Oxford Klaim Vaksin Corona Siap Edar 2020, WHO Malah Pesimis dan Beber Fakta Ini
Dunia

WHO menyebut vaksin COVID-19 setidaknya baru siap edar pada 2021 mendatang. Padahal ilmuwan di Oxford Inggris sudah optimis vaksin bisa diproduksi akhir 2020.

WowKeren - Universitas Oxford diketahui ikut mengembangkan vaksin antivirus Corona yang belakangan bahkan diklaim siap produksi massal akhir 2020. Pasalnya hingga kini uji klinisnya terus mendapatkan hasil yang baik, yakni berhasil memicu antibodi hanya dalam waktu 28 hari.

Namun optimisme ini justru dimentahkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Kepala Program Kesehatan Darurat WHO, Mike Ryan, menilai asa untuk mendapatkan vaksin siap edar pada akhir 2020 merupakan hal yang tidak realistis meski saat ini semua upaya dikerjakan dengan kecepatan ekstra.

Ryan sendiri menilai semua upaya sudah dipercepat, tetapi jangan sampai mengabaikan faktor keselamatan. Kendati demikian, Ryan menilai ada harapan yang terang untuk penyelesaian wabah COVID-19 dari hasil uji klinis yang selama ini terus ke arah positif.

"Saya rasa kita harus tetap realistis terhadap dua hal ini. Yang pertama soal waktu," jelas Ryan mengingatkan, seperti dilansir dari Evening Standard, Jumat (24/7). "Tak peduli seberapa keras kita berusaha, kita harus tetap memastikan vaksin-vaksin ini aman serta efektif, dan untuk itu kita memerlukan waktu."


"(Saya tahu) kita sudah melakukan semua yang kita bisa secepat mungkin," imbuh Ryan. "Tapi jangan sampai kita mengabaikan faktor keselamatan."

Ryan sendiri memprediksi bahwa vaksin baru benar-benar siap tahun depan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk realistis terhadap ekspektasi atas vaksin itu, karena bisa jadi senyawa tersebut tidak seratus persen efektif.

"Kita harus menunggu dan melihat bagaimana kinerja vaksin itu," terang Ryan. "Seberapa efektif vaksinnya dan berapa lama proteksi yang ditawarkan."

"Gagasan bahwa setelah divaksin lalu dalam 2 sampai 3 bulan semua virus bisa musnah, jelas-jelas itu anggapan yang salah," imbuh Ryan. "Itu tidak realistis, jadi mohon lebih dipahami lagi."

Dan selama menunggu sampai vaksin yang benar-benar efektif ditemukan, maka setiap orang wajib melakukan protokol kesehatan demi mencegah penularan wabah COVID-19. Seperti dengan mencuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru