Hindari Kanker Payudara dengan Konsumsi 6 Makanan Ini
Health

Pria dan wanita beresiko mengidap penyakit kanker payudara. Ayo cegah dengan 6 makanan ini.

WowKeren - Kanker payudara merupakan jenis kanker yang cukup membuat khawatir para wanita selain kanker serviks. Dikutip dari Alo Dokter, sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara wanita seperti saluran keluar air susu, lobulus (pabrik penghasil air susu), bersama jaringan penunjang lainnya seperti jaringan lemak.

Selain hormonal, gaya hidup dan faktor lingkungan juga bisa menjadi penyebab kanker payudara. Namun setiap orang dengan gaya hidup yang hampir sama memiliki resiko yang berbeda terhadap kanker tersebut.

Bagi para pria, kalian juga harus tetap berhati-hati. Pasalnya, kanker ini juga dapat menyerang kaum laki-laki, lho. Penelitian membuktikan bahwa pria memiliki resiko sekitar 1:100.000. Memang jumlah yang sedikit, tapi hal itu tidak boleh mengurangi kewaspadaan kalian.

Berikut 6 makanan yang dapat menjauhkan kalian dari kanker payudara, dilansir dari Eat This, Not That! Yuk simak.

1. Ubi Jalar


Ubi Jalar

Siapa sangka ubi jalar rupanya baik untuk mencegah kanker payudara. Makanan satu ini kaya akan karotenoid yang dikenal sebagai beta karoten.

Jurnal dari studi Nation Cancer Institute menemukan bahwa wanita akan memiliki resiko 17 persen lebih rendah terkena kanker payudara jika memiliki tingkat beta karoten yang tinggi dalam darahnya. Teorinya adalah karotenoid mengandung senyawa yang membantu untuk mengatur pertumbuhan, pertahanan dan perbaikan sel.

2. Bayam


Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran hijau yang paling gampang untuk dijumpai. Rupanya, sayuran ini mengandung flafonoid phytonutrisi yang mampu mencegah penyakit kanker payudara, karena sifat antikankernya.

Senyawa flafonoid yang terkandung dalam bayam mampu menurunkan risiko terkena kanker payudara mencapai 34%. Serta serat dalam bayam juga dapat membantu melawan sel kanker payudara.

3. Brokoli


Brokoli

Sayuran seperti brokoli memang sangat bermanfaat untuk tubuh. Sayuran ini mengandung senyawa anti-flamasi yang dekenal sebagai sulforaphane yang berfungsi untuk menghilangkan bahan kimia penyebab kanker dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Penelitian yang dilakukan di Tiongkok menemukan bahwa penderita kanker payudara yang sering mengasup sayuran golongan cruciferous seperti brokoli, kubis, atau sawi, risikonya untuk meninggal akibat kanker payudara 62 persen lebih rendah. Selain itu, resiko kambuhnya penyakit ini juga 35 persen lebih rendah.

4. Ikan Salmon


Ikan Salmon

Salmon merupakan ikan berlemak yang kaya akan lemak sehat terutama lemak omega 3. Lemak esensial ini banyak dikaitkan dengan peningkatan prognosis kanker payudara.

Analisis skala besar studi internasional yang diterbitkan dalam jurnal BMJ membuktikan bahwa wanita yang mengonsumsi asam lemak omega 3 dari ikan memiliki resiko menderita kanker payudara 14 persen lebih kecil. American Heart Association merekomendasikan menambahkan 3,5 ons ikan berlemak ke dalam menu makan dua kali seminggu.

5. Jamur


Jamur

Menurut studi International Journal of Cancer, mengonsumsi satu porsi jamur sehari mungkin membantu melindungi kalian dari kanker payudara, lho. Penelitian seorang guru besar Universitas Indonesia telah membuktikannya juga.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa beta-glukan yang terkandung pada jamur tiram berfungsi merestorasi sistem imun yang semula lemah, dan bisa melawan sel kanker. Jadi jangan ragu untuk mengonsumsi jamur tiram ya, apalagi di Indonesia sangat banyak jamur jenis ini, lho.

6. Kubis


Kubis

Kubis mengandung antioksidan yang biasa dikenal seperti vitamin A dan C. Fitonutrien di dalamnya membantu dalam mencegah pembentukan sel kanker payudara, lho.

Selain itu, kubis mengandung banyak nutrisi anti-inflamasi yang membantu dalam mengurangi tingkat peradangan yang disebabkan karena kanker payudara. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengonsumsi sayuran-sayuran ini, ya? Manfaatnya besar sekali, lho.

You can share this post!

Related Posts