Selain Susu, Ini 8 Makanan yang Kaya Kalsium dan Bermanfaat untuk Tulang
Huffington Post
Health

Mulai dari telur ayam hingga salmon, berbagai makanan berikut ini bisa membuat tulangmu semakin kuat.

WowKeren - Tubuh memerlukan banyak nutrisi untuk dapat tumbuh dan berkembang. Salah satu nutrisi yang sangat dibutuhkan adalah kalsium, jenis mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi serta tulang. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh saraf, jantung dan sistem pembekuan darah agar bisa berfungsi dengan baik.

Pada masa kanak-kanak, asupan kalsium yang tinggi sangat diperlukan. Wanita hamil dan menyusiu juga sangat membutuhkannya. Biasanya mereka mendapatkan asupan tersebut dari susu yang memang memiliki kandungan kalsium besar.


Selain susu, masih banyak makanan yang mengandung kalsium tinggi, lho. Berikut daftar 8 makanan tersebut, jadi kalian tidak akan bosan menyantap yang itu-itu saja. Simak di sini, ya.

1. Telur Kaya akan Kalsium


Telur Kaya akan Kalsium

Telur merupakan salah satu makanan yang sangat mudah ditemukan. Makanan satu ini dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Biasanya telur dikonsumsi bagi orang-orang yang sedang menjalani diet agar tidak mudah lapar.

Nah, telur rupanya tak hanya kaya akan protein, namun juga kalsium. Dalam satu buah telur besar (50 gram) terdapat kalsium sebanyak 27 mg. Kandungan ini paling banyak terdapat pada bagian kuning telur. Wah, konsumsi telur sesering mungkin untuk membantu pertumbuhan, ya.

2. Kandungan Kalsium dalam Chickpea Cukup Tinggi


Kandungan Kalsium dalam Chickpea Cukup Tinggi

Apa kalian pernah mengetahui chickpea, jenis kacang dari Mediterania yang sering disebut juga dengan kacang garbanzo. Bentuk kacang ini bulat dengan ujung runcing berwarna kuning keruh. Chickpea sangat populer karena rasanya yang empuk dan gurih. Kacang ini juga sering digunakan untuk membantu diet, lho.

Chickpea ternyata mengandung protein dan kalsium yang melimpah. Dalam satu setengah cangkir chickpea terkandung sekitar 359 mg kalsium, sehingga dapat membantu menguatkan tulang. Jenis kacang ini juga memiliki beberapa manfaat kesehatan lain seperti membangun massa otot, menyehatkan usus, meningkatkan metabolisme dan masih banyak lagi.

3. Tak Hanya Vitamin C Jus Jeruk Juga Kaya Kalsium


Tak Hanya Vitamin C Jus Jeruk Juga Kaya Kalsium

Jeruk adalah buah yang dikenal kaya akan vitamin C. Manfaat jeruk sangat banyak. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jeruk juga banyak dijadikan bahan untuk memutihkan gigi dan sebagai scrub memerahkan bibir.

Manfaat jeruk tak hanya sebatas vitamin C. Buah ini juga mengandung kalsium sebanyak 74 mg pada satu jeruk besar. Bahkan dalam satu jus jeruk terdapat sekitar 350 mg kalsium, lho. Jadi jika bosan konsumsi susu, kalian bisa meminum jus jeruk yang segar.

4. Bayam, Sayuran Hijau dengan Kandungan Kalsium Tinggi


Bayam, Sayuran Hijau dengan Kandungan Kalsium Tinggi

Tidak banyak yang mengetahui bahwa bayam kaya akan kalsium. Dalam setengah gelas bayam (125 ml) terdapat kalsium sekitar 130 mg. Dengan harganya yang murah dan mudah ditemukan, kalian bisa sering-sering mengonsumsi bayam.

Selain kalsium, banyak juga dapat bermanfaat untuk mengoptimalkan produksi hemoglobin, meningkatkan energi dan memperbaiki pencernaan. Nah, untuk mengolahnya, jangan masak bayam terlalu lama agar nutrisi di dalamnya tidak hilang.

5. Salmon Memiliki Banyak Nutiri Selain Omega 3


Salmon Memiliki Banyak Nutiri Selain Omega 3

Siapa yang gemar makan salmon? Kalian harus bersyukur karena salmon memiliki banyak asupan kalsium, lho. Dalam 3 ons salmon terdapat sekitar 180 mg kalsium. Selain itu, ikan ini juga mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan dan menunjang kekuatan tulang.

Biasanya salmon lebih dikenal dengan kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Kandungan ini pun juga punya banyak manfaat untuk tubuh kita. Mulai untuk meningkatkan daya ingat, membantu diet, kesehatan jantung, dan masih banyak lagi.

6. Sarden Juga Punya Banyak Kalsium


Sarden Juga Punya Banyak Kalsium

Sarden merupakan salah satu makanan yang kaya akan kalsium. Nah, kandungan tersebut terdapat dalam tulang sarden kalengan yang biasanya dapat dimakan sekaligus. Dalam 60 gram sarden kaleng terdapat sebanyak 240 mg kalsium, lho. Nah, jadi jangan sisakan apapun ketika mengonsumsi sarden kalengan, ya.

7. Kandungan Kalsium dalam Brokoli Sangat Tinggi


Kandungan Kalsium dalam Brokoli Sangat Tinggi

Banyak orang yang tidak menyukai brokoli. Padahal, sayuran satu ini mengandung banyak nutrisi, salah satunya adalah kalsium. Dalam 120 gram brokoli mentah mengandung 112 mg kalsium. Selain itu, vitamin C di dalamnya juga sangat baik untuk tubuh. Bagaimana? Masih ragu untuk konsumsi brokoli?

8. Bokcoy, Sayuran yang Kaya akan Manfaat


Bokcoy, Sayuran yang Kaya akan Manfaat

Bokcoy merupakan sayuran yang paling sering ditemukan pada masakan Tiongkok. Sayuran ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti menurunkan kolesterol, sumber antioksidan, menjaga imun dan masih banyak lagi.

Ternyata Bokcoy juga mengandung kalsium, lho. Terdapat 20 mg kalsium dalam setiap 50 gram bokcoy. Jadi, tidak ada ruginya mengonsumsi sayuran satu ini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...