang diterima mata menjadi sinyal yang dapat ditransmisikan ke otak. Nah, hal ini yang membuat kita dapat melihat dalam kondisi minim cahaya.

4. Jaga Kesehatan Mata dengan Tomat


Jaga Kesehatan Mata dengan Tomat

Selain wortel, tomat juga kaya akan vitamin A yang membantu mata terhindar dari infeksi. Vitamin A dapat mencegah bakteri dan virus bisa masuk ke dalam mata dan tetap menjaga mata lembap. Nah, jus campuran wortel dan tomat sepertinya bakal jadi pilihan yang tepat, ya.

Tak hanya itu, tomat juga membantu proses penyaringan cahaya, juga untuk menghilangkan cahaya biru yang berpotensi merusak jaringan mata. Manfaat tersebut didapatkan berkat kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam tomat.

5. Cokelat Hitam Mampu Tingkatkan Penglihatan Mata


Cokelat Hitam Mampu Tingkatkan Penglihatan Mata

Para ilmuwan mengungkapkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam atau dark cokelat dapat meningkatkan penglihatan. Menurut penelitian, orang dewasa yang konsumsi sebatang cokelat hitam memiliki peningkatan yang signifikan soal kejernihan visual dan kepekaan kontras. Hebatnya, hasil tersebut didapatkan dalam waktu yang cukup singkat, yakni hanya dua jam setelah mengonsumsi.

Cokelat hitam mengandung flavonoid yang berfungsi melindungi pembuluh darah mata dan memperkuat kornea mata dan retina. Hal tersebut dipercaya akan melindungi mata dari kebutaan. Wah, manfaat cokelat hitam ternyata sangat besar, ya.

6. Gunakan Kacamata Hitam Agar Terhindar dari Sinar UV


Gunakan Kacamata Hitam Agar Terhindar dari Sinar UV

Sinar UV diketahui berdampak buruk untuk kulit. Namun tak hanya kulit, sinar UV juga dapat mengganggu kesehatan mata. Sebut saja resiko katarak dan degenerasi makular dapat menyerang mata kalian.

Oleh karena itu, selalu gunakan kacamata hitam jika beraktivitas di luar rumah dalam durasi yang lama. Pastikan kacamata tersebut memiliki proteksi terhadap sinar UV, ya. Dengan begitu, paparan sinar UV enggak langsung menembus ke mata kalian. Selain itu, saat berjemur di pantai, usahakan jangan menatap matahari.

7. Jangan Merokok Agar Mata Tetap Sehat


Jangan Merokok Agar Mata Tetap Sehat

Kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat menyebabkan mata rusak, lho. Menurut penelitian, orang yang merokok dalam janga waktu yang lama lebih mungkin untuk mengalami AMD (degenerasi makular) dari pada yang tidak. AMD sendiri merupakan penyakit mata yang umum terjadi pada orang lanjut usia karena kerusakan pada bagian pusat retina.

Awalnya degenerasi makular akan menurunkan kemampuan penglihatan terlebih dahulu dengan cara mempengaruhi ketajaman penglihatan, mengaburkan fokus pandangan hingga mengganggu kemampuan membaca, menulis, mengemudi dan lainnya. Parahnya, penyakit ini menyebabkan kebutaan, lho.

8. Kurangi Minum Alkohol


Kurangi Minum Alkohol

Tahukah kalian bahwa mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kebutaan permanen? Hal tersebut karena alkohol menimbulkan efek pada saraf optik. Alkohol juga akan menghambat laju komunikasi antara neurotransmitter, utusan kimia yang mengirimkan informasi dari otak ke seluruh bagian tubuh. Keterlambatan komunikasi antara otak dan mata dapat melemahkan koordinasi otot mata. Hasilnya, penglihatan jadi seperti terdistorsi.

Tak hanya itu, alkohol dapat mengurangi fungsi penyerapan vitamin dalam hati. Asupan vitamin yang seharusnya ditujukan untuk mata menjadi berkurang dan kualitas penglihatan pun menjadi tidak optimal. Maka, kurangi minum alkohol demi kesehatan, ya.

9. Jangan Mengucek Mata Terlalu Sering


Jangan Mengucek Mata Terlalu Sering

Ketika mata gatal, biasanya seseorang akan refleks menguceknya. Hal tersebut tidak baik untuk dilakukan, lho. Apalagi jika terlalu sering. Mengucek mata dapat menimbulkan iritasi yang berbahaya pada mata, seperti memerah hingga pendarahan. Selain itu, pastikan tangan bersih sebelum kalian mengucek mata, ya.

10. Istirahatkan Mata Setelah Lama Menatap Layar


Istirahatkan Mata Setelah Lama Menatap Layar

Cahaya biru pada layar monitor elektronik seperti komputer, TV atau ponsel sama berbahayanya dengan sinar ultraviolet. Hal tersebut sangat tidak baik untuk kesehatan mata. Apalagi bagi kalian yang fokus melihat layar selama berjam-jam, ketegangan mata dan sakit kepala dapat menyerang.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian segera memberi waktu istirahat pada mata secara berkala. Setiap 20 menit sekali, alihkan pandangan dari komputer ke objek lain selama beberapa detik. Selain itu, jika mata kering, coba untuk memejamkan mata sejenak, ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait