Cantik Enggak Harus Mahal, 8 Bahan Alami Ini Bisa Bantu Kamu Dapatkan Kulit Tubuh Cerah Berseri
Lifestyle

Ada beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk mencerahkan kulit tubuh agar senantiasa bersih dan terawat. Penasaran apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Memiliki kulit tubuh yang putih dan cerah berseri menjadi dambaan hampir setiap orang, baik wanita maupun pria. Sebab dengan begitu seseorang terlihat lebih bersih, sehat dan terawat sehingga semakin sedap dipandang.

Untuk mendapatkan kulit putih, tak sedikit orang yang melakukan perawatan mahal dan merogoh kantong dalam-dalam untuk membeli produk pemutih, konsumsi kolagen hingga suntik vitamin C. Cara ini tak hanya akan menghabiskan uang, namun juga dapat memberikan dampak buruk karena kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya.

Padahal sebenarnya ada banyak bahan alami dengan harga terjangkau yang ampuh dalam memutihkan kulit tubuh. Opsi ini tak hanya dapat menghemat keuangan, namun juga lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Lantas apa saja sih bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit tubuh? Berikut informasi selengkapnya.

(wk/eval)

1. Beras


Beras

Sudah lama sejak beras digunakan sebagai bahan dasar produk pemutih. Hal ini dikarenakan beras mengandung vitamin B kompleks, asam ferullic dan allantoin yang dapat melindungi dan memutihkan kulit. Manfaatnya akan semakin optimal jika dicampur dengan minyak zaitun, sebab perpaduan ini dapat mencerahkan dan menghaluskan kulit tubuh.

Caranya sangat mudah, pertama-tama tumbuk beras sampai halus lalu campur dengan minyak zaitun sampai merata. Oleskan campuran tersebut pada kulit tangan, kaki maupun bagian tubuh lainnya. Diamkan selama beberapa saat lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin maka kamu akan terkejut dengan hasilnya.

2. Kentang


Kentang

Kentang juga dikenal sebagai bahan alami yang dapat digunakan untuk mencerahkan kulit. Kentang mengandung mineral yang berfungsi sebagai antibiotik alami untuk memperlambat penuaan kulit dan mempercepat regenerasi agar kulit tetap kencang. Sedangkan kandungan antioksidan yang ada di dalamnya dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan bekas luka yang susah hilang.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan. Pertama tumbuk halus satu buah kentang yang telah dicuci dan direbus. Campur dengan dua sendok makan susu sampai berbentuk pasta lalu oleskan pada seluruh tubuh. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

3. Alpukat


Alpukat

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan kulit adalah alpukat. Buah satu ini memiliki banyak manfaat baik untuk kulit yakni menjaga kelembapan kulit, mencegah keriput dan penuaan dini serta mencerahkan kulit dengan cepat. Hal ini dikarenakan alpukat mengandung mineral, karotenoid anti-oksidan serta vitamin E dan C.

Ada beberapa langkah mudah yang harus kamu lakukan untuk memutihkan tubuh dengan buah alpukat. Pertama haluskan setengah atau satu buah alpukat lalu aplikasikan pada wajah, tangan, kaki maupun bagian tubuh yang lain. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal, kamu dapat menambahkan madu atau cuka apel dalam krim alpukat tersebut.

4. Lidah Buaya


Lidah Buaya

Lidah buaya tak hanya bermanfaat untuk membuat rambut terlihat lebih indah dan sehat, tapi juga bisa memutihkan kulit tubuh. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung aloesin, suatu zat yang dapat menghambat pembentukan melanin. Dengan begitu, lidah buaya dapat mengurangi risiko penggelapan pada kulit akibat paparan sinar matahari.

Caranya pun sangat mudah. Pertama potong satu atau lebih lidah buaya lalu ambil bagian dagingnya. Setelah itu oleskan secara merata pada bagian tubuh yang ingin kamu cerahkan. Biarkan selama 15 menit sampai sedikit mengering. Bilas dengan air bersih dan lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mentimun


Mentimun

Mentimun yang biasa kita makan sebagai lalapan ternyata juga dapat digunakan sebagai pemutih kulit tubuh. Mentimun mengandung banyak mineral dan vitamin yang dapat menjaga kesegaran kulit serta membuatnya tampak lebih cerah dan bersih. Selain itu, mentimun juga bisa menghambat pigmentasi kulit dan menghilangkan lingkar hitam pada mata.

Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan manfaat tersebut. Pertama blender mentimun tanpa air sampai berbentuk seperti gel. Kemudian usapkan pada seluruh tubuh dan diamkan selama 30 menit. Terakhir basuh menggunakan air bersih sambil mandi. Lakukan cara ini secara rutin sampai hasilnya terlihat jelas.

6. Madu


Madu

Bahan alami berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit adalah madu. Madu kaya akan antioksidan yang dapat membantu melembapkan dan mencerahkan kulit. Selain itu, bahan alami dengan rasa manis ini juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga membuat kulit terlihat lebih bersih dan cerah.

Ingin mendapatkan manfaat tersebut? Maka ada beberapa cara mudah yang harus kamu lakukan. Pertama siapkan madu secukupnya lalu oleskan pada bagian tubuh yang diinginkan. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air sampai bersih. Ulangi cara ini untuk mendapatkan hasil yang optimal.

7. Bengkoang


Bengkoang

Bengkoang telah digunakan sebagai bahan dasar berbagai produk kecantikan karena beragam manfaat luar biasa yang dimilikinya. Buah segar ini mengandung banyak vitamin B dan C yang dapat membantu menjaga kesehatan kulit yang dapat mencerahkan kulit dan membantunya beregenerasi dengan cepat.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut ada beberapa cara mudah yang harus kamu lakukan. Pertama ambil satu buah bengkoang lalu parut dan peras menggunakan air. Ambil sarinya dan gunakan sebagai masker untuk diaplikasikan pada tangan, kaki dan bagian tubuh yang lain. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan parutan bengkoang pada kulit untuk digunakan sebagai scrub yang dapat mengikis sel-sel kulit mati.

8. Lemon


Lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah lemon dapat kamu manfaatkan untuk mencerahkan kulit secara alami, cepat dan permanen. Selain itu, kandungan antioksidan serta asam alpha hidroksi yang ada di dalamnya mampu menangkal radikal bebas akibat paparan polusi sehingga membuat kulit senantiasa sehat terawat.

Caranya sangat mudah, pertama oleskan perasan lemon pada kulit tangan dan kaki menggunakan kapas sebelum tidur. Diamkan selama 30 menit lalu bilas hingga bersih. Cara ini akan membuat kulit kamu terasa segar dan merona karena lemon dapat berfungsi sebagai media bleaching yang alami. Lakukan perawatan ini secara rutin, maka kamu akan merasakan manfaatnya.

Demikian delapan bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk memutihkan kulit tubuh. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Selain itu, kamu juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui berbagai bahan alami yang ampuh banget untuk melembutkan rambut.

You can share this post!

Related Posts