Tak Sadar Jadi Kebiasaan, 7 Kegiatan Tak Terduga Ini Ternyata Bisa Sebabkan Mata Minus!
Health

Terdapat beberapa kebiasaan yang berperan dalam meningkatkan risiko mata minus atau pertambahan minus yang sudah terjadi. Beberapa kegiatan yang sering kalian lakukan ternyata juga bisa menjadi penyebab mata minus.

WowKeren - Memiliki mata yang sehat memang menjadi idaman banyak orang, namun enggak sedikit orang yang memiliki keluhan mata minus. Mata minus atau miopia sendiri merupakan gangguan penglihatan yang menyebabkan mata sulit untuk melihat benda berjarak jauh.

Hal ini terjadi karena lensa mata dan kornea tidak mampu memfokuskan biasan cahaya untuk jatuh tepat di retina, melainkan di depannya. Penyebab mata minus masih belum diketahui secara pasti hingga saat ini. Salah satu yang diyakini adalah faktor genetik dan keturunan.

Namun, meski begitu terdapat beberapa kebiasaan yang berperan dalam meningkatkan risiko mata minus atau pertambahan minus yang sudah terjadi. Beberapa kegiatan yang sering kalian lakukan ternyata juga bisa menjadi penyebab mata minus kalian. Berikut tim WowKeren rangkum 7 kegiatan tak terduga yang ternyata sebabkan mata minus. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Merokok


Merokok

Merokok sudah lama dikatakan tak bagus untuk kesehatan. Enggak hanya bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung dan paru-paru saja, namun merokok juga bisa menyebabkan kerusakan pada mata. Merokok mampu merusak jaringan pada mata dan dihubungkan sebagai penyebab dari 25% kasus degenerasi makula terkait usia (AMD).

Selain dapat menyebabkan degenerasi makula, merokok juga mampu menyebabkan penyakit mata lainnya seperti katarak, kerusakan pembuluh darah, dan kehilangan penglihatan secara progresif. Oleh sebab itu, hilangkan kebiasaan merokok agar kesehatan mata dan anggota tubuh lainnya dapat terjaga dengan baik ya.

2. Sering Menggosok Mata


Sering Menggosok Mata

Meski terkesan sepele, terlalu sering menggosok mata dapat memicu konjungtivis alergi dan infeksi mata. Selain itu, terlalu sering menggosok mata juga dapat menimbulkan risiko keratoconus yaitu penipisan dan pembentukan kembali kornea dari bentuk bulat ke kerucut, yang nantinya dapat menyebabkan kehilangan penglihatan secara bertahap.

Normalnya, kornea berbentuk seperti kubah dan kadang-kadang berubah menjadi seperti bentuk bola. Namun pada penderita keratoconus, sel-sel kornea rusak kemudian tidak bisa menahan bentuknya dan berubah seperti bentuk kerucut karena kornea menonjol ke luar. Kondisi ini membuat penderitanya susah utnuk melihat dan biasanya menggunakan kaca mata.

3. Jarang Keluar Rumah


Jarang Keluar Rumah

Berdasarkan penelitian Archieve of Opthamology, anak-anak yang menghabiskan sebagian besar waktunya di rumah lebih mudah terkena mata minus. Sementara mereka yang sering bermain di luar memiliki risiko yang lebih rendah. Hal ini disebabkan intensitas cahaya lampu dengan matahari memberikan pengaruh terhadap pertumbuhan mata, khususnya jarak antara lensa dengan retina.

Pencahayaan dalam ruangan umumnya lebih gelap daripada pancaran sinar alami di luar sana. Nah hal ini kemudian membuat mata lama-lama lelah. Penelitian membuktikan menghabiskan waktu di luar ruangan dapat mengurangi risiko rabun jauh. Namun jika keadaan mengharuskan kalian berkegiatan di dalam ruangan, maka usahakan atur pencahayaan ruangan sebaik mungkin agar tidak merusak mata.

4. Begadang


Begadang

Kebiasaan begadang, selain mengganggu kesehatan tubuh, juga bisa menurunkan fungsi mata. Seperti yang diketahui, kurang mendapatkan tidur bisa menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada mata yang pada akhirnya nanti dapat memicu mata minus.

Mencukupi istirahat dengan tidur 6 hingga 8 jam per harinya bisa membantu mata pulih kembali dari kelelahan setelah melakukan aktivitas seharian penuh. Tak hanya itu, tidur mendapatkan tidur yang cukup juga bisa membantu menyediakan pelumasan mata secara signifikan sehingga dapat membersihkan akumulasi iritasi.

5. Kurang Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan


Kurang Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Bukan rahasia lagi jika kurang konsumsi sayuran dan buah-buahan bisa berdampak buruk lho bagi kesehatan, salah satunya yaitu kesehatan mata. Oleh karena itu, kalian ebaiknya perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan agar kesehatan mata dapat terjaga dengan baik.

Salah satu sayuran yang baik untuk kesehatan mata adalah sayuran yang berwarna hijau gelap. Sayuran berwarna hijau gelap mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk kesehatan mata seperti lutein dan zeaxanthin, sehingga dapat mencegah beberapa gangguan mata seperti miopi (mata minus), degenerasi makula (AMD) dan katarak.

6. Membaca Atau Bermain Gadget Di Tempat Gelap


Membaca Atau Bermain Gadget Di Tempat Gelap

Memiliki kebiasaan membaca dan bermain gadget di tempat yang gelap merupakan salah satu penyebab mata menjadi minus. Tingkat cahaya di tempat yang gelap dapat berubah lebih cepat daripada di tempat yang terang sehingga membuat mata harus bekerja dengan lebih keras agar bisa memproses perubahan tersebut. Hal tersebut akan membuat mata menjadi sakit, lelah, dan menjadi kering.

Ditambah lagi jika kalian menatapnya terlalu dekat, bisa menambah risiko mata menjadi buram dan kemudian menjadi terganggu penglihatannya. Jika kebiasaan tersebut tidak segera dihentikan maka tak hanya bisa menyebabkan mata minus namun juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan seperti sakit kepala, insomnia, dan gangguan kesehatan lainnya.

7. Baca buku atau Menatap Layar Ponsel di Mobil


Baca buku atau Menatap Layar Ponsel di Mobil

Tahukah kalian membaca buku atau menatap layar ponsel di mobil dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata? Hal ini karena pada waktu yang bersamaan mata kamu dipaksa untuk menjadi lebih fokus dan bekerja jauh lebih keras daripada seharusnya. Hal ini menyebabkan otot-otot mata menjadi cepat lelah dan membuat risiko terkena rabun jadi lebih tinggi.

Selain itu, membaca buku atau bermain gadget di mobil juga bisa menyebabkan pusing. Rasa pusing yang dirasakan saat membaca di dalam mobil yang bergerak disebabkan oleh tidak terhubungnya hal yang dilihat oleh mata dengan apa yang dirasakan tubuh. Hal ini ternyata mirip dengan kondisi vertigo, yaitu rasa seperti bergerak terhadap diri sendiri maupun lingkungan sekitar, padahal sebenarnya tidak bergerak.

Selain itu, simak juga yuk beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata secara alami di sini. Simak juga beberapa kebiasaan buruk lain yang ternyata bisa merusak kesehatan mata dalam artikel berikut.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait