Ada Kopi Hingga Gula Pasir, Ini 8 Bahan Alami yang Dapat Digunakan Sebagai Scrub Wajah
Lifestyle

Scrub penting dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar wajah menjadi lebih cantik dan sehat. Karena itulah WowKeren telah merangkum beberapa bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk scrub wajah yang lebih aman dan berkhasiat. Penasaran?

WowKeren - Sebagian orang berpikir bahwa membersihkan wajah dengan sabun saja sudah cukup. Padahal cara ini hanya bagian dasarnya saja, sebab kita perlu menggunakan scrub wajah untuk pembersihan yang maksimal. Cara ini diperlukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati agar kulit tetap cantik, sehat, lembut dan segar.

Saat ini ada banyak sekali produk scrub wajah yang dijual di pasaran dengan komposisi dan harga yang beragam. Namun jika kamu khawatir produk tersebut dapat menyebabkan iritasi dan merusak kulit karena kandungan bahan kimia yang dimilikinya, kamu bisa beralih menggunakan bahan alami sebagai scrub wajah.


Scrub wajah yang terbuat dari bahan alami cenderung lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia. Manfaatnya pun tak kalah baik dengan produk-produk scrub di pasaran. Jika cocok dengan kulit, maka wajahmu bisa terlihat semakin cantik. Sedangkan jika bahan yang digunakan tidak cocok, kamu tak akan merasakan dampak buruknya.

Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk membuat scrub wajah. Penasaran apa saja itu? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Kopi


Kopi
Pixabay

Bahan alami pertama yang dapat kamu gunakan untuk scrub wajah adalah bubuk kopi. Kopi diklaim dapat membantu mengurangi selulit atau timbunan lemak di bawah kulit. Selain itu, kopi juga memiliki aroma yang menyenangkan sehingga cocok dijadikan sebagai bahan scrub.

Ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk membuat scrub dari kopi. Pertama-tama campurkan bubuk kopi dan air panas ke dalam wadah lalu aduk sampai rata. Kemudian masukkan minyak kelapa ke dalamnya dan tambahkan bubuk kopi agar teksturnya lebih padat. Terakhir, oleskan campuran tersebut pada wajah dan gosok dengan lembut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini dua kali dalam seminggu.

2. Gula Pasir


Gula Pasir
giladiskon.com

Gula pasir yang biasa kita gunakan sebagai pemanis makanan atau minuman juga dapat dimanfaatkan sebagai scrub wajah. Hal ini dikarenakan gula pasir dapat mengangkat sel-sel kulit mati serta menjadikan wajah tampak lebih sehat dan bercahaya.

Cara membuatnya pun tak sulit. Pertama campurkan satu sendok makan gula pasir dengan minyak zaitun lalu tambahkan gel lidah buaya atau madu agar kulit menjadi lebih lembut. Setelah itu oleskan campuran tersebut pada wajah dan pijat secara lembut dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 5 hingga 10 menit kemudian bilas dengan air hangat. Ulangi cara ini secara rutin sampai kamu benar-benar merasakan hasilnya.

3. Oatmeal


Oatmeal
Pxhere

Tak banyak yang tahu jika oatmeal juga dapat digunakan sebagai scrub alami untuk wajah. Oatmeal mengandung zat saponins yang dapat menjaga kelembapan kulit, mengangkat kotoran, debu dan minyak serta mengandung asam amino yang dapat menyehatkan kulit. Selain itu, oatmeal juga memiliki manfaat untuk menyembuhkan jerawat serta membuat kulit lebih halus dan cerah.

Untuk membuatnya pun cukup mudah. Pertam-tama blender kasar oatmeal dengan air lalu campur dengan beberapa sendok madu. Setelah itu balurkan pada wajah dan diamkan sejenak sampai nutrisinya terserap sempurna. Jika sudah, bilas wajah dengan air hingga bersih.

4. Garam Laut


Garam Laut

Sudah lama sejak garam laut dijadikan sebagai bahan scrub wajah alami. Agar tidak melukai wajah, usahakan untuk tidak menggunakan garam yang kasar dan jangan diterapkan pada wajah yang memiliki luka karena bisa memberikan rasa perih.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu terapkan untuk membuat scrub wajah dari garam laut. Pertama, campur setengah cangkir garam laut dengan setengah cangkir minyak esensial. Aduk secara merata lalu gosokkan pada wajah secara perlahan. Diamkan selama beberapa saat lalu bersihkan wajah menggunakan air hangat.

5. Kulit Mangga


Kulit Mangga
Pxhere

Jika kamu terbiasa membuang kulit mangga, sebaiknya tinggalkan kebiasaan itu mulai dari sekarang. Alih-alih langsung dibuang, kamu bisa menggunakan kulit mangga sebagai scrub wajah alami. Hal ini disebabkan karena kulit mangga mengandung AHA (Alpha Hydroxyl Acids) yang dapat mengelupas sel-sel kulit mati dengan lembut, sehingga kulit kusam akan teratasi dengan baik.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada beberapa cara mudah yang bisa kamu lakukan. Pertama, haluskan kulit mangga dengan blender lalu terapkan pada wajah secara merata. Diamkan selama 10 menit lalu bilas wajah menggunakan air hangat. Ulangi cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Madu dan Gula Cokelat


Madu dan Gula Cokelat
Pixabay

Bila kamu memiliki madu dan gula cokelat di dapur, sebaiknya jangan disia-siakan begitu saja karena bisa dimanfaatkan sebagai scrub wajah. Perpaduan dua bahan ini dapat membantu membersihkan pori-pori, mengangkat sel kulit mati serta menjaga kelembapan kulit wajah.

Untuk membuatnya pun sangat mudah, pertama campurkan kedua bahan tersebut ke dalam mangkuk dengan perbandingan 1:1. Jika sudah tercampur rata, oles dan gosokkan pada seluruh wajah searah jarum jam. Setelah itu bersihkan wajah menggunakan air hangat dan keringkan dengan handuk secara lembut.

7. Kacang Kenari dan Yoghurt


Kacang Kenari dan Yoghurt
Pxhere

Bila kamu bermasalah dengan kulit yang rusak, sebaiknya segera atasi dengan kacang kenari dan yoghurt. Kacang kenari akan bekerja untuk mengelupas sel-sel kulit mati, sedangkan yoghurt berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur untuk membuat kulit tampak lebih segar dan menghilangkan keriput.

Ingin mendapatkan manfaat tersebut? Maka kamu perlu melakukan beberapa langkah mudah untuk mengolahnya. Pertama-tama tumbuk seperempat cangkir kenari lalu campur dengan yoghurt. Oleskan ramuan tersebut pada kulit dan pijat wajah kamu secara lembut. Diamkan selama 10 hingga 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

8. Minyak Kelapa dan Cokelat


Minyak Kelapa dan Cokelat
AdobeStock

Perpaduan dua bahan alami ini bisa mendatangkan manfaat luar biasa jika dijadikan sebagai scrub wajah. Terutama karena cokelat yang dapat meremajakan kulit karena kaya akan anti oksidan di dalamnya. Scrub ini dapat membuat kulitmu terasa lebih sehat, segar dengan aroma yang sedap.

Cara pembuatannya pun sangat mudah. Pertama campurkan dua sendok teh cokelat (bukan cokelat manis) dengan dua sendok minyak kelapa serta seperempat cup oat yang telah dihaluskan. Campurkan ketiga bahan tersebut sampai benar-benar rata. Setelah itu oleskan secara merata pada wajah dan ulangi cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian delapan bahan alami yang dapat digunakan sebagai scrub wajah yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi vagina yang gatal. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait