Pemkot Surabaya Kebut Pengerjaan Alun-Alun Bawah Tanah, Catat Tanggal Peresmiannya!
Twitter/SapawargaSby
Nasional

Saat ini, progres pengerjaan Alun-alun bawah tanah yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso itu sudah mencapai 70 persen. Alun-alun ini akan mengusung konsep plaza.

WowKeren - Pemerintah Kota Surabaya telah meresmikan Plaza Alun-Alun Surabaya bagian atas yang ada di Komplek Balai Pemuda pada perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75 belum lama ini. Saat ini, Pemkot tengah mempercepat pembangunan alun-alun bagian bawah.

Alun-alun bawah tanah yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso itu ditargetkan untuk bisa segera rampung dan diresmikan pada 10 November mendatang. Saat ini, progres pengerjaan sudah mencapai 70 persen.

Hal itu sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Bidang Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Kota Surabaya Iman Krestian. "Untuk area bawah ini sekarang lagi proses pengerjaan, finishing kita uber, targetnya 10 November sudah bisa difungsikan,” kata Iman, Sabtu (29/8).

Iman mengatakan jika proyek pengerjaan ini terbilang cepat. Pengerjaannya sendiri tidak sampai pada area di Jalan Pemuda yang saat ini masih bersengketa.


Alun-alun bawah tanah ini memiliki luas sekitar 2.500 meter persegi dan mengusung konsep plaza. Nantinya akan ada area khusus untuk anak-anak yang ingin bermain skateboard. Pameran dan festival juga akan digelar di tempat ini.

Alun-alun ini, diharapkan Iman bisa menjadi destinasi warga Surabaya dari berbagai komunitas. Sebab tak hanya menyuguhkan tempat untuk anak-anak atau gelaran festival, nantinya juga akan ada lokasi untuk melangsungkan bazar.

Area basemen rencananya akan dimanfaatkan untuk pameran UMKM dan akan berjalan sesuai tema yang dijadwalkan. "Ada bermacam genre (pameran) yang bisa terfasilitasi di area bawah, basemen itu," ujar Iman.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya Baktiono berharap ketika nantinya alun-alun bawah tanah ini akan diresmikan maka semua fasilitasnya juga harus lengkap. "Jadi persiapan lain harus disiapkan, artinya kerja sama semua pihak (OPD) dengan instansi lainnya segera mulai saat ini melakukan persiapan," ujarnya.

Sementara itu belum lama ini, pertunjukan yang digelar di alun-alun Surabaya yang baru saja diresmikan sukses menuai sorotan. Pasalnya, saat pertunjukan, jumlah penonton yang boleh masuk dibatasi sehingga memicu pengunjung bergerombol di luar.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel